6 Kiat Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk yang Menyerang Saat Kerja

cara agar tidak ngantuk
Foto: Rdlounge.

Salah satu godaan terbesar bagi para pekerja kantoran adalah menahan rasa kantuk. Rasa kantuk yang menyerang saat kerja dapat membuatmu sulit fokus dan berkonsentrasi. Alhasil, produktivitasmu pun di kantor pun akan menurun. Kabar baiknya, ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar tidak ngantuk saat kerja.

Apa saja? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara Efektif Agar Tidak Ngantuk Saat Kerja

Ketika rasa kantuk menyerang, segera coba satu atau beberapa cara di bawah ini, ya!

1. Cuci Muka

Cara termudah yang bisa lakukan agar kamu tidak ngantuk saat kerja adalah dengan mencuci muka.

Berada di ruangan ber-AC dan menatap layar monitor terlalu dapat membuat matamu kering. Dengan mencuci muka, terutama pakai air dingin, kamu akan merasa lebih segar.

Kamu bisa cuci muka dengan sabun pembersih wajah ataupun dengan air saja. Apa pun yang kamu pilih, keduanya sama-sama membantu menghilangkan ngantuk saat kerja.

2. Tidur Sebentar Agar Tidak Ngantuk

Sebenarnya obat paling ampuh dari rasa kantuk adalah dengan tidur. Sayangnya, tidur di tengah-tengah jam kerja tidak bisa dilakukan dengan leluasa oleh semua orang.

Maka dari itu, jika memang memungkinkan, jangan ragu untuk menyempatkan diri berhenti dari aktivtias pekerjaanmu dan tidurlah sebentar. Kamu bisa melakukannya sambil duduk di meja kerja atau berbaring bila memang ada tempatnya.

Tak perlu tidur berlama-lama untuk melakukan cara agar tidak ngantuk satu ini. Kamu cukup luangkan waktu tidur sekitar 15 sampai 20 menit saja. Lebih dari 20 menit malah dapat membuat tubuh kamu lesu dan semakin mengantuk.

Agar tidak kebablasan, kamu bisa nyalakan alarm di ponsel atau meminta rekan kerja untuk membangunkanmu.

3. Minum Kopi

kopi flat white
independent.co.uk

Bagi sejumlah orang, minum kopi bisa jadi cara yang efektif agar tidak ngantuk saat kerja.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Pasalnya, zat aktif yang terkandung dalam kopi, yaitu kafein, merupakan stimulan yang berfungsi untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan. Alhasil, kamu akan merasa lebih segar dan tahan untuk melek lebih lama.

Selain dari kopi, kafein juga dapat ditemukan pada teh, cokelat, dan minuman berkarbonasi. Namun, Sleep Foundation mengingatkan bahwa kafein tidak dapat menggantikan manfaat dari tidur. Efek stimulan dari kafein hanya terjadi sementara.

Jadi, upayakan agar tidak mengonsumsi kafein terlalu banyak, ya! Alih-alih mendapatkan manfaat, kebanyakan mengonsumsi zat stimulan justru berbahaya bagi tubuhmu sendiri.

4. Cari Udara Segar

Rasa kantuk tidak hanya disebabkan karena kamu kurang tidur.

Pekerjaan yang monoton karena terlalu lama duduk dan menatap layar monitor juga dapat membuat mata dan tubuhmu lelah. Akibatnya, kamu pun akan merasa mengantuk.

Sebagai solusinya, sempatkan jalan-jalan mengitari lingkungan kantor. Berjalan kaki dapat memicu jantung memompa lebih banyak darah yang kaya oksigen menuju pembuluh darah, otot, dan otak.

Nah, pasokan darah kaya oksigen yang berlimpah inilah yang berfungsi menjaga otak kamu tetap aktif dan waspada. Dengan begitu, rasa kantuk yang menyerangmu akan menghilang.

Tak hanya efektif sebagai cara agar tidak ngantuk, jalan-jalan juga bisa jadi ajang penyegaran otak dan cuci mata dari rutinitas kantor.

5. Buka Obrolan dengan Orang Lain

cara agar tidak ngantuk saat kerja

Cara lain yang bisa dilakukan agar tidak ngantuk adalah dengan ngobrol. Kamu bisa mengajak ngobrol teman, rekan kerja, hingga orang asing di sebelahmu.

Topik yang dibicarakan pun bebas. Entah membahas hobi, berita terkini, isu sosial, pandangan politik, dan lain sebagainya.

Intinya, pilihlah topik-topik seru yang sekiranya akan membuatmu antusias dan lebih bersemangat. Dengan begitu, rasa kantuk yang menyerangmu pun perlahan akan menghilang.

6. Ngemil Makanan Sehat

Ngemil juga bisa jadi cara efektif untuk menghalau rasa kantuk saat kerja. Bila kantormu membebaskan karyawannya untuk ngemil selagi kerja, jangan sia-siakan tawaran satu ini!

Akan tetapi, penting untuk memerhatikan jenis makanan yang akan dijadikan camilan. Sebaiknya pilihlah camilan yang tidak mengandung lemak dan gula tinggi sebab keduanya justru akan membuatmu semakin mengantuk.

Bukan hanya itu. Camilan jenis tersebut pun dapat menimbun lemak dan kalori di dalam tubuhmu.

Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti granola, yogurt, buah segar, dan lainnya. Selain jadi cara agar tidak ngantuk, ngemil makanan sehat juga bisa membantu menjaga berat badanmu, lho.

Baca juga:  7 Warna Cat Kantor Terbaik Menurut Desainer Interior di Seluruh Dunia

bts grammy 2020

BTS Jadi Artis Korea Pertama yang Tampil di Grammy Awards 2020

imlek 2020

Bosan dengan Kue Keranjang? Kreasikan dengan 5 Resep ini