Catat! Ini 4 “Hidden Gem” Air Terjun di Bali yang Wajib Dikunjungi

Bagus semuaaa!

wisata alam air terjun di bali
IG: @hidwii

Di samping pantainya yang indah dan eksotis, di Bali ternyata ada juga tersimpan banyak wisata air terjun dengan pemandangan alam yang asri dan memukau. Namun, berhubung masih sangat asri, kebanyakan air terjun tersebut lokasinya agak sulit dijangkau sehingga masih jarang terjamah oleh wisatawan. Bagi yang ingin menikmati pengalaman berlibur sekaligus berpetualang di Bali dengan cara yang berbeda, mengeksplorasi sejumlah air terjun di bawah ini bisa jadi aktivitas yang mengesankan.

1. Air Terjun Banyumala, Buleleng

air terjun banyumala
IG: @kadekariani

Bila berkunjung ke daerah Buleleng, kamu bisa mampir ke air terjun Banyumala. Berada di kawasan dataran tinggi Bali Utara, air terjun satu ini memiliki pemandangan alam yang dihiasi dengan deretan bukit-bukit kehijauan yang memanjakan mata serta air yang jernih dan segar karena berasal dari air gunung langsung. Di sini kamu pun dapat berendam atau berenang dengan santai karena airnya cukup dangkal.

Namun untuk ke sini, kamu harus menempuh perjalanan yang berliku dan curam, melewati beberapa anak tangga, hingga menembus hutan dan perkebunan milik warga sekitar. Ini karena lokasinya berada di dasar lembah, sehingga kamu perlu hati-hati dan waspada saat berkunjung ke sini. Walau tampak terasa melelahkan, percayalah sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhkan dengan lanskap pemandangan yang luar biasa indah, membayar lunas rasa letih dan lelah selama perjalanan.

  • Alamat: Dasar lembah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Utara
  • Harga tiket masuk: Rp20.000,- parkir Rp5 ribu (mobil) dan Rp3 ribu (motor)

2. Air Terjun Aling Aling, Buleleng

Air terjun di bali
IG: @dknees

Masih di kabupaten Buleleng, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun Aling Aling. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan kedalaman kolam kurang lebih 4 meter. Berhubung memiliki debit air yang cukup deras, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di bawah air terjunnya langsung. Jadi, hanya bisa dari kejauhan atau di sekitar pinggiran kolam.

Selain menyuguhkan pemandangan yang asri dengan udara sejuk, pengunjung juga bisa memicu adrenali dengan melompat atau berseluncur dari tebing di sekitar air terjun. Ada beberapa titik tebing dengan beragam ketinggian, mulai dari 5 meter di Air Terjun Kroya, 10 meter di Air Terjun Kembar, hingga 15 meter di Air Terjun Pucuk. Untuk menikmati berbagai kegiatan tersebut, disarankan menyewa guide untuk mendampingi sekaligus memastikan keamananmu selama bermain.

Persiapkan fisik yang kuat dan perlengkapan yang mumpuni karena untuk mencapai titik lokasi kamu harus naik-turun ratusan anak tangga.

  • Alamat: Desa Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Utara
  • Harga tiket masuk: Rp10 ribu belum termasuk biaya parkir dan guide

3. Air Terjun Suwat, Gianyar

IG: @mpryann

Air terjun Suwat merupakan surga tersembunyi dari Desa Adat Suwat. Berbeda dari air terjun kebanyakan, di sekitar air terjun terdapat batu besar yang diukir berbentuk kura-kura dan berbagai jenis ikan yang memang ada di sana. Tak hanya itu, lokasinya pun berdekatan dengan Pura Dalem Suwat. Itulah sebabnya, air terjun di Bali ini juga dijadikan sebagai objek wisata spiritual.

Air terjun Suwat sendiri memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kolam air yang tenang di bawahnya. Siapa pun tentu akan tergoda untuk menceburkan diri ke kolam tersebut untuk menikmati kesegarannya karena airnya sangat jernih. Suasana di sekitar air terjun begitu teduh, asri dan tenang, sehingga cocok untuk tempat menyepi dan menyegarkan pikiran.

  • Alamat: Desa Suwat, Kabupaten Gianyar Bali.
  • Harga tiket masuk: Rp10 ribu belum termasuk parkir dan sewa pelampung

4. Air Terjun Gerombong, Buleleng

air terjun di bali
IG: @landscapeaero

Di balik rimbunnya pepohonan di hutan Buleleng, terselip suara aliran air yang begitu deras dengan pemandangan memukau dari Air Terjun Gerombong, atau yang dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Sekumpul. Air terjun Gerombong memiliki dua air terjun yang berasal dari mata air berbeda. Masing-masing air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Kamu bisa memilih berenang di kolam dengan arus deras atau sedang.

Seperti kebanyakan air terjun, untuk menikmati berbagai keindahan tersebut pengunjung harus menempuh perjalanan dengan melewati ratusan anak tangga dan menyebrangi jembatan untuk melintasi sungai. Namun, kamu enggak usah khawatir. akses menuju air terjunnya sudah memadai, anak tangganya terbuat dari beton dan pegangannya dari besi. Dengan begitu, pengunjung bisa merasa aman untuk menuruni dan menaiki perbukitan.

  • Alamat: Desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng, provinsi Bali
  • Harga tiket masuk: Rp15 ribu
Baca juga:  Alternatif Wisata Alam Selain Puncak Bogor, Enggak Kalah Sejuk!

lirik lagu Asurabalbalta T1419

Lirik Lagu Asurabalbalta T1419 Terjemahan Indonesia

lirik orange treasure

Lirik Lagu Orange TREASURE Terjemahan Indonesia