5 Hal yang Harus Dicapai Saat Dapat Pekerjaan Pertama

Jangan sampai ada yang terlewat!

pekerjaan pertama
Oprah.com

Sebagai fresh graduate, hal pertama yang kamu pikirkan setelah lulus pastinya adalah mencari pekerjaan. Ketika mencari pekerjaan, semua orang akan memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam pikiran mereka. Ada yang mencari gaji, ada yang mencari perusahaan besar, ada pula yang mencari relasi untuk memperkuat jenjang karir. Namun, tahukah kamu, ada lima hal penting yang harus kamu capai ketika mendapat pekerjaan pertama. Penasaran? Yuk cari tahu bersama-sama!

1. Pengalaman dan Ilmu Baru

Ketika diterima di salah satu perusahaan dan mulai bekerja, hal pertama yang harus kamu dapatkan adalah pengalaman. Eits, tapi bukan asal pengalaman saja loh ya. Kamu harus benar-benar mengerti apa yang kamu kerjakan, apa jobdesk kamu dan juga apa yang kamu tuju. Jangan lupa untuk mengambil salinan setiap bukti kerja kamu. Misalnya saja, kamu bekerja sebagai seorang waitress, bukan berarti kamu tidak bisa mengambil bukti kerja loh. Kamu bisa meminta bantuan rekan kerja kamu untuk mengambil fotomu ketika sedang bekerja. Ingat, jangan foto selfie ya. Foto tersebut bisa kamu gunakan ketika kamu membuat sebuah CV atau portofolio, kamu dapat melampirkan bukti kerja tersebut sebagai lampiran. Sehingga ketika kontrak kerjamu habis atau ketika mencoba melamar di tempat lain, kamu memiliki portofolio yang kredibel.

Contoh lainnya, ketika kamu bekerja sebagai seorang copywriter, desain grafis, video editor maupun sebagai customer service, kamu bisa mengambil bukti kerja berupa karya kamu dan juga pencapaian kamu selama bekerja. Misalnya saja sebagai customer service kamu berhasil mendapatkan lima puluh orang dalam waktu seminggu, jadikan itu sebagai pencapaian kerjamu ya.

Jika kamu terlalu malas melakukan ini setiap hari, kamu bisa lakukan ini minimal seminggu sekali. Kamu bisa membuat cadangan data kamu dan merapikannya di hari libur. Pastikan, kamu mengingat apa saja yang pernah kamu lakukan di setiap pekerjaanmu.

2. Dapat Gaji Pekerjaan Pertama Wajib Ditabung

Ketika mulai bekerja, gaji adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap fresh graduate. Bukan hanya fresh graduate saja sih, nyatanya yang sudah bekerja bertahun-tahun pun masih merasa momen gajian adalah momen yang membahagiakan.

Eits tapi ketika gajian jangan langsung kalap membeli barang ya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika gajian adalah menyisihkannya untuk kebutuhan pokokmu, lalu jika kamu seorang tulang punggung, sisihkan uang kamu untuk diberikan kepada orang tua, ataupun membiayai sekolah adik. Selanjutnya adalah, menyisihkan gaji pekerjaan pertama kamu dalam bentuk tabungan.

Mengapa harus menabung? Bukankah kita akan mendapatkan gaji setiap bulan, sehingga tidak apa-apa jika kita menghabiskannya untuk bersenang-senang? Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Contohnya saja, situasi pandemi sepanjang 2020 ini sudah bisa membuat keuangan seseorang morat-marit. Jadi, selalu persiapkan tabungan kamu untuk hal-hal yang tak terduga ya.

Baca juga:  Panduan Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian, Antam, dan Tokopedia

3. Rekomendasi atau Review Baik

Ketika tahun pertama bekerja, apabila memungkinkan usahakan pekerjaan pertama kamu berlangsung hingga minimal satu tahun dan memberikan hasil terbaik. Pastikan, jangan buru-buru resign ketika kamu baru bekerja satu atau dua bulan.

Pasalnya, kamu butuh mendapatkan rekomendasi atau minimal review baik dari rekan kerja maupun atasan kamu. Review kerja yang baik tersebut dapat membantu kamu saat mencari pekerjaan lain. Kamu bisa meminta rekan kerjamu untuk mengisi review baik kamu di LinkedIn agar profile LinkedIn semakin baik.

Kinerja yang baik adalah cerminan bagi perusahaan untuk merekrut kamu. Jadi jangan berleha-leha karena sudah mendapat pekerjaan ya. Tetap semangat melakukan yang terbaik dalam pekerjaan.

pekerjaan pertama
Shutterstock

4. Relasi

Relasi sebenarnya tidak terlalu bisa dijamin apakah kamu akan mendapatkan posis atau tidak. Relasi yang baik tidak hanya dibuat dengan atasan, tapi dengan rekan kerja di sekitar. Pasalnya, kamu tidak akan pernah tahu darimana rejeki akan datang. Jadi jalinlah hubungan baik dengan seluruh orang di tempat kerja kamu dan bangun relasi sebaik-baiknya dengan mereka.

5. Positioning

Bila digambarkan dengan sederhana, positioning adalah citra yang melekat pada diri kamu dalam hal pekerjaan. Misalnya saja kamu bekerja sebagai desain grafis. Orang-orang akan mulai mencari bagaimana hasil desain kamu, gaya kamu mendesain sesuatu dan juga hasil pekerjaan kamu. Aktif di social media adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mendongkrak positioning. Kamu dapat membuat desain kecil-kecilan dan menguploadnya di social media. Semakin aktif kamu berkarya, orang-orang akan mengenal kamu sebagai desainer yang handal. Sehingga ketika kamu melamar kerja di suatu tempat, perusahaan akan percaya pada keahlianmu. Itulah yang dinamakan positioning.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mendapatkan pekerjaan pertama kamu. Tahun-tahun pertama dalam bekerja biasanya sangat sulit dan berat, namun bukan berarti tidak dapat kamu optimalkan. Tetap semangat ya!

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

lirik Priority The Boyz

Lirik Lagu Priority The Boyz Soundtrack Drama Korea Run On Terjemahan Indonesia

milenial beli rumah

Milenial Susah Beli Rumah, Benarkah?