Cara Adukan Keluhan Bank ke Bank Indonesia

Semoga keluhan kamu cepat selesai ya!

keluhan bank
sumber gambar: constructionexec.com

Bila kamu nasabah yang memiliki keluhan bank atau merasa dirugikan oleh bank, seperti saldo tiba-tiba berkurang, kartu kredit terkuras atau masalah lainnya, kamu bisa melaporkan ke Direktorat Mediasi Perbankan Bank Indonesia (BI).

Namun sebelum menyampaikan keluhan ke Bank Indonesia, kamu bisa membuat pengaduan nasabah ke bank terkait terlebih dahulu dengan menghubungi contact center bank tersebut dan menceritakan masalah kamu. Berikut daftar contact center bank-bank di Indonesia:

Contact Center Guna Sampaikan Keluhan Bank

Nama BankContact Center
BRI14017 / 1500017
Bank Mega60010 (HP) | 1500010
BCA1500888
Mandiri14000
BNI1500046
BTN1500286
CIMB Niaga14041
Permata1500111
Sinarmas1500153
DKI Jakarta1500351
Danamon1500090
Panin Bank1500678/ 60678
UOB14008
Bukopin14005
adukan keluhan bank
sumber gambar: callcentrehelper.com

Bila dalam 20 hari sampai 40 hari kerja keluhan kamu tidak ada tanggapan dari bank terkait, maka kamu bisa melaporkannya kepada Bank Indonesia. Pasalnya menurut peraturan di bank sentral, sebuah bank harus dapat menyelesaikan sengketa dengan nasabah paling lambat 40 hari kerja.  

Cara Adukan Keluhan Bank Indonesia

Bagi kamu yang ingin mengadukan keluhan atau masalah dengan bank ke Bank Indonesia, maka kamu bisa menelepon ke layanan BICARA 131. Saluran tersebut gratis, kamu bisa tanya atau konsultasi tentang apa saja terkait jasa sistem pembayaran.

Selain bisa adukan keluhan melalui telepon, kamu juga bisa email ke [email protected] atau dengan langsung mendatangi kantor perwakilan Bank Indonesia setempat.

Melalui layanan BICARA tersebut, ada tiga layanan yang disediakan oleh Bank Indonesia yakni layanan edukasi, konsultasi dan fasilitator.

  • Layanan edukasi; membantu masyarakat agar paham seperti apa jasa sistem pembayaran, contohnya bagaimana penggunaan kartu kredit, ATM dan lain-lain.
  • Layanan konsultasi; Dengan layanan ini, kamu dapat meminta pertimbangan dari Bank Indonesia langsung, jika mengalami kesulitan ketika menggunakan produk sistem pembayaran.
  • Layanan Fasilitator; Sebagai bank sentral, Bank Indonesia akan membantu menengahi setiap permasalahan yang timbul yang mengakibatkan sengketa yang biasanya terjadi antara nasabah dengan penyedia layanan sistem pembayaran.

Baca juga:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Woke.id (@wokedotid) on

Berikan rating

Apakah artikel ini membantu?

Klik 5 bintang jika membantu

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote

Berikan Komentar Anda

pengunduran diri

Pengunduran Diri Kerja Ditolak, Harus Bagaimana?

perhitungan THR

Panduan Lengkap Perhitungan THR 2019