Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Inilah Drama Korea yang Mengangkat Isu Itu

Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari kesehatan jiwa atau mental sedunia. Para dokter maupun masyarakat memberikan pandangan positif mereka terhadap pengidap gangguan ini. Salah satu tema yang sering diangkat dalam drama Korea adalah isu kesehatan mental. Selain keseruan kisahnya, para pemainnya juga memikat hati siapapun yang melihatnya. Wokedotid akan memberikan rekomendasi 20 drama Korea terbaik yang mengangkat isu kesehatan mental.

1. Strangers from Hell (2019)

drama korea

Drama yang diadaptasi dari webtoon yang berjudul sama, Strangers from hell menjadi drama korea terbaik yang turut mengangkat kesehatan mental dalam peran yang dimainkan. Drama yang dibintangi oleh Im Siwan dan Lee Dong Wook ini disetiap episodenya mampu membuat bulu kuduk penonton merinding.

Yoon Jong Woo (diperankan oleh Im Siwan) merupakan seorang pria berusia 20-an. Selama hidupnya, ia tinggal di kota kecil dan hidup sederhana. Suatu hari, ia ditawari pekerjaan di Seoul dari senior di kampusnya dulu. Tanpa pikir panjang, ia pun menerima tawaran tersebut dan memulai hidup baru sebagai perantauan di Seoul.

Sayangnya, ia menjadi incaran para penghuni kost misterius yang menjadi tetangganya. Tak nyaman dengan kondisi yang seperti itu, Jong Woo kemudian mencoba untuk membongkar hal-hal ganjil yang melibatkan para penghuni kost Eden, tempat ia tinggal.

2. Class of Lies (2019)

Upcoming Thriller “Mr. Temporary” Starring Yoon Kyun Sang And Geum Sae Rok Unveils 7 Character Posters

Ki Moo-Hyeok (diperankan oleh Yoon Gyun Sang ) merupakan seorang pengacara dengan tingkat kemenangan tinggi. Dia hanya peduli tentang uang. Karena kasus pembunuhan di sebuah sekolah menengah yang dia tangani, reputasinya sebagai pengacara dalam sekejap hancur.

drama korea

 

Untuk mendapatkan kembali nama baiknya sebagai pengacara, ia menyelinap ke sekolah menengah dan mulai bekerja sebagai guru sementara. Dia mencoba mengungkap rahasia yang dimiliki para siswa. Disana, Ki Moo Hyeok bertemu dengan Ha So Hyun (diperankan oleh Keum Sae Rok), seorang guru olahraga yang mencintai murid-muridnya yang turut membantunya dalam mengungkapkan kebenaran dari kisah kelam sekolah elit ini.

3. Voice 1

drama korea

Drama serial Voice mampu membuat para penonton terkesima dengan akting yang memukau dari para pemainnya. Bagian pertama dari drama ini tayang pada 2017 lalu.

Moo Jin Hyuk (diperankan oleh Jang Hyuk ) adalah seorang detektif populer yang menyelesaikan kasus-kasus besar, tetapi setelah istrinya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai, hidupnya menjadi kacau balau. Dia dipenuhi dengan rasa bersalah karena tidak dapat melindungi istrinya dan dia diam-diam mencari pembunuhnya.

Sementara itu, Kang Kwon Joo (diperankan oleh Lee Ha Na ) merupakan lulusan akademi polisi yang ayahnya dibunuh oleh pembunuh berantai. Dia mulai bekerja di emergency call center 112. Ia dan Detektif Jin Hyuk menyelesaikan kasus pembunuhan berantai bersama.

4. Voice 2

Tak mau kalah dari musim pertama, bagian kedua dari drama Voice menunjukkan pembunuh berantai dengan tingkat yang berbeda. Dalam drama ini, aktor Jang Hyuk memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam bagian kedua. Posisinya digantikan oleh aktor Lee Jin Wook.

5. Voice 3

drama korea

Masih diperankan dengan pemain yang sama di musim kedua, drama ini sukses menjadi salah satu drama terpopuler di tahun 2019. Di musim ketiga, Detektif Do Kang Woo dan Kang Kwon Joo masih berusaha mencari dalang dibalik kasus pembunuhan berantai yang tak hanya menggemparkan Korea, tetapi juga Jepang.

