Cara Mudah Cek Kosmetik Asli & Punya Izin BPOM

Bijak sebelum membeli

cek kosmetik
getthegloss.com

Cek kosmetik adalah salah satu cara bijak yang setidaknya harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk beli kosmetik. Caranya, kamu bisa cek apakah produk kosmetik atau skincare yang ingin kamu beli memiliki izin edar dari BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia) atau tidak. Pasalnya dengan adanya nomor registrasi dari BPOM, maka setidaknya bisa dipastikan produk tersebut aman dan layak edar.

Sementara, untuk mengecek keasliannya, kamu bisa scan barcode pada produk kosmetik kamu dengan aplikasi HiddenTag, berikut detailnya:

Cara Cek Kosmetik Apakah Memiliki Izin BPOM atau Tidak

  • Kunjungi website BPOM RI di cek.bpom.pom.go.id

    Kamu bisa mengunjungi webiste resmi BPOM melalui link https://cekbpom.pom.go.id/. Pada toolbar pencarian kamu bisa lakukan pengecekan, dengan mencari nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi, nama pendaftar, ataupun NPWP pendaftar dari produk kosmetik yang ingin kamu beli.

  • Cara Termudah untuk Cek Kosmetik di BPOM adalah Tulis Merek Kosmetik yang Ingin Dibeli

Pada toolbar pencarian kamu bisa cari “Merk” dan tuliskan “Merek kosmetik yang ingin kamu beli”. Misalkan; kamu ingin cek BPOM Wardah untuk mengetahui apakah produk tersebut aman, caranya kamu bisa cek dengan cari “Merk”, lalu tulis nama merek “Wardah”.

Nantinya akan terlihat daftar produk “Wardah” yang terdaftar di BPOM. Di antara produk “Wardah” tersebut, cek kembali apakah produk (misalkan; foundation) yang ingin kamu beli terdaftar atau tidak.

cek kosmetik BPOM

 

Bila kamu ingin tahu produk kosmetik ilegal, berbahaya yang mengandung kandungan berbahaya, seperti timbal, merah K3 dan yang lainnya, bisa kamu cek pada website cekbpom.pom.go.id/warning, lalu masukkan merek kosmetik yang ingin kamu cek.

Baca juga:  7 Kosmetik Korea yang Cocok Digunakan saat Musim Panas

Cara Scan Barcode BPOM

Selain bisa tahu apakah produk dinyatakan aman dan layak edar melalui website BPOM, kamu juga bisa mengetahui hal yang sama dengan scan barcode produk melalui aplikasi BPOM Mobile. Berikut cara scan barcode di aplikasi BPOM Mobile:

  • Instal aplikasi BPOM Mobile
    Aplikasi BPOM Mobile tersedia di Google Play Store dan App Store.
    scan barcode BPOM
  • Pilih menu “Scan Produk”.
    Aplikasi BPOM Mobile menghadirkan empat menu, yakni “Scan Produk”, “Pengaduan”, “Cek Izin Edar”, dan “Berita”. Untuk pindai barcode atau kode QR kosmetik di aplikasi BPOM Mobile, pilih menu scan produk.
  • Arahkan kamera pada barcode kosmetik
    Pastikan pencahayaan kamu baik agar barcode bisa terlihat jelas dan kamnu bisa cek kosmetik kamu melalui aplikasi BPOM Mobile ini.
  • Klik tombol ikon kamera untuk mengambil gambar barcode atau kode QR.
    Foto barcode produk kosmetik atau skincare milikmu. Nantinya BPOM akan memberikan informasi mengenai produk yang kamu beli. Bila barcode yang kamu scan tidak menampilkan informasi apapun, artinya produk kosmetik yang kamu beli belum terdaftar di BPOM atau mungkin ada kesalahan  saat melakukan scan barcode.

Cara Cek Keaslian Kosmetik dengan Aplikasi HiddenTag

Bila kamu nggak yakin apakah produk kosmetik yang kamu beli asli atau tidak, tenang nggak perlu khawatir, selama ada barcode kamu bisa mengeceknya. Mari, Wokenim bahas detailnya.

HiddenTag adalah salah satu aplikasi yan menawarkan solusi verifikasi keaslian produk dengan teknologi watermarking digital. Beberapa produk kosmetik Korea menyarankan penggunaan HiddenTag untuk melakukan pengecekan pada produk kosmetiknya, sebut saja Benton, Somebyme, Jejuwooda, 3CE, Dr.Althea, dan yang lainnya.

Cara Cek Keaslian Kosmetik dengan HiddenTag;

  • Tentunya, kamu harus download aplikasi HiddenTag terlebih dahulu. Aplikasi cek keaslian kosmetik ini susah tersedia di Apple App Store ataupun Google Playstore.
  • Setelah itu, buka aplikasi HiddenTag yang telah kamu install
  • Klik hamburger button (Yang diberikan kotak merah)

  • Lalu pilih “Scan HiddenTag”

  • Arakan handphone kamu ke barcode yang ada di produk kosmetik untuk discan.
cek kosmetik bpom
  • Nantinya bila produk kamu asli akan muncul nomor sertifikasi produk yang menyatakan bahwa produk kamu asli. Apabila setealh barcode dipindai tidak muncul informasi apapun, kemungkinan produk kosmetik yang kamu beli adalah palsu.
  • Ini dia daftar kosmetik atau skincare yang bisa kamu scan barcode-nya untuk cek keaslian produk di aplikasi HiddenTag:
    • VANT 365, 3CE, Dr.Althea, Mitopia, Acropass Raphas, RE:CIPE, BBM, Bellca, About Me, Rarita, Pure as Fior, It Girl, Dermedics, Bbia, Skinion, Imok, AQUA Filling, LG Life health, Racinne, AGSKINLAB, JAYJUN Cosmetic, FG Beauty, SEED&TREE, Centellian24, Dado Sens, Annei Marie Borlind, DPC, 5ildonga, ele Korea, G-MED, Cleomee, moonshot, Claires, Clio, Fasey, Forencos, Dr.Jart+, Soirenee, Vella, 23 years old, N&blab, Pion-tech, yu.r, Kocoslab, 100C, Dr.SCHRAMMEK, A.H.C, Skintalks. JH Global, Ladykin, Sohyang, Mamati, SOMEBYME, KLAVUU, EOS, La Muse, KOSXU, dan lainnya.

Adukan Keluhan ke BPOM Bila Menemukan Produk Kosmetik Berbahaya dan Palsu

Apabila kamu menemukan obat, makanan, minuman kosmetik, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan berbahaya, kamu bisa adukan keluhan melalui link berikut ini. Dengan mengisi form pengaduan berupa nama lengkap, jenis kelamin, pekerja, alamat, email, nomor handphone, pesan pengaduan, alamat perolehan produk, dan dokumen pendukung.

Baca juga:  Arti Simbol pada Kosmetik yang Sering Diabaikan tapi Penting

lirik slowly journey izone

Lirik Lagu Slowly Journey IZ*ONE dan Terjemahan Indonesia

kapan jadwal tayang dan nonton film mulan 2020

Resmi! Ini Kabar Terbaru Jadwal Rilis Film Mulan 2020