3 Hal di Kantor yang Pantang Diumbar di Media Sosial

Jangan asal update, nanti bisa kena SP!

aturan menggunakan media sosial bagi para pekerja
Freepik

Di zaman seperti sekarang, penggunaan media sosial sudahlah hal yang lumrah. Kendati demikian, kamu sebaiknya lebih bijak dan berhati-hati dalam bermedia sosial. Pasalnya, penggunaan media sosial bisa berpengaruh pada karir seseorang, lho! Ya, tidak sedikit prekrut yang akan mengecek akun media sosial saat proses seleksi calon karyawan. Di samping itu, seorang atasan juga terkadang memantau aktivitas bawahannya di dunia maya. Nah, supaya tidak salah langkah, berikut 3 aturan khusus bermain sosial media yang harus diperhatikan para pekerja.

1. Drama dan Politik Kantor

Tentu kamu tidak mau, ‘kan, kalau drama-drama kehidupan kamu diunggah ke media sosial? Nah, hal ini juga berlaku untuk kehidupan kantor. 

Aturan menggunakan sosial media satu ini wajib sekali diperhatikan oleh para pekerja. Teman-temanmu yang ada di sosial media tidak perlu tahu dan mungkin tidak mau tahu juga soal permasalahan yang terjadi di kantormu.

Oleh sebab itu, seluruh hal-hal sensitif yang menyangkut nama baik kantor dan sifatnya rahasia tidak perlu kamu unggah di media sosial.

Baca juga:  Awas, Bocorkan Rahasia Dagang Perusahaan Bisa Didenda 300 Juta!

2. Dokumen Kantor

Awalnya mungkin hanya sekadar iseng upload isi email atau dokumen kantor lainnya di media sosial. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa kamu memang bekerja di perusahaan tersebut atau sedang pusing menghadapi deadline kerjaan yang tidak ada habisnya.

Namun, ada baiknya, hal tersebut jangan dilakukan kembali. Pasalnya, memotret lalu menyebarluaskan video maupun foto berisi dokumen/surat kontrak/isi email kantor bisa jadi sebuah pelanggaran. Ya, secara tidak sadar kamu sudah menyebarluaskan apa yang seharusnya tidak diketahui publik. 

Kamu bisa saja dijerat pasal pelanggaran tentang penyebaran rahasia perusahaan. Dalam kasus yang serius, perusahaan bahkan dapat mengambil sikap tegas seperti pemutusan hubungan kerja.

Maka dari itu, pekerja sebaiknya tidak menganggap remeh aturan menggunakan media sosial satu ini.

Baca juga:  THR Tidak Dibayarkan Perusahaan? Adukan ke Posko Aduan Ini

3. Mengeluh Secara Berlebihan

Kecewa dengan atasan, kesal dengan rekan kerja, atau punya klien yang ngerepotin banget, ya, wajar-wajar saja. Namun, pastikan tidak perlu sampai diunggah ke media sosial.

Walaupun kamu tidak menyebut nama, apapun yang kamu unggah bisa jadi akan sampai ke orang yang kamu maksud. Oleh sebab itu, jangan sampai kekhawatiran tersebut benar-benar kejadian, karena pasti akan berdampak ke nama baikmu juga. 

Itulah tiga aturan penting menggunakan media sosial yang perlu diperhatikan oleh para pekerja. Intinya, jangan lupa untuk selalu bijak dalam bersosial media. Selain membantu menjaga nama baik perusahaan, hal tersebut juga merupakan cara membangun citra kamu sebagai pekerja yang baik.

Baca juga:  Pekerja Bersiap Gaji Dipotong 3 Persen untuk Bayar Iuran Tapera, Ini Detailnya!

film The Swindlers

Sinopsis Film The Swindlers Tayang di TRANS 7

lirik gods menu stray kids

Lirik Lagu God’s Menu Stray Kids dan Terjemahannya