Begini Cara Cek Masa Kadaluwarsa Produk Kosmetik

Jangan sampai salah ya~

cara cek tanggal kadaluarsa kosmetik
Shutterstock

Bagi kamu pencinta atau pengguna kosmetik, penting untuk memahami masa kadaluwarsa pada setiap produk yang dimiliki. Selain memastikan efektivitas produk yang digunakan, hal ini pun dapat mencegah terjadinya masalah kulit yang tidak diinginkan. Nah, satu cara termudah untuk cek masa kadaluarsa suatu produk kosmetik adalah dengan melihat expired date. Ya, biasanya perusahaan akan mencantumkan beragam informasi mengenai masa produksi beserta tanggal kadaluarsa pada setiap produknya.

Namun, bila kamu kedapatan memiliki produk kosmetik yang tidak memiliki tanggal kadaluwarsa di kemasannya, kamu tak perlu khawatir. Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk cek masa kadaluarsa di produk kosmetik yang kamu miliki.

Bagaimana caranya? Yuk, lihat!

Cara Cek Kadaluarsa Produk Kosmetik

Berikut panduan lengkap cara cek kadaluwarsa produk kosmetik yang kamu miliki:

1. Periode After Opening (PAO)

cara cek tanggal kosmetik kadaluarsa kadaluwarsa
Freepik

Bila tidak tertera tanggal kadaluarsa di kemasan kosmetik, kamu bisa cek Period After Opening (PAO) sebagai cara untuk melihat masa simpan sebuah produk. PAO merupakan simbol yang memberi tahu jangka waktu pemakaian setelah segelnya dibuka pertama kali.

Simbol ini ditandai seperti wadah dengan tutup terbuka dan di bagian tengahnya disertai angka dan huruf M yang menunjukkan keterangan jangka waktu kadaluwarsa produk. Huruf M sendiri dibaca “Month” alias bulan.

Jadi, bila di kemasan produk kosmetiknya terlihat simbol wadah terbuka dengan tulisan 12M, itu artinya produk tersebut bisa bertahan selama 1 tahun ke depan setelah kemasannya dibuka. Umumnya simbol ini digunakan pada produk-produk kosmetik yang berasal dari luar negeri.

Baca juga:  10 Produk Kosmetik Korea yang Bisa Bikin Glowing

2. Manufactured Date

Manufactured date atau tanggal produksi juga bisa jadi cara cek masa kadaluarsa produk kosmetik yang kamu miliki. Tanggal produksi ini bisa dilihat di kemasan produk dengan simbol MFG yang kemudian diikuti dengan bulan, tanggal, dan tahun produksi.

Contohnya begini “MFG 10062020”. Nah, dari simbol tersebut diketahui bahwa produk kosmetik yang kamu miliki diproduksi pada tanggal 10 Juni 2020. Setelah mengetahui tanggal produksinya, kamu bisa mengira-ngira sendiri kapan tanggal kadaluwarsa produk kosmetik yang kamu miliki.

Mengutip dalam laman Huff Post, berikut daftar jangka waktu pemakaian produk kosmetik yang berlaku secara internasional:

  • Foundation: 6 bulan sampai 2 tahun
  • Lipstik: 2 tahun
  • Lipgloss: 1 tahun
  • Eyeliner: 6 bulan sampai 1 tahun
  • Mascara: 3 sampai 6 bulan
  • Blush on, eye shadow, dan produk bubuk lainnya: 1-2 tahun

Sementara untuk produk organik, masa pakainya biasanya cenderung lebih singkat ketimbang yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Untuk produk kosmetik organik, masa kadaluwarsanya dari 3 sampai 6 bulan.

Baca juga:  Makeup Produk Indonesia yang Wajib Dicoba

3. Barcode

Coba perhatikan baik-baik kemasan produk kosmetik yang kamu punya. Di setiap kemasan produk buatan pabrik pasti memiliki barcode. Nah, tahukah kamu bahwa barcode ini juga bisa jadi cara cek tanggal kadaluarsa produk kosmetik?

Pertama, bukalah website www.checkcosmetic.net. Kemudian masukkan informasi mengenai merek lalu tuliskan kode yang tertera pada barcode produk kosmetik. Selanjutnya, klik calculate. 

Nantinya akan tampil informasi mengenai tanggal pembuatan dan general shelf life alias jangka waktu produk kosmetik dapat digunakan terhitung dari tanggal produksinya. Sayangnya, website penyedia informasi mengenai tanggal kadaluwarsa tersebut masih terbatas hanya untuk kosmetik asal luar negeri saja.

Baca juga:  Arti Simbol pada Kosmetik yang Sering Diabaikan tapi Penting

nonton more than family sub indo

Film Korea More Than Family: Sinopsis dan Situs Nonton Streaming Gratis

Wisata Camping Ground Gayatri yang Hits di Bogor