Lancar Bahasa Inggris Tanpa Les ala Nessie Judge

Yuk belajar!

cara bisa bahasa inggris
Freepik/lookstudio

Bisa berbahasa Inggris tentunya adalah dambaan bagi setiap orang. Ini karena bahasa Inggris sudah diakui sebagai bahasa internasional. Oleh sebab itu, setiap negara mempelajarinya. Namun, bagi kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pastinya belajar bahasa Inggris merupakan suatu hal yang sulit dikarenakan bukan bahasa sendiri. Padahal dengan menguasai bahasa Inggris, kita bisa menguasai dunia. Misal, ada program beasiswa luar negeri di mana kebanyakan menerima pesertanya yang bisa berbahasa Inggris.

Cara Bisa Bahasa Inggris Tanpa Les Ala Nessie Judge dengan Mudah

Siapa sih yang tidak mau menerima beasiswa ke luar negeri? Tentunya semua mau. Akan tetapi, yang menjadi kendala adalah kemampuan berbahasa Inggris kita yang masih rendah.

Jangan khawatir, pada artikel ini akan memberikan cara mudah untuk kamu yang ingin bisa bahasa Inggris tanpa les. Nih, ada cara bisa bahasa Inggris tanpa les ala Nessie Judge, disimak ya!

1. Memanfaatkan lagu favorit

Lagu ramadan ramadhan dari maher zain, nissa sabyan, opick, dan tompi
Foto: Freepik

Jangan hanya dinikmati saja, kamu juga bisa memanfaatkan lagu-lagu favoritmu sebagai guru bahasa Inggrismu. Ya, kamu bisa memilih lagu yang dapat membantumu dalam belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Bagaimanakah caranya? Ketika kamu mendengarkan lagu bahasa Inggris, cobalah tulis liriknya. Dalam hal ini, kamu tidak harus benar, yang penting catat saja lirik yang kamu dengar. Setelah ditulis, kamu baca kembali lalu pikirkan lagunya menceritakan tentang apa. Jika sudah, bandingkan dengan lirik dan makna lagu aslinya yang dapat kamu cari di Google.

Tips pertama ini akan melatih pemahaman kamu dalam berbahasa Inggris yakni tidak hanya dari kata per kata melainkan maknanya. Lakukan secara rutin ya!

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Gratis Online, Buat Kamu Makin Pintar

2. Menonton video berbahasa Inggris

Banyak sekali video berbahasa Inggris yang bisa kamu cari di YouTube. Atau kamu juga bisa memanfaatkannya dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan terjemahan bahasa Inggris agar kamu bisa membaca apa yang mereka bicarakan.

Lakukan hal ini berturut-turut, misal seminggu. Setelah itu, kamu bisa mematikan subtitle dari video tersebut. Dengan hal ini, kamu akan terbiasa dengan gaya bicara dan kata-kata yang mereka gunakan. Kalau kamu konsisten, kamu akan mengerti apa yang mereka bicarakan.

3. Setting Ponselmu Menggunakan Bahasa Inggris

aplikasi cari jodoh atau kencan gratis cara bisa bahasa inggris
Freepik/drobotdean

Kamu pasti tidak bisa jauh dari ponsel, kan? Nah, kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang paling dekat denganmu seperti ponsel. Kamu bisa merubah bahasa ponselmu dengan bahasa Inggris, baik itu media sosial, pengaturan, folder dan sebagainya.

Misal, dari pengaturan menjadi “setting”, unduh menjadi “download”, dan sebagainya. Ubah sekarang yuk!

4. Sering cek kamus atau Googling

Ketika ada kata yang tidak kamu tahu artinya, kamu bisa langsung cek Google atau cek kamus. Banyak sekali aplikasi translator bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya, yang dapat kamu gunakan. Beberapa yang populer di antaranya U-Dictionary, Cambridge, Cake, dan sebagainya.

Lakukan hal ini saat kamu ingat. Apabila kamu tunda, nanti akan berakibat kelupaan. Tentunya banyak kosa kata bahasa Inggris baik yang sudah kamu ketahui maupun belum. Nah, kamu bisa melakukan tips keempat ini saat kamu menerima kosa kata yang kamu belum ketahui.

Jangan lupa terapakan di kehidupan sehari-hari, ya!

5. Pelajari grammar dasar

aturan menggunakan media sosial bagi para pekerja cara bisa bahasa inggris
Freepik

Untuk mencoba bahasa Inggris tentunya hal lebih penting adalah berbicara terlebih dahulu. Namun, grammar tetaplah penting dalam bahasa Inggris. Grammar disusun karena ada fungsinya. Tanpa grammar, kamu pasti akan kesulitan mengetahui konteks kata-kata bahasa Inggrismu.

Dengan kamu tahu grammar, kamu bisa membedakan kapan harus menggunakan past tense atau present tense. Maknanya pun berbeda. Contoh, “I’m going to your house” (present tense) yang berarti “aku sekarang akan pergi ke rumah mu” namun kamu bilang seperti ini, “I go to your house” (past tense) yang artinya “aku sering ke rumahmu”.

Kedua kalimat tersebut adalah hal yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu mempelajari grammar dasar sedikit demi sedikit. Yang penting mulai dulu saja, ya!

6. Rela dikoreksi

Bagi seseorang yang sedang belajar pasti pernah mengalami kesalahan. Apabila kamu salah dalam mengucapkan bahasa Inggris, kamu tidak perlu malu atau sedih. Kamu harus menerima koreksi dari orang di sekitarmu yang lebih mengerti.

Terkadang sifat gengsi, takut dikoreksi, dan malu adalah masalah terbesar dari seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris. Dan akhirnya, progresmu tidak jadi dimulai. So, tetap percaya diri dan menerima saat dikoreksi ya!

Mudah, kan, cara bisa bahasa Inggris ala Nessie Judge?  Selamat mencoba!

Baca juga:  Ada yang Tega Sakitin Kamu? Ungkapkan Perasaanmu Pakai Bahasa Inggris Ini

cara membuat kue lupis

Cara Membuat Lupis Lontong yang Enak dan Legit

tokopedia bts wib tv show

BTS dan BLACKPINK Hadir Kembali di WIB TV Show Tokopedia, Ini Tanggalnya!