Ada yang Tega Sakitin Kamu? Ungkapkan Perasaanmu Pakai Bahasa Inggris Ini

Biar marahnya kelihatan keren ???

bahasa inggris tega
Shutterstock

Menurut KBBI, tega merupakan sikap tidak menaruh belas kasihan pada orang lain. Jika kita merasa kecewa dengan seseorang dan merasa orang tersebut tidak menaruh belas kasihan pada kita, biasanya kita mengatakan ungkapan semacam ‘tega kamu!’. Tapi, untuk mengatakannya dalam bahasa Inggris, tidak jarang kita masih bingung untuk mengungkapkannya. Lantas, bagaimana mengungkapkan kata tega dalam bahasa Inggris? 

Frasa-frasa berikut ini perlu kamu simak agar bisa kamu pakai saat kamu kecewa dan pastinya akan membuatmu terlihat lebih jago dalam berbahasa Inggris.

1. You’re so mean

Frasa pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan kata tega dalam bahasa Inggris adalah you’re so mean. Namun, mean dalam it means a lot dan you’re so mean memiliki arti yang sangat berbeda. Jangan disamakan dan jangan keliru, ya. 

Mean dalam it means a lot memiliki makna ini sangat berarti, sedangkan you’re so mean artinya kamu jahat banget. Misalnya:

“Don’t you dare hit the dog! You are so mean!” Artinya, jangan kamu pukul anjing itu! Kamu jahat banget, sih! 

2. Don’t be so cruel!

zodiak paling emosian-min
Freepik

Ungkapan bahasa Inggris selanjutnya bisa juga digunakan sebagai bentuk ekspresi atau pernyataan untuk menerangkan jika kamu merasa orang lain melakukan suatu hal yang kelewat tega, jahat, atau kejam. Sehingga kamu ingin mengingatkan untuk tidak melakukan hal tersebut. Misalnya:

“Don’t forbid her to do what she wants to do! Don’t be so cruel!” Artinya, jangan melarang dia untuk melakukan yang dia ingin lakukan! Jangan kejam!

3. How could you be so heartless?

Ungkapan berikut merupakan salah satu ungkapan bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk menunjukkan rasa kecewa dan mengatakan orang lain tega dengan kita, tapi mengungkapkannya dengan kalimat tanya yang sedikit satire. Kamu bisa gunakan kalimat “How could you be so heartless?”.

Kata kunci kalimat ini adalah heartless yang berasal dari heart yang berarti hati atau perasaan dan less yang artinya tidak. Jadi, heartless bisa diartikan gak punya hati atau jahat. Contoh penggunaannya:

“You said that he’s too ugly to be with her? How could you be so heartless?” Artinya, kamu bilang dia terlalu jelek untuk bersama kekasihnya? Kok kamu bisa gak punya perasaan gitu, sih?

Baca juga:  Daftar Istilah Perbankan dari Bahasa Inggris ke Indonesia

4. Why you gotta be so rude?

zodiak yang terkenal paling cuek
Foto: Shutterstock

Mengungkapkan kekecewaan dengan orang lain dengan kalimat tanya juga bisa kamu ekspresikan menggunakan kalimat ini. Kalimat tanya dengan bahasa Inggris ini memiliki intensi sama dengan kalimat tega kamu! atau lebih tepatnya berarti kenapa kamu harus begitu kasar? Contoh penggunaannya:

“Can’t you see that you’re really frightening your little brother? Why you gotta be so rude?” Artinya, kamu bisa lihat kan kalau kamu sedang membuat adikmu ketakutan? Kenapa kamu harus begitu jahat?

5. How dare you!

How dare you! merupakan frasa yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan kekecewaan terhadap orang lain. Sering diartikan dengan beraninya kamu! frasa bahasa Inggris ini juga bisa diartikan tega banget kamu! Contoh penggunaannya dalam kalimat:

“You think you can brazenly cheat and get away with it? How dare you!” Artinya, kamu pikir kamu bisa dengan berani menipu lalu bisa pergi begitu saja? Teganya kamu!

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Gratis Online, Buat Kamu Makin Pintar

6. You’re a real savage

Kata savage memiliki arti yang berbeda-beda berdasarkan konteks kalimatnya. Untuk mengungkapkan rasa kecewa dengan orang lain, savage dalam kalimat ini berarti tega atau sadis. Contohnya dalam kalimat:

“You broke my nose. You’re a real savage.” Artinya, kamu membuat hidungku terluka. Kamu benar-benar sadis.

7. You’ve got no manners

Manners artinya sopan santun. Jadi no manners artinya tak punya sopan santun. Frasa you’ve got no manners bisa digunakan sebagai tanda kekecewaan pada orang lain karena kelakuan buruk yang telah dilakukan. Sebagai contoh:

“You’ve got no manners! You treat your parent like an animal.” Artinya, kamu tidak punya sopan santun. Kamu memperlakukan orang tuamu sendiri seperti binatang.

Itulah beberapa cara untuk mengatakan ‘tega kamu!’dalam Bahasa Inggris. Jadi, enggak perlu bingung lagi dan bisa kamu coba salah satunya kalau kamu lagi kecewa sama dia.

Baca juga:  Daftar Beasiswa Kursus Bahasa Inggris 2020

Alternatif Wisata Alam Selain Puncak Bogor, Enggak Kalah Sejuk!

Cristiano Ronaldo Corona

Cristiano Ronaldo Positif Corona COVID-19, Bagaimana Skuad Portugal?