6. The Beauty Inside

drama korea

Drama korea terbaik yang mengangkat isu kesehatan mental adalah The Beauty Inside. Drama ini menceritakan kisah seorang wanita yang berubah penampilannya setiap kali fenomena supernatural tertentu terjadi dan ada seorang pria jatuh cinta dengan wanita ini.

Han Se Kye (diperankan oleh Seo Hyun Jin) merupakan seorang aktris papan atas. Dia dikenal sebagai pembuat onar dan sumber dari banyak rumor. Hidupnya adalah sebuah misteri, tetapi, pada kenyataannya, dia menderita fenomena yang tidak biasa. Pada titik tertentu disetiap bulannya, penampilannya berubah menjadi orang yang berbeda. Dia hidup satu minggu setiap bulan dengan penampilan yang berbeda.

Seo Hyun Jin And Lee Min Ki Enjoy A Sweet Date In “The Beauty Inside”

Han Se Kye bertemu Seo Do Jae (diperankan oleh Lee Min Ki ). Seo Do Jae merupakan seorang eksekutif di sebuah perusahaan penerbangan. Ia tampak sempurna dengan penampilan yang menarik dan memiliki kecerdasan, tetapi ia menderita ketidakmampuan mengenali wajah. Dia menyembunyikan kecacatan ini dan berusaha keras untuk menghafal orang dengan kebiasaan dan tingkah laku mereka. Wajah satu-satunya orang yang bisa dia kenali adalah Han Se Kye. Dengan bertemu Han Se Kye, hidupnya berubah.

7. What’s Wrong With Secretary Kim?

drama korea

Drama korea terbaik selanjutnya adalah What’s Wrong with Secretary Kim?. Drama ini mengisahkan Keluarga Lee Young Joon (diperankan oleh Park Seo Joo) yang menjalankan sebuah perusahaan besar dan dia bekerja sebagai wakil presiden perusahaan. Dia pintar, kaya, dan tampan, tapi dia sombong. Sekretarisnya adalah Kim Mi So yang telah bekerja untuknya selama bertahun-tahun. Pada suatu hari, Kim Mi So memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan membuat Lee Young Joon harus mempertahankan posisi Kim Mi So.

8. It’s Okay, That’s Love

drama korea mental

Jang Jae Yeol (diperankan oleh Jo In Sung) merupakan penulis sekaligus DJ radio yang menderita penyakit mental. Ji Hae Soo (diperankan oleh Gong Hye Jin) merupakan psikater yang trauma akan menjalin hubungan. Keduanya memiliki banyak kekurangan dan berusaha saling menyembuhkan satu sama lain.

9. Kill Me, Heal Me

drama korea mental

Sebuah kisah cinta antara putra dari keluarga kaya yang memiliki 7 kepribadian yang bernama Cha Do Hyun dan seorang residen wanita tahun pertama yang menjadi dokter rahasia untuknya. Drama yang dibintangi Ji Sung, Hwang Jung Eum, dan Park Seo Joon ini sukses digemari tak hanya para pecinta drama Korea di dalam negeri, juga internasional.

10. The K2

Drama yang diperankan oleh pemain super ganteng dan cantik, Ji Chang Wook dan Im YoonA ini mengisahkan tentang Go Anna, puteri dari seorang calon Presiden Korea Selatan. Sebagai anak yang disembunyikan sejak kecil dan kehilangan ibunya dalam keadaan tragis membuat Anna mengalami social phobia. Ia berusaha untuk melawan keadannya dengan bantuan Kim Je Ha, seorang bodyguard yang sering disebut sebagai ‘K2’.

11. Good Doctor

Drama Good Doctor menjadi drama terpopuler yang mengangkat tema mental illness dalam dunia kedokteran. Drama ini bahkan dibuat dalam versi Jepang dan juga Amerika karena jalan cerita yang unik.

Seorang pria muda berpofesi sebagai dokter anak bernama Park Shi On (diperankan oleh Jo Woon) yang mengidap savant syndrome. Kehadirannya sebagai dokter di rumah sakit ternama di Seoul tentunya menuai pro dan kontra. Meski begitu, Park Shi On membuktikan bahwa dirinya adalah seorang dokter yang hebat.

Baca juga:  Drama Korea Terbaru Oktober 2019, Wajib Nonton!

Berikan Komentar Anda

kedai kopi

Daftar Kedai Kopi Enak Dekat Halte Transjakarta

tol Jakarta Surabaya

Total Tarif Tol Jakarta Surabaya 2019