Kenali Dirimu Lebih Dalam dengan Birthstone

Batu pembawa keberuntungan..

batu kelahiran adalah
Unsplash

Kamu pasti pernah mendengar makna dari sebuah zodiak, shio dan hari lahirmu. Ketiga contoh barusan adalah hal yang biasa digunakan seseorang untuk mengenal lebih dalam mengenai dirinya bahkan juga mengenai masa depannya. Namun tahukah kamu, nyatanya cara untuk mengenali diri lebih dalam enggak cuma itu saja. Kamu bisa mengenali dirimu lebih dalam lewat birthstone sesuai zodiak. Birthstone sendiri dalam bahasa Indonesia adalah batu kelahiran.

Batu ini merupakan batu alam yang mewakili kamu berdasarkan bulan lahirmu. Batu alam dipercaya memiliki makna khusus dan dapat membawa keberuntungan. Sehingga, jika kamu memakai perhiasan dengan birthstone yang cocok denganmu, niscaya kamu akan mujur. Yuk, cari tahu birthstone sesuai zodiak di sini!

1. Januari dan si Kuat Garnet

Birthstone Januari adalah Garnet. Garnet memiliki makna persahabatan, menentramkan pikiran, kecerdasan, kejujuran, kepercayaan dan kekuatan. Garnet memiliki warna merah tua seperti buah delima. Batu ini memiliki makna “butiran” karena bentuknya yang seperti butiran buah delima. 

2. Si Cantik Februari, Amethyst

Amethyst adalah brithstone untuk orang-orang yang lahir di bulan Februari. Batu ini memiliki warna ungu yang sangat memikat mata. Warna ungu yang dimiliki Amethyst adalah ungu yang sering digunakan bangsawan.

Pernahkah kamu memperhatikan jubah seorang raja era lampau, karpet di istana atau koleksi perhiasan kerajaan? Jika ya, kamu pasti akan langsung menyadari bahwa ungu amethyst banyak digunakan sebagai warna di perabotan kerajaan. Batu ini melambangkan spiritual, intuisi (insting) dan kepercayaan (loyalitas.)

3. Maret Berkilau, Aquamarine

Bagi orang yang menyukai warna biru muda, pasti akan jatuh cinta ketika pertama kali melihat Aquamarine. Warna biru mudanya yang bercahaya bagai permukaan air. Tidak heran sih, karena Aquamarine sendiri memiliki makna air laut.

Batu ini dipercaya dapat membawa awet muda, keberuntungan, keberanian serta kebahagiaan.

4. April The Famous One, Berlian

Batu berlian adalah birthstone yang paling sering digunakan oleh orang-orang hingga sekarang. Batu ini bisa digunakan sebagai batu utama dari sebuah perhiasan dan juga bisa digunakan sebagai batu pendamping dari sebuah perhiasan, mendampingi batu lainnya sebagai batu utama.

Berlian mewakili cinta abadi, kesetiaan, kekayaan dan kemurnian. Permata ini merupakan permata paling mahal diantara kedua belas birthstone lainnya.

5. Mei Hijau Memukau Emerald

Hijau memukau yang memanjakan mata tidak lain dan tidak bukan adalah Emerald. Hijau pada batu ini memiliki hijau yang langka karena bersifat “hijau alam”. Semakin hijau warnanya, semakin mahal batu tersebut.

Brithstone ini melambangkan kesuburan, masa remaja, cinta, kecerdasan dan kesabaran. Jika kamu menyukai batu ini, berarti seleramu sama dengan Cleopatra loh!

6. Datang Dari Laut si Juni, Mutiara 

Tidak hanya dari daratan, laut pun ikut menyumbangkan batu alam terbaiknya sebagai birthstone bagi yang lahir di bulan Juni. Birthstone mutiara adalah permata yang berasal dari mahluk hidup yaitu kerang. Membutuhkan waktu bertahun-tahun agar mutiara dapat terbentuk.

