B.I hingga Wonho, Deretan Idol Kpop yang Keluar karena Skandal

Tahun 2019 menjadi tahun yang menyimpan banyak kenangan pahit di kalangan para pecinta K-Pop. Banyak idol Kpop, khususnya boyband yang terjebak dalam skandal menyebabkan mereka harus meninggalkan grup yang telah membesarkan nama mereka. Ada skandal penggunaan narkotika secara ilegal hingga pelecehan seksual.

Berikut adalah idol K-Pop yang keluar dari grup karena skandal:

1. Seungri

skandal idol kpop

Skandal Idol Kpop pertama datang dari mantan maknae grup BIGBANG. Seungri yang memulai karirnya sebagai member dari grup BIGBANG memutuskan untuk meninggalkan grupnya usai ia diketahui terlibat dalam salah satu penyedia layanan prostitusi, penggelapan pajak, keterlibatan dalam transaksi obat-obatan terlarang di klub miliknya hingga grup chat yang berisi penyebaran konten ilegal.

Seungri memutuskan keluar dari BIGBANG pada 11 Maret 2019 dan juga pensiun dari aktifitasnya sebagai seorang selebriti.

2. Kangin

Tidak selaras dengan ketampanannya, Kangin telah menjadi buah bibir atas rentetan skandal yang ia lakukan. Debut sebagai member Super Junior, Kangin kemudian mengumumkan bahwa ia hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya tersebut pada 11 Juli 2019.

Adapun skandal yang melibatkan dirinya mulai dari perkelahian di sebuah klub pada 2009, mengendarai mobil dalam keadaan mabuk dan melarikan diri, hingga melakukan kekerasan kepada kekasihnya di tahun 2017.

3. B.I

Kim Hanbin atau yang lebih dikenal dengan B.I debut sebagai member grup iKON. Selain pandai melakukan rapp dan menyanyi, ia menjadi salah satu song writer sekaligus produser musik berbakat yang sangat bertalenta. Musik yang ia ciptakan seringkali meraih beragam penghargaan, diantaranya Love Scenario, My Type, hingga Goodbye Road.

Pada 12 Juni 2019, B.I secara resmi mengundurkan diri dari iKON setelah namanya terseret dalam skandal transaksi pembelian obat-obatan terlarang jenis LSD (Lysergic acid diethylamide) bersama dengan Han Seo Hee pada tahun 2016 silam. Meski menyangkal bahwa ia tidak menggunakan narkotika tersebut, tapi ia mengaku sempat membeli barang haram tersebut agar ia bisa mendapatkan inspirasi dalam bermusik, tetapi ia hanya membeli, dan memikirkan ulang untuk tidak memakai LSD.

4. Yoochun

Debut sebagai member DBSK atau yang lebih dikenal TVXQ, Park Yoochun kemudian memutuskan untuk meninggalkan grup tersebut bersama dengan 2 rekan lainnya, Jaejoong dan Xiah Junsu lalu membentuk sub-unit bernama JYJ.

Penyanyi sekaligus aktor tampan ini mulai menjadi buah bibir publik ketika dirinya dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa wanita di sebuah klub malam pada tahun 2016. Ia dinyatakan tidak bersalah dan bebas dari hukuman. Di tahun selanjutnya, Yoochun mengumumkan bahwa ia akan bertunangan dan menikah dengan kekasihnya, Hwang Hana, seorang chaebol dari perusahaan Namyang Dairy Products. Pertunangan mereka sempat diundur dua kali hingga akhirnya menjadi batal di tahun 2018.

Namun, pada 1 April 2019, nama Hwang Hana terseret dalam kasus pengedaran narkoba yang masih ada kaitannya dengan klub Burning Sun. Hana menyebutkan bahwa Yoochun juga terlibat dalam pemakaian obat-obatan terlarang tersebut. Meski pada awalnya mengelak, kepolisian kemudian menemukan bukti dari hasil tes rambut kaki Yoochun yang mengungkapkan bahwa Yoochun positif menggunakan narkoba jenis methamphetamine.

