Rute dan Jadwal Bus Wisata Semarang 2020, Gratis!

Tribun Jateng/Hermawan Handaka

Si Kenang, Si Denok, dan Si Kuncung jadi tiga nama bus wisata Semarang yang akan mengajak kamu berkeliling gratis ke kota yang punya julukan kota Lumpia. Masing-masing nama bus tersebut memiliki rutenya tersendiri. Kita bahas satu-satu ya masing-masing rute dan jadwal bus tingkat wisata Semarang 2019: 

Si Kenang, Bus Wisata Semarang Nan Merah Merona

  • Rute Bus Kenang: 
    • Bus Kenang akan mengajak kamu berkeliling Semarang secara gratis, perjalanan dimulai dari Jl. Jenderal Sudirman, lalu berlanjut melewati Tugu Muda ke Jl. Imam Bondjol, ke Jl. Empu Tantular melewati Stasiun Tawang. 
    • Kemudian berlanjut ke Jl. Letjen Suprapto, melewati Jl. Pemuda, lalu Jl Pandanaran dan memutari Simpang Lima, kemudian masuk ke Jl. Pandanaran, berbelok ke Jl. Dr. Sutomo, masuk ke Jl. Kaligara melewati Sam Poo Kong, lalu ke Jl. Pamularsih, kemudian kembali lagi ke Museum Rangga Warsita.
    • Setiap destinasi akan berhenti 15 menit. Jadi bagi kamu yang ingin keluar sebentar dan berfoto bisa banget nih memanfaatkan kesempatan ini.
    • Bus wisata berlantai dua yang menyerupai bus double decker ikon kota London ini gratis. Kamu cukup tunjukkan KTP, dan nantinya kamu akan mendapatkan kartu penumpang bis. 
  • Jadwal Bus Wisata Semarang, Si Kenang:
    • Kamu bisa naik bus wisata Semarang gratis ini dengan menunjukkan KTP di titik keberangkatan, yakni Museum Rangga Warsitas atau yang dikenal Museum Ronggowarsito. Dengan jam keberangkatan 09.00, 11.00, dan 15.00 WIB.
bus wisata Semarang
Twiter @wisatasemarang

Si Denok, Hadir Menemani Si Kenang Melintasi Ikon Wisata Semarang

Penamaan bus wisata tingkat Semarang, Denok dan Kenang diambil dari sebutan Jawa bagi pasangan Duta Wisata Semarang, putra disebut Kenang, sedangkan putri dipanggil Denok. 

Bus Denok baru dihadirkan tahun lalu guna menemani Si Kenang yang telah lama beroperasi yang sibuk tiap akhir pekan.

  • Rute Bus Wisata Semarang, Denok: Bus Denok akan mengajak kamu berkeliling ke beberapa titik wisata kota Semarang, dimulai dari Museum Ranggawarsito, kemudian berlanjut ke Kota Lama, lalu Tugu Muda, pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, berkeliling di Simpang Lima, melewati Kampung Pelangi, Klenteng Sam po kong, dan kembali ke Museum Ranggawarsita. (Lokasi yang dilintasi bus Denok tidak jauh berbeda dengan bus Kenang)
  • Jadwal bus wisata tingkat Semarang: Bus beroperasi setiap hari, untuk hari Senin-Jumat, pukul 08:00, 11:00, 15:00 WIB, sedangkan untuk weekend ada penambahan jam operasional, yakni 18:00 WIB. 
  • Layaknya Si Kenang, bus tingkat Semarang ini juga gratis, hanya tinggal tunjukkan KTP saja.

Si Kuncung, Bus Tingkat Semarang yang Paling Bontot

Tulisan “Yuk, muter-muter Semarang” tampak jelas terpampang di bagian atas kaca depan bus yang diberi nama “Kuncung”. 

Si kuncung jadi bus wisata Semarang yang paling bontot karena baru diresmikan awal tahun 2019. Bila Si Denok, dan Si Kenang berwarna merah mencolok, si Kuncung berwarna putih, bermandikan gambar bangunan ikonik kota Semarang, seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Klenteng Sam Poo hingga Masjid Agung Jawa Tengah.

  • Rute bus Kuncung: rute sama dengan bus si Kenang dan si Denok. Untuk jadwalnya pun sama seperti terdahulunya, yakni; setiap hari, untuk hari Senin-Jumat, pukul 08:00, 11:00, 15:00 WIB, sedangkan untuk weekend ada penambahan jam operasional, yakni 18:00 WIB. 
bus wisata Semarang
koranperdjoeangan.com

Tips Naik Bus Tingkat Semarang untuk Berwisata

  • Sabar, karena gratis kamu harus sabar mengantre sampai satu jam sebelum keberangkatan.
  • Siapkan KTP, untuk mendapatkan tiket penumpang kamu harus menukarkan KTP untuk sementara, nantinya petugas akan mengembalikan KTP setelah perjalanan selesai.
  • Duduk seusai nomor kartu, saat diberikan kartu tiket penumpang akan ada nomor kursi. Pastikan kamu duduk di tempat yang sesuai nomor pada kartu ya! Biasanya bangku yang tersedia tidak sampai 70 kursi.
  • Bawa makanan dan minuman, karena masing-masing tempat hanya berhenti selama 15 menit, ada baiknya kamu menyiapkan perbekalan.

Berikan Komentar Anda

lagu pernikahan

40 Lagu Indonesia Romantis untuk Pernikahan, Tamu Dijamin Nyaman!

tarif tol Jakarta

Total Tarif Tol Jakarta Bandung 2020