Ini Amalan Utama Pada 10 Hari Terakhir Ramadan yang Sangat Dianjurkan

Manfaatkan hari-hari terakhir Ramadan dengan baik

amalan 10 malam terakhir ramadan yang dianjurkan
Pexel

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat muslim diminta untuk lebih giat dalam beribadah. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan terdapat lailatulqadar, yaitu malam ketika Al-Qur’an diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah. Dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surah Al-Qadr disebutkan bahwa malam lailatul qadar lebih baik baik daripada seribu bulan. Maka dari itu, demi mendapatkan kemuliaan pada malam lailatul qadar, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Pedoman Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Malam lailatulqadar adalah malam yang spesial dan penuh dengan kemuliaan. Sayangnya, tidak diketahui pasti kapan lailatul qadar akan datang. Sebagian ulama berpendapat bahwa lailatulqadar datang pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, terutama di malam-malam ganjil.

Di bawah ini adalah beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan khusyuk dan penuh ketakwaan di 10 hari terakhir Ramadan.

1. Perbanyak Baca Al-Qur’an

Bila sebelumnya kamu memang sudang rutin membaca Al-Qur’an, maka di 10 hari terakhir Ramadhan ini alangkah baiknya menambah durasi waktu membacanya. Dalam hadis riwayat Al-Baihaqi, Rasulullah SAW pernah menyebutkan bahwa sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.

Sementara dalam kitab Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Nawawi, membaca¬†Al-Qur’an utamanya dilakukan pada sepertiga malam, setelah salat magrib atau sesudah salat subuh.

Baca juga:  Sah! Selama Pandemi MUI dan NU Minta Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah

2. Laksanakan Salat Malam

Amalan baik 10 malam terakhir Ramadhan lainnya adalah melaksanakan salat malam seperti Tahajud, terutama di malam-malam ganjil. Malam ganjil ini di antaranya malam ke 23, 25, 27, dan 29.

Fokuskan ibadah kamu dengan tujuan untuk mendekatkan diri dan mencari rida Allah SWT. Dengan begitu, peluang untuk menggapai malam lailatulqadar juga akan meningkat. Supaya lebih bersemangat dalam beribadah, jangan ragu untuk mengajak anggota keluarga di rumah salat malam bersama.

3. Bersedekah Lebih Giat

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan baik ini, amalan seperti bersedekah pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, manfaatkanlah 10 hari terakhir kamu dengan memperbanyak bersedekah ke orang-orang yang memang membutuhkan. Jangan lupa niatkan secara ikhlas bahwa sedekah yang kamu berikan semata-mata hanya untuk mencari rida Allah SWT, bukan maksud lain.

Baca juga:  Deretan Parcel Lebaran Murah dan Unik di Bawah 100 Ribu

4. Perbanyak Berzikir

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT berulang kali memerintahkan setiap umat muslim untuk berzikir di berbagai kondisi.

Zikir sendiri secara harfiah memiliki makna menyebut, menuturkan, mengingat, atau mengerti perbuatan baik. Sementara menurut istilah, zikir diartikan sebagai ucapan lisan, gerakan raga maupun getaran hati untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan berzikir, hati seorang muslim akan terasa lebih tenang dan damai. Tak hanya itu, zikir juga mampu membuat jiwa menjadi tentram. Makanya, di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, selain setelah salat fardhu, ada baiknya kamu juga memperbanyak bacaan zikir di berbagai kesempatan.

5. Ucapkan Doa-doa Baik

Tahukah kamu bahwa Ramadan adalah bulan doa yang mana di bulan baik ini setiap umat muslim diperkenankan untuk berdoa sebanyak dan sesering mungkin kepada Allah SWT? Entah untuk memohon hajat di dunia maupun di akhirat.

Makanya, pada 10 hari terakhir Ramadhan, kamu juga dianjurkan untuk memperbanyak melantunkan doa-doa yang baik. Waktu mustajab untuk berdoa di antaranya saat sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka.

Baca juga:  Penting! Ini Daftar Aktivitas Makruh Saat Puasa Ramadan yang Sebaiknya Dihindari

film tentang ibu

Rekomendasi Film Tentang Ibu yang Paling Menyentuh dan Sarat Makna

kemasan kosmetik

Arti Simbol pada Kosmetik yang Sering Diabaikan tapi Penting