7 Aplikasi Wajib Saat Liburan ke Korea Selatan

Biar liburan makin asyik~

aplikasi liburan ke korea selatan
Shutterstock

Di era digital saat ini banyak banget aplikasi yang dapat membantu menjadi guide saat liburan ke luar negeri, khususnya ke Korea Selatan. Perbedaan bahasa dan tulisan memang menjadi kendala utama ketika kita berpergian ke suatu negara. Namun perkembangan aplikasi saat ini sangat membantu, tidak hanya menjadi guide, perkembangan aplikasi saat ini juga membantu kita untuk mengatur keuangan yang pas sesuai dengan budget liburan.

Sebelum berangkat, kalian harus tentukan dulu tujuan kalian apa, apa yang kalian mau lakukan disana, ke mana aja kalian akan pergi, berapa budget kalian dan lain-lain. Itu adalah hal dasar sebelum kalian berkelana ke negara yang baru pertama kalian kunjungi.

Selain itu, berburu tiket low price dan penginapan sesuai budget juga perlu. Sekadar saran, cari tiket murah dengan memantau website ticketing secara berkala. Sementara untuk penginapan kalian bisa lewat Airbnb untuk merasakan tinggal di rumah/apartment ala Korea.

Nah, ketika sudah di Korea Selatan, berdasarkan pengalaman Woketer, berikut ini 7 aplikasi yang sangat membantu dalam hal guide dan budgeting ketika kamu liburan ke Korea Selatan.

Visit Korea : Official Guide

Ini adalah aplikasi dasar yang mungkin harus kalian miliki ketika liburan ke Korea Selatan. Aplikasi ini akan membantu kalian untuk menemukan lokasi-lokasi atau tempat menarik yang ada di Korea Selatan.

Selain deskripsi singkat dari tempat hits yang biasa dikunjungi oleh para turis, aplikasi ini juga menyediakan informasi seperti alamat tempat tujuan, cara kita mencapai alamat tersebut menggunakan Bus Metro, serta informasi mengenai fasilitas, harga tiket masuk dan beberapa artikel terkait tepat tujuan yang mau kita datangi.

Adanya aplikasi ini selain membantu untuk jadi “guide” dalam genggaman, dalam hal budgeting juga bisa membantu, lho. Contohnya kalau kita ingin naik cable car ke N-Seoul Tower, dalam aplikasi Visit Korea tertera berapa harga tiket yang harus kita bayar dan kita bisa menghitung budget kita pas atau tidak kalau kita mau naik transportasi tersebut. Tinggal convert aja dari Won ke Rupiah kamu akan tahu harganya.

Klook

Buat para traveller pasti udah gak asing lagi sama aplikasi liburan yang satu ini. Aplikasi ini memudahkan kita untuk memesan tempat liburan atau tiket atraksi yang berlangsung di Korea Selatan.

Berdasarkan pengalaman Woketer nih, mudah banget pakai aplikasi Klook saat liburan ke Korea Selatan. Misalnya kita bisa pesan tiket masuk ke Lotte World, rental Hanbok, pesan tiket untuk merasakan Dragon Hill Spa dan lainnya.

Pada waktu liburan kemarin, Woketer memesan local guide untuk keliling Nami Island dan Petite French. Saat memesan mata uang yang dipakai adalah Rupiah, jadi bisa disesuaikan dengan budget kita karena banyak pilihan paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Dan, di Klook biasanya banyak promo dan potongan harga juga. Kita pun bisa pesan jauh hari sebelum keberangkatan atau pas kita sedang berada di Korea. 

Baca juga:  Bukan Samyang, Ini Mi Instan Korea Terenak di Dunia

Korea Tour Card (Tmoney)

Menurut Woketer, aplikasi liburan ke Korea Selatan yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan. Namun hanya kalian yang memakai smartphone dengan mode NFC lah yang bisa menggunakannya.

Aplikasi ini adalah pengganti kartu T-Money yang banyak dijual di convenience store. Kita bisa top-up sesuai budget yang dimau dan untuk memakainya cukup tap smartphone pada mesin, layaknya menggunakan kartu T-Money. Riwayat penggunaan juga bisa kita lihat di aplikasi ini.

Papago

Aplikasi besutan Naver yang satu ini sama dengan aplikasi translator pada umumnya, namun untuk di Korea sendiri menurut Woketer Papago adalah yang pas.

Kita bisa membaca Hangul Korea dengan aplikasi ini, dan bisa juga membantu kita berbicara dengan bahasa korea ketika sedang bertanya kepada penduduk setempat dengan fitur voice translate yang dimiliki.

Intinya, aplikasi liburan di Korea ini akan mempermudah kita untuk mencari jalan, membaca peta atau petunjuk arah dan berkomunikasi dengan bahasa setempat.

Kakao Maps

Aplikasi dari Kakao Corporation ini juga membantu kita berjalan-jalan saat liburan ke Korea Selatan. Tinggal memasukan lokasi kita saat ini dan mengisi lokasi tujuan kita, peta yang disediakan Kakao akan membawa kita menyisiri jalanan Korea ke tempat tujuan kita.

Ada pula perkiraan durasi waktu kita untuk bisa sampai ketempat tujuan, tempat apa saja yang akan kita lewati, dan bagaimana cara kita sampai di tempat tujuan (menggunakan metro/bus/jalan kaki).

Tidak akan membuat kalian nyasar deh, karena Woketer sudah membuktikannya.

Baca juga:  Yuk, Coba Cara Gratis Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Kakao Bus

Aplikasi liburan ini sangat membantu ketika kamu mau mencoba naik bus untuk pertama kalinya ke Korea Selatan. Aplikasi Kakao Bus ini akan memberi kita informasi seperti nomer bus yang harus dinaiki.

Tidak hanya nomer bus saja yang tampil di aplikasi ini, tempat pemberhentian bus dan berapa lama waktu sampai tujuan juga tertera. Dan yang terpenting adalah berapa tarif bus yang harus kita bayar dari tempat kita naik hingga sampai tempat tujuan juga ada lho.

Jadi, kamu akan lebih mudah mengatur pengeluaran selama di Korea kan?

Kakao Metro

Sama hal nya dengan Kakao Bus, aplikasi besutan Kakao Corporation ini akan membawa kita berpetualang keliling Korea Selatan menggunakan metro/subway (kereta bawah tanah). Dengan aplikasi ini, kamu bisa cek tarif yang harus dibayar dari stasiun awal hingga ke stasiun tujuan.

Selain itu, terdapat pula Maps Metro di seluruh Korea Selatan, kapan harus transit & transfer stasiun, durasi perjalanan, hingga stasiun apa saja yang akan dilalui tertera semua di aplikasi satu ini.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu unduh untuk ‘teman’ liburan di Korea Selatan. Selamat merencanakan liburan kalian dan selamat mencoba aplikasinya ya!

Baca juga:  10 Jajanan Korea yang Wajib Dicicipi

lirik so bad stayc

Lirik Lagu So Bad STAYC dan Terjemahan

drama WeTV

Drama Korea WeTV Terbaik Rating Tertinggi, Bisa Ditonton Gratis!