Benarkah WhatsApp, Instagram & Facebook Diblokir?

Shutterstock.com

WhatsApp, Instagram dan Facebook kabarnya akan kembali diblokir hari ini, bila situasi memanas dan tidak kondusif akibat sidang perdana di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini (Jumat, 14/6/2019). Hal ini diuraikan oleh Plt. Kepala Humas Kementeria Kominfo, Ferdinandus Setu yang kami lansir dari Kompas.com (14/6/2019).

Menurut Ferdinandus, pihak Kominfo akan melihat terlebih dahulu seperti apa eskalasi berita hoaks yang beredar melalui media sosial dari hari ini hingga pengumuman keputusan sidang.

“Situasional dan Kondisional. Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI,”  ungkap Ferdinandus.

Jadi bila situasi memanas dan tidak kondusif, maka pembatasan akan dilakukan serupa dengan yang dilakukan Kominfo saat situasi memanas pascapemilu pada 21 dan 22 Mei lalu, seperti  pembatasan untuk mengirim dan menerima gambar pada WhatsApp, Instagram dan Facebook.

sumber gambar: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A

Untuk sidang MK (Mahkamah Konstitusi) hari ini, agendanya adalah memeriksa kelengkapan dan kejelasan permohonan pemohon. Artinya, pemohon diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok permohonan di depan pihak termohon, terkait dan pihak lainnya.

Pemohon adalah tim hukum pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Tim pemohon yang diketuai Bambang Widjojanto menilai pada Pilpres 2019 terdapat pelanggaran penuh yang sistematis, terstruktur, dan masif (TSM).

Sedangkan untuk pihak termohon dalam sengketa ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan kubu pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf menjadi pihak terkait.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Woke.id (@wokedotid) on

Berikan Komentar Anda

jaminan kesehatan

Perusahaan Tidak Berikan Jaminan Kesehatan untuk Karyawan, Bolehkah?

pelatihan kerja

Pelatihan Kerja dan Keterampilan Gratis dari Kominfo