5 Makanan Khas Jepang yang Harus Dicicipi Saat Berlibur

Hati-hati ngiler

makanan khas Jepang
flickr.com/Taichiro Ueki

Selain karena keindahan alamnya yang eksotis, ada alasan lain kenapa kamu wajib berlibur ke Jepang. Ya, apalagi kalau bukan karena makanannya. Berbagai makanan khas Jepang memang sering kali menjadi cerita tersendiri ketika seseorang berlibur ke Jepang.

Bahkan, ada beberapa tempat makan yang membuat pembelinya rela antri berdiri selama berjam-jam untuk bisa mencicipi menu istimewanya. Jadi, apa saja makanan khas Jepang yang harus kamu cicipi? Yuk intip di bawah ini.

Sushi, Makanan Khas Jepang dengan Olahan Nasi Super Lezat

Jangan ngaku kamu pernah berlibur ke Jepang jika tidak sempat mencicipi hidangan yang satu ini. Sushi adalah adalah satu makanan khas Jepang yang dibuat dengan bahan dasar nasi dan digulung. Uniknya, nasi tersebut harus diberi campuran beberapa bahan tambahan seperti seafood, sayuran, salmon, mentimun dan lainnya.

Meskipun berbahan dasar nasi, namun  rasanya berbeda dengan nasi yang selama ini kamu konsumsi ya, karena memang nasi yang digunakan adalah nasi istimewa dari Jepang. Rasa gurih dan legitnya siap membuat kamu ketagihan.

Sup Miso, Hidangan Berkuah Otentik

Sup miso merupakan salah satu makanan khas Jepang yang juga sangat terkenal, dan berbahan dasar miso alias tahu. Sup ini biasanya dijadikan hidangan pendamping sebelum main course disajikan. Seperti julukannya, sup miso adalah jenis hidangan berkuah dengan rasa kaldu yang kental.

Walaupun terdengar sederhana, namun menu makanan yang satu ini tetap saja memiliki rasa istimewa. Terutama, jika kamu berlibur ke Jepang di musim dingin. Karena, rasa hangat yang berasal dari rempah yang masuk ke tubuh akan langsung menghilangkan rasa dingin yang ada.

Ramen, Mie Berkuah dan Berbumbu Istimewa

Siapa yang enggak tahu tentang makanan khas Jepang satu ini? Ramen merupakan salah satu makanan khas Jepang yang juga amat sangat terkenal. Seperti yang kamu tahu, ramen dibuat dengan bahan dasar mie.

Terus, mie tersebut dicampur dengan kuah kaldu berbumbu khusus. Bahan tambahan lain yang juga dimasukkan adalah ikan, daging, miso dan juga irisan daun bawang dalam jumlah yang cukup banyak. Kombinasi bahan tadi membuat ramen memiliki rasa yang lebih gurih.

Baca juga:  Daftar Restoran Ramen Paling Populer di Grand Indonesia
makanan khas jepang
Yakiniku, Japan.travel

Yakiniku, Sate Khas Jepang

Makanan khas Jepang selanjutnya yang harus kamu cicip adalah Yakiniku. Yakiniku merupakan hidangan berbahan dasar daging. Istimewanya, daging yang dipilih untuk membuat makanan ini adalah daging domba, sapi dan barbeque. Ngga cuma itu saja, ada pula jeroan yang dipilih untuk membuat Yakiniku.

Lalu, bahan-bahan pilihan tadi akan diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Kalau dilihat sekilas, Yakiniku ini sebenarnya mirip dengan sate. Namun, potongan Yakiniku ala Jepang ini biasanya lebih besar daripada. Urusan rasa? Jangan ditanya! kamu akan langsung ketagihan dari pertama menyantapnya.

Soba, Mie Berbahan Dasar Tepung Gandum dengan Kuah Istimewa

Terakhir, ada mie yang tak kalah istimewa bernama Soba, yang bahan utamanya adalah tepung gandum. Bagi orang Indonesia, mie dengan bahan tersebut tentu sudah tidak asing lagi.

Yang membuatnya istimewa adalah bagian kuahnya kaldunya. Selain itu, ada juga kebiasaan unik orang Jepang ketika menyantap makanan yang satu ini. Yang mana pelanggan yang memesan soba akan menyantap mie hingga mengeluarkan suara.

Mengapa? Ternyata suara tersebut dimaksudkan untuk memberikan pujian bagi pembuatnya. Sama sekali tidak kamu bayangkan sebelumnya bukan?

Ya, itu tadi beberapa makanan khas Jepang yang harus masuk dalam itenary liburan kamu. Selain dari olahan yang sudah disebutkan tadi, sebenarnya masih ada beberapa makanan lainnya lho. Sebut saja takoyaki, mochi, onigiri, okonomiyaki dan lainnya.

Kini, sudah lebih siap untuk melancong ke Jepang bukan?

Baca juga:  7 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik Wajib Ditonton

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

persiapan memiliki anak

Ini Dia Persiapan Sebelum Memiliki Anak

lirik lagu jungle cix

Lirik Lagu Jungle CIX dan Terjemahan