Salah satu jasa ekspedisi paket yang populer di Indonesia adalah SiCepat Ekspres. Dengan SiCepat Ekspres, kamu bisa mengirimkan paketmu secara cepat dengan ongkos kirim yang relatif murah. Psstt.. kamu juga bisa melacak keberadaan paketmu secara mudah dan praktis. Buat kamu yang sedang belanja online atau mengirimkan paket tertentu tapi tidak tahu cara cek resi SiCepat, berikut Wokenim beri tahu langkah demi langkahnya.
Cara Paling Mudah Cek Resi SiCepat
Sama seperti jasa ekspedisi lainnya, kamu juga bisa cek resi SiCepat secara online. Cara cek resi SiCepat sendiri bisa melalui website resminya atau mengunduh aplikasi SiCepat di smartphone.
Cara Cek Resi SiCepat dari Website
- Buka https://www.sicepat.com/
- Kemudian klik “Cek Resi”
- Masukkan nomor resi yang diberikan oleh petugas saat kamu menyerahkan paket ke agen atau kurir yang menjemput.
- Kamu bisa cek lebih dari satu resi SiCepat dalam satu waktu dengan menekan “+ Tambah resi baru”.
- Selanjutnya klik “Lacak”
Dalam hitungan detik status pengiriman dan lokasi barang kiriman akan muncul di layar.
Cara Cek Resi SiCepat dari Aplikasi
Kamu juga bisa cek resi SiCepat melalui aplikasi resmi SiCepat Ekspres. Sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi tersebut di Google Play atau Play Store.
- Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi tersebut.
- Kemudian pilih “Lacak Paket”.
- Masukkan nomor resi.
- Lalu klik “Lacak”.
Tunggu beberapa saat, status pengiriman barang akan muncul di layar ponsel lengkap dengan detail dan lokasi keberadaan paket kamu.
Istilah Status Pengiriman Barang SiCepat Ekspres
Setelah mengetahui cara cek resi SiCepat, kamu juga perlu tahu istilah-istilah status pengiriman yang berlaku di jasa ekspedisi satu ini.
- On-Process. Paket kamu sedang dalam proses pengiriman.
- Manifested. paket telah diterima di kantor SiCepat.
- On Transit. Paket sedang transit di kota lain dan akan segera dikirimkan ke alamat tujuan.
- Diterima Perwakilan (ROD/Receive on Destination). Paket telah diterima di agen atau cabang SiCepat, yang terdekat dari alamat tujuan.
- Delivered. Paket sukses dikirim ke alamat tujuan.
- AU. Paket diantar ulang.
- Misroute. Jalur pengiriman salah.
- Cnee Unknown. Nama penerima tidak dikenal atau tidak ada.
- Not Home. Penerima tidak ada di rumah.
- CODA (Closed Once Delivery Attempt). Paket telah diantar ke alamat tujuan, tapi alamat tersebut salah atau kosong.
- Bad Address. Alamat tidak jelas atau tidak terdeteksi. Biasanya karena kesalahan penulisan alamat.
- Criss Cross. Paket yang dikirimkan tertukar dengan paket lain.
Produk Layanan SiCepat

- Si Cepat Reguler. Layanan pengiriman paket khusus wilayah Jabodetabek dan Bandung dengan estimasi pengiriman 15 jam. Tarif yang dikenakan reguler, tanpa biaya tambahan apa pun.
- SiCepat Best. Layanan pengiriman paket ke seluruh kota besar di Indonesia dengan estimasi pengiriman hanya dalam 1 hari, alias besok sampai tujuan.
- Si Cepat Halu. Layanan pengiriman paket dengan Harga Mulai Lima Ribu (HaLu) yang hanya tersedia di Shopee dan beberapa e-commerce yang sudah bekerja sama dengan SiCepat Ekpres tentunya.
- SiCepat H3LO. Layanan pengiriman paket dengan berat maksimal 3,29 kilogram dan hanya berbayar senilai 1 kilogram. Layanan ini khusus untuk wilayah pulau Jawa.
- Si Cepat Cargo. Layanan pengiriman khusus untuk paket yang ukuran dan beratnya besar (minimum berat paket 5 kg) dengan harga lebih murah 30%, dapat dijemput kurir, dan estimasi pengiriman 1-3 hari.
- SiCepat Cargo Kilat. Layanan pengiriman paket dalam jumlah banyak/ ukuran yang lebih besar (minimum berat paket 10 kg) dengan harga yang lebih ekonomis.
- Si Cepat Cash On Delivery. Layanan pengiriman paket dengan pembayaran cash pada saat barang diterima yang estimasi pengirimannya maksimal 8 jam sejak barang diambil kurir.
- SiCepat Go. Layanan pengiriman barang ke mancanegara dengan dengan estimasi pegirimannya sesuai dengan tabel negara tujuan. Paket hanya dapat dikirim dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Medan.