Atas kasus inilah Yoochun kemudian memutuskan untuk keluar dari JYJ pada 24 April 2019.

5. Kang Sung Hoon

idol kpop

Memulai debutnya sebagai member SECHSKIES, Kang Sung Hoon telah menerima banyak cinta dari para penggemar. Pada tahun 2016, grup ini kembali dipertemukan dan berada dalam naungan YG Entertainment setelah pada tahun 2000 grup tersebut mengumumkan pembubarannya.

Kang Sung Hoon hengkang dari grup SECHSKIES setelah dirinya ditimpa bertubi-tubi masalah pada 1 Januari 2019 lalu. Skandal pertamanya dimulai ketika ia membatalkan acara jumpa fans di Taiwan. Acara tersebut secara khusus ditangani oleh pihaknya dan juga fansclub pribadinya. Masalah muncul ketika pihak Kang Sung Hoon tidak mengembalikan seluruh uang tiket secara utuh.

Tak berselang lama, Sung Hoon kembali dtiterpa isu tak sedap ketika dirinya diduga melakukan pelecehan seksual terhadap penata gaya serta mantan managernya. Ia juga dituding melakukan penyalahgunaan dana dengan melakukan penggelapan dana donasi di Seoul Central District Prosecutor.

6. Choi Jong Hoon

idol kpop

Leader grup band terpopuler FT.Island, Choi Jong Hoon terlibat dalam skandal yang sangat menghebohkan di tahun ini. Pada April 2019, ia muncul sebagai salah satu tersangka kasus grup chat KakaoTalk bersama dengan Seungri yang menyebarkan secara ilegal konten seks melalui kamera tersembunyi dari berbagai korban yang identitasnya dirahasiakan.

Ia juga dituding telah melakukan penyuapan atas kasus tabrak lari yang ia lakukan pada tahun 2016. Menyusul skandal tersebut, Jong Hoon kemudian memutuskan untuk hengkang dari FT.Island dan juga industri hiburan pada 14 Maret 2019.

7. Jonghyun

Gitaris grup band CNBLUE, Lee Jonghyun turut menjadi idol Kpop yang terlibat skandal dan memutuskan hengkang dari grupnya.

Jonghyun mengakui dirinya ikut menonton video ilegal yang direkam secara sembunyi oleh Jung Joon Young. Pada 28 Agustus 2019, Jonghyun keluar dari CNBLUE usai sebuah screenshot dari seorang YouTuber yang mendapat pesan dari Jonghyun melalui Instagramnya yang berisikan bahwa Jonghyun sangat menyukai tubuh YouTuber tersebut tersebar di media sosial.

8. Junhyung

idol kpop

Idol Kpop keluar dari grup selanjutnya adalah Junhyung. Meski tidak bergabung dalam grup chat KakaoTalk bersama Seungri, Junhyung memutuskan hengkang dari HIGHLIGHT pada 14 Maret 2019.

Berperan sebagai rapper dalam grup, Junhyung mengakui semua tindakan kejinya yang menikmati video asusila yang dikirim oleh Jung Joon Young melalui pesan pribadi. Ia meminta maaf kepada fans dan juga pada member atas perlakuan buruknya.

9. Wonho Monsta X: Idol Kpop yang Keluar dari Grup Monsta X di Akhir Tahun 2019

Lee Ho Seok atau yang lebih dikenal sebagai Wonho secara mengejutkan meninggalkan grup yang telah membesarkan namanya, Monsta X.

Pada 31 Oktober 2019, Starship Entertainment mengumumkan bahwa Wonho bukan lagi bagian dari Monsta X menyusul pemberitaan mengenai skandal yang telah menyeret namanya. Mulai dari utang, pencurian, hingga pengguanaan rokok ganja.

Itulah deretan idol Kpop keluar dari grup yang telah membesarkan nama mereka. Semoga ke depannya, penggemar tidak lagi mendengar kabar hengkangnya bias dari grup.

Berikan Komentar Anda

galau

Ini yang Terjadi Saat Galau Kehilangan Orang Terkasih

rest area terdekat

Rest Area Terdekat di Tol Jakarta Cikampek, Surabaya, Semarang