Cara Buat Cermin Hias Estetik: Foam Mirror & Cermin Lukis

Lagi viral banget nih di medsos!

Instagram: @heatherlans

Cermin hias estetik kini semakin viral di media sosial. Modelnya pun beragam dar bulat, persegi, awan, love, bean, dan bulat. Bahkan ada juga foam mirror dan cermin hias estetika yang dilukis (painted mirror). Soal harga, cermin hias estetik harga yang beragam  dari harga Rp50.000 sampai Rp500.000, tergantung ukuran dan desain. Cermin hias estetik ini juga bisa kamu letakkan di meja ataupun tempel di dinding. Namun, webelum memutuskan untuk membeli cermin hias estetik, ini dia tips pilih cermin hias estetik.

Tips Pilih Cermin Hias Estetik

Dalam memilih cermin atau kaca, ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan, yakni bentuk, ukuran dan gaya ruangan kamu.

1. Bentuk cermin

Tanpa kita sadari cermin mampu memberikan ilusi, misalkan saja mampu memberikan ilusi ruangan yang sempit menjadi lebih luas atau ilusi lainnya. Untuk itu, pemilihan bentuk cermin penting.

Misalkan, bentuk cermin horizontal mampu memberikan ilusi ruangan jadi lebih lebar dan lapang, disamping itu cermin panjang juga mampu menyebarkan cahaya secara merata keseluruh ruangan.

Sementara, bentuk cermin yang vertikal mampu memberikan ilusi seolah langit-langit ruangan terlihat lebih tinggi karena membuat mata kamu bergerak ke atas, atau kamu cermin bulat yang menghadirkan kesan elegan pada ruangan.

Instagram: @modernsco

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Ukuran cermin juga dapat memengaruhi kesan yang ingin kamu ciptakan pada ruangan, seperti focal point, aksen, atau sekadar sebagai latar belakang.

Misalkan, aksen cermin kecil di dinding besar akan terlihat tidak penting. Untuk itu, ada baiknya sesuaikan ukuran cermin dengan ukuran dinding kamu.

Jika kamu ingin cermin hias kamu menjadi titik fokus di ruangan, pastikan memilih cermin yang cukup besar agar menonjol. Kamu juga bisa memilih bingkai yang membuatnya lebih terlihat.

Jika kamu ingin cermin menjadi bagian dari latar belakang, sebaiknya pilih yang ekstra besar agar fungsinya membuat ruangan tampak lebih besar, dan hindari bingkai kaca yang berlebihan.

Sementara pemilihan cermin hias kecil dapat digunakan sebagai aksen, guna menangkap cahaya dan memantulkan sebuah objek yang menarik.

3. Sesuaikan dengan Gaya Desain

Hadirnya cermin hias estetik pada ruangan juga dapat mencerminkan gaya desain interior ruangan kamu. Untuk itu, selain memperhatikan bentuk dan ukuran cermin ada baiknya untuk memperhatikan desain cermin dan bingkai cermin.

cermin hias untuk ruang tamu
decoholic.org

Bingkai berukir atau berlapis emas sering kali digunakan bila konsep ruangan kamu adalah tradisional atau etnis, namun cermin dengan bingkai berukir dan berlapis emas juga dapat menghadirkan aksen kontras dalam suasana modern.

Lain halnya dengan cermin bingkai garis sederhana yang lebih cocok untuk interior kasual atau modern. Sementara cermin dengan bingkai yang unik cocok untuk tampilan ruangan dengan gaya eklektik.

Baca juga:  Filter Instagram Kekinian: Cara Memunculkannya dan Kreator Populer

Desain Cermin Hias Estetik yang Sedang Ramai di Media Sosial

Setelah mengetahui tips memilih cermin yang tepat, kini wokenim akan bagikan inspirasi cermin hias estetik yang bisa kamu sontek. Lagi ramai di media sosial, nih. Cek satu per satu, ya!

Foam Mirror atau Cermin Busa

Bila kamu tertarik memiliki foam mirror atau cermin busa, mungkin kamu bisa membuat foam mirror di rumah dengan bahan dan cara berikut ini:

Bahan yang Diperlukan:

  • Cermin atau kaca dengan beragam bentuk
  • Kain terpal
  • Expanding spray foam (Contohnya seperti Sika Boom Ap Foam)
  • Masker dan sarung tangan
  • Cat
cermin hias
Instagram: @heatherlans

Cara Buat Foam Mirror:

  1. Alasi bagian bawah cermin dengan kain terpal agar expanding spray foam tidak menyebar ke lantai ruangan kamu.
  2. Kamu bisa menggunakan batu bata atau kotak untuk menopang cermin sebelum disemprotkan busa.
  3. Kenakan sarung tangan dan masker, lalu mulailah untuk menyemprotkan busa. Jangan terlalu banyak menyemprotkan busanya, karena busa dapat mengembang.
  4. Jika kamu ingin foam mirror milikmu berwarna, kamu bisa berikan cat setelah busa kering. Untuk tahapan pengecatan kamu bisa menggunakan cat tembok ataupun cat semprot. Namun, sebelumnya masuk tahap pewarnaan, gunakan masking tape untuk menutupi kaca agar tidak kena cat saat proses pengecatan.
foam mirror
monsterscircus.com

Bila cara buat foam mirror yang sudah diulas di atas dirasa terlalu merepotkan, cara termudahnya adalah beli saja, deh.

Sekarang foam mirror sudah banyak kok dijual di pasaran. Harganya bervariasi tergantung ukuran, bila diameter 15 cm dijual dengan harga Rp100.000-Rp15.000, sementara bila ukurannya 40×127 cm dijual dengan harga Rp400.000-Rp800.000. Warnanya pun banyak pilihannya, dari ungu, kuning, biru, matcha, kuning, peach, abu-abu, dan yang lainnya.

Cermin Hias yang Dilukis (Painted Mirror)

Cermin lukis juga jadi salah satu cermin yang sedang viral di media sosial. Bila melihat situs jual beli Shopee.co.id, painted mirror dijual dengan harga Rp25.000-Rp185.000. Tersedia beragam gambar dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

cermin hias
Instagram: @yulfass

Namun bila kamu ingin buat painted mirror atau cermin lukis sendiri, berikut bahan yang kamu butuhkan:

  • Kaca atau cermin
  • Cat akrilik ataupun cat enamel
    Kamu bisa menggunakan merek cat seperti Vitrail, Maries Glass Paint, Tesla, Giotto, Faber Castell, Coastes atau yang lainnya.
  • Untuk gambar kamu bisa sesuaikan dengan keinginan kamu.

Jadi, cermin hias estetik mana yang ingin kamu buat atau beli?

 

nonton drama Love Revolution

Web Drama Love Revolution: Sinopsis & Situs Streaming Gratis

kim yohan

Lirik Lagu No More Kim Yohan WEi dan Terjemahannya