Bebas Visa, Tips Liburan ke Korea Cuma 5 Jutaan!

Terhitung mulai dari tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2019, Kedutaan Besar Republik Korea Selatan telah memberlakukan bebas visa atau visa gratis ke Korea. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Republik Korea dalam rangka penyelenggaraan ASEAN Republic of Korea Commemorative Summit. Pembebasan biaya visa untuk kunjungan singkat (C-2) atau single entry dengan masa waktu 90 hari ini diberikan kepada 10 negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia.

Kali ini, Wokedotid ingin membagikan tips liburan ke Korea hanya dengan budget 5 jutaan untuk 5 hari 4 malam. Eits, budget itu belum termasuk jajan dan transportasi selama di sana ya.

Tips liburan ke Korea Cuma 5 Jutaan

Persiapkan paspor dan formulir bebas visa

Pastikan kamu telah memiliki paspor aktif sebelum memulai rencana untuk berlibur ke Korea ya! Terhitung selama 3 bulan dimulai dari Oktober hingga Desember, Kedutaan Besar Korea Selatan memberikan fasilitas bebas visa kepada 10 negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Tiket Pesawat

Untuk tiket pesawat, Wokenim memberikan tips untuk mengecek secara berkala promo-promo penerbangan internasional. Bisa melalui Tiket.com, Traveloka, atau yang lainnya. Tak menutup kemungkinan pada platform tersebut kamu bisa menemukan harga tiket pesawat termurah sesuai dengan budget.

Misalkan, kamu bisa menggunakan maskapai Scoot dengan dua kali transit selama perjalanan. Pertama, kamu akan berangkat dari bandara Soekarno Hatta menuju bandara Changi, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Taipei lalu berakhir di Seoul. Harga yang dikeluarkan untuk biaya tiket pesawat Rp 4.800.000 (round trip) sudah termasuk bagasi 20kg.

Kamu masih bisa mendapatkan di bawah harga Rp 4.800.000 lho! Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat hanya dengan Rp 3.600.000 untuk perjalanan pulang-pergi melalui promo-promo menarik di Traveloka atau Tiket.com.

Internet

korea

Setiba di Korea, pastinya kamu nggak mau dong liburan tanpa internet? Nah, selama berlibur, kamu bisa tetap update dengan menyewa fasilitas wifi portable. Dengan harga sewa Rp 25.840 per hari, kamu bisa menggunakan jaringan internet super cepat selama berkeliling di Korea. Wifi Portable ini bisa kamu dapatkan melalui kkuday.com, atau yang lainnya, dan bisa mengambilnya di bandara.

Penginapan

Kamu harus cermat dalam memilih penginapan. Selain mencari yang nyaman dan murah, ada baiknya juga juga menemukan tempat penginapan yang dekat dengan moda transportasi. Salah satu pilihan yang tepat adalah Star Hostel yang terletak di Myeongdong. Hanya dengan Rp 600.000 untuk 5 hari 4 malam, kamu sudah bisa menikmati waktu istirahat dengan nyaman.

Namun, kamu harus gerak cepat untuk melakukan pemesanan di Agoda. Karena letaknya yang strategis yakni dekat dengan lokasi-lokasi yang wajib dikunjungi hostel ini sering kali penuh reservasi, seperti:

  • Myeongdong Shopping Street – 930 m dari hostel
  • Gwangjang Market – 1.14 km dari hostel
  • N Seoul Tower – 1.21 km dari hostel
  • Cheonggyecheon Stream – 1.21 km dari hostel
  • Namdaemun Market – 2.17 km dari hostel

T-Money

Untuk bisa berkeliling kota, kamu diwajibkan memiliki T-Money. Kartu ini sama penggunaanya dengan kartu Flazz ataupun E-Money di Indonesia. Contohnya, kamu bisa mendapatkannya di Kkuday dengan harga Rp 36.000 tetapi mengambilnya di Singapura (ketika transit) atau juga bisa membelinya di Seven Eleven, Emart atau stasiun yang ada di Korea seharga 4.000 Won.

Makanan

Kamu gak perlu khawatir soal makanan. Di Korea, kamu bisa menikmati street food murah dan enak yang pastinya juga halal lho!

Tentunya, saat ke Korea jangan lupa mencoba Ddukbokki  atau tteokbokki. Makanan yang satu ini bisa kamu didapatkan dengan mudah, hanya dengan 4.000 Won, kamu bisa mencicipi makanan lokal yang satu ini.

makanan korea
chasingaplate.com

Selain mengulik makanan di kaki lima, makan di Lotteria juga jadi alternatif yang bisa kamu kunjungi kala lapar datang. Dengan kocek 4.000 won, kamu mendapatkan 4 potong ayam yang bisa mengganjal perut. Oh ya, kamu bisa mendapatkan potongan hingga 40% lho jika ke Lotteria di atas jam 6 sore.

cityguide.com.mm

Buat kamu yang ingin porsi jumbo, kamu bisa mampir ke Mexicana Chicken. Harganya 18.000 won kamu sudah bisa mendapatkan banyak ayam dalam satu paket, ditambah dengan salad yang rasanya menggugah selera.

twitter: hwangongtimus

Buat kamu yang penasaran spot apa aja sih yang wajib didatangi ketika di Korea? Bisa cek di sini ya.

Baca juga:  Tips Liburan Murah Ke Malaysia, Cuma 2 Jutaan!

wisata gratis bali

Destinasi Wisata Gratis di Bali, Wajib Dikunjungi!

acara wisata

Festival Budaya dan Acara Wisata Oktober 2019 di Indonesia