Apa Bedanya Transfer Uang Secara LLG, RTGS, dan RTO?

Jangan sampai salah ya!

transfer uang

Saat transfer uang ke rekening orang lain, baik lewat teller bank ataupun lewat internet banking dan mobile banking, pastinya kita akan dihadapkan untuk memilih tiga jenis transaksi pengiriman uang yakni RTO, LLG dan RTGS. Ketiganya memiliki perbedaaan yang signifikan, dari segi biaya maupun waktu pengirimannya. Berikut ini detail perbedaan jenis transaksi pengiriman uang tersebut.

Perbedaan Transfer Uang Secara LLG, RTGS, dan RTO

LLG (Lalu Lintas Giro) atau Kliring

Biasanya proses kliring atau LLG memerlukan waktu yang cukup lama, yakni 2-3 hari kerja untuk sampai ke rekening penerima.

Kenapa proses LLG lama? Penyebabnya adalah karena bank pengirim harus mengirim ke Bank Indonesia (BI), setelah itu Bank Indonesia (BI) yang akan melakukan pengiriman ke bank penerima.

Meski lumayan, lama, biaya transfer antar bank dengan LLG ini lebih murah, yakni sekitar Rp5.000 dan bisa transfer uang hingga Rp100 juta per harinya.

Baca juga:  Cara Transfer Uang THR Lewat GoPay, OVO, DANA, Gratis!

RTGS (Real TIme Gross Settlement)

Jika kamu merasa LLG kelamaan, maka kamu bisa memilih RTGS untuk transfer uang antar bank. Waktu pengiriman terbilang cepat, yakni hanya memerlukan waktu untuk proses pengecekan sekitar 3 sampai 4 jam.

Eits, tapi jangan senang dulu, pasalnya apabila kamu transfer uang di penghujung bulan seperti tanggal 30 atau 31. Maka uang yang kamu kirim bisa sampai ke rekening tujuan selang 1 hari kerja. Hal ini dipengaruhi oleh tutup buku bank yang dilakukan setiap bulannya.

Biaya transfer uang dengan RTGS ini sedikit lebih mahal yakni sebesar Rp25.000 – Rp30.000 untuk tiap kali bertransaksi, dengan nominal minimum transaksi Rp500 juta untuk BCA.
transfer uang

Tranfer Uang secara RTO (Real Time Online)

Harus kirim uang cepat? Maka kamu bisa pilih Real Time Online (RTO). Meski cepat dan biaya transfernya murah hanya sebesar Rp5.000 – Rp7.500 sesuai kebijakan masing-masing bank, namun transaksi pengiriman dananya terbatas, yakni hanya sebesar Rp25 juta.

Dengan RTO ini, kamu bisa melakukan transaksi ke rekening bank yang tergabung pada jaringan ATM Bersama, seperti BNI, BRI, Mandiri, Permata Bank, CIMB Niaga, dan lainnya. Bisa juga pada ATM Prima dan Cirrus.

nonton drama korea the penthouse 2 episode 5 subtitle indonesia

Preview The Penthouse 2 Episode 5 dan Situs Streaming Gratis

nonton drama korea The Penthouse season 2 episode 6 sub indo

Preview The Penthouse 2 Episode 6 dan Situs Streaming Gratis