Now Reading
6 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari yang Jarang Disadari dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari yang Jarang Disadari dan Cara Mengatasinya

Penyebab susah tidur nyenyak di malam hari

Bila kita telah bekerja seharian dan lelah, pasti yang ada di bayangan adalah bisa tidur dengan nyenyak. Sayangnya, bagi sebagian orang, aktivitas sesederhana tidur tetap membutuhkan sebuah perjuangan, bahkan setelah mereka melewati hari yang melelahkan. Lantas, kenapa, ya, beberapa orang bisa sangat susah sekali untuk tidur malam dengan nyenyak?

Berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya. 

Penyebab Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari

Kurang tidur yang dialami dalam waktu lama dapat mengakibatkan masalah kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Orang yang kurang tidur pada malam hari berisiko lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan, sistem kekebalan tubuhnya melemah, sering mood swing, dan susah untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. 

Supaya tidak terjadi terus-terusan, coba deh evaluasi beberapa penyebab susah tidur nyenyak di malam hari berikut ini.

1. Tidur Dalam Keadaan Kamar yang Terang

Susah tidur nyenyak di malam hari bisa disebabkan karena lingkungan kamar kamu terlalu terang. Selain lampu yang dibiarkan terus menyala, paparan sinar dari gadget seperti smartphone, TV, atau laptop juga bisa jadi pemicu kamu susah tidur.

Nah, sebagai solusinya, cobalah untuk meredupkan atau matikan lampu kamar sebelum tidur. Simpan gadget di tempat yang sulit di jangkau, misalnya di meja belajar, supaya kamu tidak tergoda untuk terus memainkan gadget saat waktunya istirahat.

Cahaya yang redup dan minim akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa ini waktunya tidur.

2. Makan Menjelang Tidur

Kamu memang boleh makan malam. Tapi, ada baiknya, hindari makan malam mendekati waktu tidur. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat kamu susah untuk tidur nyenyak di malam hari. Apalagi bila sebelumnya kamu makan makanan yang tinggi lemak dan protein, sehingga memperlambat proses metabolisme tubuh.

Hal serupa juga bisa terjadi bila kamu makan makanan pedas sebelum tidur. Alih-alih bisa tidur dengan nyenyak, makanan yang pedas justru bikin kamu bolak-balik ke kamar mandi setelahnya.

Idealnya, berhenti makan 3 jam sebelum tidur malam agar tidur lebih maksimal. 

3. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Hindari minum minuman berkafein, misal kopi, teh, soda di sore atau malam hari, karena kandungan kafein dapat bertahan dan memberikan efek sampai 10 jam dalam tubuh seseorang. Selain bikin susah tidur nyenyak di malam hari, kafein juga dapat menyebabkan kegelisahan, kram perut, dan detak jantung meningkat, karena kafein bersifat sebagai stimulan. 

4. Stres Pikiran

Stres karena masalah pekerjaan atau masalah dengan teman dapat menyebabkan susah tidur nyenyak di malam hari. Coba tenangkan pikiran dan melakukan aktivitas yang dapat membuatmu lebih rileks. Misalnya saja membaca buku, berendam air hangat, mendengarkan musik, atau mengobrol ringan dengan orang terdekat.

See Also
udangan pernikahan online

5. Berolahraga Terlalu Larut

Olahraga memang sehat dan dapat membuat tidur lebih nyenyak, tetapi berolahraga menjelang waktu tidur dengan intensitas yang tinggi justru dapat meningkatkan detak jantung. Hal ini akan membuat kamu ngos-ngosan tidak karuan.

Di samping itu, olahraga terlalu larut dengan intensitas yang berat juga akan memicu peningkatan metabolisme yang menyebabkan kamu akan susah tidur nyenyak karena jadi sering terbangun di malam hari.

6. Suhu Ruangan yang Terlalu Hangat

Kamu susah tidur nyenyak di malam hari? Bisa jadi penyebabnya karena suhu di kamar kamu terlampau panas, sehingga membuat tubuhmu berkeringat deras dan merasa tidak nyaman sepanjang tidur.

Menggunakan kipas angin atau air conditioner pada saat tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pasalnya, keduanya dapat menjaga tubuh tetap dingin. 

Baca juga:  5 Kiat Bijak Mengatur Keuangan di Masa Krisis akibat Corona

close