10 Makanan Indonesia Terpopuler 2019 Versi Google, Bikin Ngiler!

Banana nugget, Instagram: @bananugget_jkt

Google telah mengumumkan hasil “Year in Search 2019”. Year in search 2019 ini menggambarkan topik apa saja yang populer atau trending sepanjang tahun 2019, termasuk resep atau makanan Indonesia terpopuler.

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan NBU Asia Tenggara (SEA), Veronica Utami dilansir dari Okezone.com (16/12/19), year in search ini menunjukkan bahwa 2019 adalah tahunnya masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan. Baik perubahan dengan diri sendiri. Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup-hingga sosok yang menginspirasi perubahan.

Adapun untuk topik makanan atau resep, berikut makanan yang paling sering dicari netizen Indonesia menurut Google Trends, Year in Search 2019:

1. Makanan Indonesia Terpopuler Juara Pertama: Pisang Nugget

Menurut data Google, warganet Malang, Makassar, Depok, Bekasi, Bandung, Tangerang, Surabaya, Jakarta dan Semarang acap kali mencari kata “Pisang Nugget”. Kata seperti, pisang coklat, pisang nugget crispy, pisang keju, topping pisang nugget juga jadi kata kunci yang juga populer di Google. 

makanan Indonesia
Instagram: @deedeepramita

2. Ceker Mercon

Rasa-rasanya pencinta makanan pedas banyak hadir di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Banten, Lampung, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Yogyakarta. Terbukti, sepuluh provinsi tersebutlah yang paling banyak mencari kata kunci “Ceker Mercon”. Tekstur ceker yang kenyal, dengan rasa pedas yang seolah “meledak” di mulut bak mercon  jadi alasan beberapa orang jatuh cinta akan kuliner pedas yang jadi primadona di 2019 ini.

Dari data Google trends, ceker pedas, cara membuat ceker mercon, ceker mercon pedas, bumbu ceker mercon, resep ceker mercon pedas, resep ceker pedas, seblak ceker, seblak ceker mercon jadi kata yang populer sepanjang tahun 2019.

3. Rendang Padang

Sepanjang 2019, makanan khas yang berasal dari Minangkabau ini sering dicari oleh netizen Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Warganet cenderung mencari kata “Rendang Padang” melalui Google menjelang Idulfitri dan Iduladha. Untuk resepnya yang menjadi primadona adalah resep rendang padang asli pariamanan.

makanan Indonesia
resepkoki.id

4. Tongseng

Bila rendang padang sering dicari warganet saat Idulfitri dan Iduladha. Saat Iduladha, warganet Indonesia sering mencari “resep tongseng sapi tanpa santan”, diikuti dengan resep tongseng kambing, dan resep tongseng kambing pedas.

Untuk provinsinya, kata Tongseng paling sering dicari oleh warganet dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga:  Daftar Mi Instan Terenak di Dunia, Rasa Indomie Ini Jawaranya!
makanan indonesia
dapurkreasi.appsid.org

5. Kue Lumpur

Penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur menempati posisi kelima sebagai makanan terpopuler sepanjang 2019 menurut Google.

Menurut mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya, Google, kue lumpur ramai dicari netizen Indonesia pada bulai Mei 2019. Untuk resepnya, cara membuat kue lumpur kentang menjadi yang paling banyak dicari oleh warganet.

6. Coto Makassar

Coto Makassar juga kerap dicari warganet menjelang Idulfitri dan Iduladha. Umumnya, warganet Indonesia penasaran dengan “Cara membuat coto Makassar asli enak”, “Bumbu coto Makassar lengkap”, “Cara buat coto Masaar”, dan “Indomie Coto Makassar”.

Instagram: @tahugoid

7. Tahu Crispy

Warganet dari Bandung, Surabaya, dan Jakarta jadi yang paling sering mencari informasi tahu crispy di Google. Pada umumnya, pengguna mesin pencari Google Indonesia, mencari cara membuat nugget tahu wortel crispy, cara membuat tahu crispy balado, dan tahu crispy balado.

8. Urap Sayur

Makanan Indonesia terpopuler selanjutnya sepanjang 2019 adalah urap sayur. Urap sayur trending di kawasan Banten, Bali, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Yogyakarta.

Untuk kata kuncinya, warganet Indonesia umumnya mencari “bahan urap sayur”, “bumbu urap sayur Jawa”, dan “bumbu urap sayur kukus”.

makanan Indonesia
tokowahab.com

9. Klapertart

Kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, mentega, dan telur menduduki posisi ke sembilan sebagai makanan Indonesia terpopuler sepanjang 2019 berdasarkan hasil pencarian Google.

10 Jus Wortel

Sepanjang tahun 2019, warganet Indonesia rasanya ingin hidup sehat. Terbukti, kata “hidup sehat”, “cara menurunkan kolesterol”, “cara diet alami” jadi yang paling seringdicari oleh warganet Indonesia. Ditambah lagi banyak masyarakat Indonesia yang penasaran resep jus wortel.

nct dream

Tampil di HUT Transmedia, Berikut Biodata NCT Dream

Solusi Gaya yang Terjawab dengan Inspirasi Kebaya Hijab Ini