Batu ini melambangkan persahabatan, kemurnian, kekayaan dan kesetiaan. Batu ini juga memiliki julukan lain yaitu air mata kebahagiaan.

Baca juga:  Mengulas Tren Model Cincin Kawin Terpopuler di Tahun 2020

7. Juli Merah Menyala, Ruby

Batu alam berwarna merah? Siapa lagi kalau bukan ruby. Batu ini dijuluki King of Gems dan melambangkan cinta, kesehatan, keberanian dan kebijaksanaan. Bersama dengan Safir, batu Ruby menempati urutan kedua setelah berlian sebagai batu permata yang paling terkenal.

Mengapa menempati urutan kedua bersamaan dengan safir? Karena kedua batu ini memiliki kemiripan secara makna namun keduanya memiliki warna yang berlawanan.

8. Agustus Berkilau Bagai Emas, Peridot

Batu yang melambangkan kekayaan, kemakmuran dan kekuatan. Batu ini memiliki warna yang hampir sama dengan Topaz.

Bedanya, bila topaz cenderung berwarna oranye, maka Peridot cenderung berwarna kuning kehijauan. Batu ini terbentuk dari erupsi gunung berapi. 

9. September The Royal Blue, Safir

Kamu pasti pernah melihat batu yang satu ini. Batu ini terkenal karena warna birunya yang cantik dan dikenal dengan nama “Royal Blue”. Royal blue artinya biru yang sering digunakan para bangsawan.

Tidak heran batu safir ini digunakan sebagai cincin tunangan Lady Diana dan sempat digadang-gadang sebagai permata yang terkenal dikalangan bangsawan. Jika kamu ingat, batu ini sempat menambah eksistensinya pada kalung Rose di film Titanic. Batu safir melambangkan kebijaksanaan, kesucian, keberuntungan dan ketulusan.

10. Unique Oktober, Opal

Jika kamu baru pertama kali melihat opal, kamu pasti akan langsung terfokus pada corak warnanya yang abstrak. Betul sekali, batu ini memang memiliki corak warna-warni yang abstrack. Dan tiap batu opal memiliki pattern warna yang berbeda. Ada yang warna-warninya memenuhi permukaan, ada yang hanya muncul disatu sisi saja.

Opal biasanya berbentuk bulat. Batu ini melambangkan keimanan, kepercayaan diri dan kesetiaan. Batu opal juga dikenal sebagai batu permata nasional Australia. Sebab, Australia dikenal sebagai negara penghasil opal terbesar di dunia.

11. November Easy To Remember, Topaz

Topaz memiliki arti “api” dalam bahasa India kuno. Batu ini mewakili cinta, kesukaan dan kehangatan. Warna topaz umumnya berwarna oranye keemasan. Namun, konon katanya, topas pink hanya diperuntukkan bagi bangsawan dan kaisar.

Jadi jangan heran ya ketika melihat perhiasan bangsawan justru memakai batu perhiasan berwarna pink. Bisa jadi itu adalah Topas pink yang sangat langka.

12. Special on December, Turqoise

Turqoise adalah batu alam yang paling tua yang telah digunakan manusia sebagai perhiasan sejak dahulu kala. Batu ini berwarna biru muda dengan gurat hitam yang bercorak seperti petir.

Jika kamu lahir di bulan desember dan menggunakan Turqoise sebagai perhiasan, kamu dipercaya akan mendapatkan keberuntungan, kesuksesan, kebaikan dan kekuatan. 

Itulah birthstone sesuai bulan lahirmu. Terlepas dari bulan lahirmu, batu mana yang paling kamu sukai?

Baca juga:  Kumpulan Brand Perhiasan Lokal yang Artsy dan Menarik di Instagram

tips untuk fresh graduate

Fresh Graduate? Ketahui Hal Ini Sebelum Terjun ke Dunia Kerja!

beli ORI018

Cara Beli Obligasi Negara Ritel ORI019 secara Online