Syarat dan Cara Daftar Makanan di GoFood dan GrabFood Online 2021, Mudah dan Cepat!

Apabila kamu pemilik restoran, cafe, warung makanan ataupun usaha kuliner lainnya. Salah satu cara untuk meningkatkan omzet adalah dengan tahu cara daftar makanan di GoFood dan GrabFood. Layanan pesan antar makanan dan minuman ini terbilang sangat praktis, dan tentunya menguntungkan bagi pebisnis kuliner, baik pemilik restoran, cafe, gerai ataupun warung makanan. Pasalnya setelah daftar di GoFood dan GrabFood, kamu tak perlu bersusah payah mempromosikannya. Tinggal jadi merchant Gojek dan GrabFood, kamu bisa mendapatkan pesanan.

Eits, tapi sebelum Wokenim bahas cara daftar makanan di GoFood atau GrabFood, berikut beberapa tips daftar makanan di GoFood dan GrabFood”

Tips Sebelum Daftar Makanan di GoFood atau GrabFood

1. Daftar dengan Nama Makanan yang Paling Laku bukan Nama Restoran

Bila kamu pebisnis kuliner yang baru menetas, di mana restoran, cafe, gerai, atau warung makanan kamu belum terkenal, ada baiknya daftar dengan nama makanan yang paling laku, bukan nama restoran

  • Misalkan: Bila di restoran kamu bernama “Resto Mba Lia”, lalu menu yang paling laku adalah “Nasi bakar”, maka daftarkan restoran di GrabFood atau GoFood kamu dengan “Nasi bakar Resto Mba Lia”, dan bukanlah daftar makanan di GoFood dan GrabFood dengan nama “Resto Mba Lia”. 
  • Pasalnya kala pesan makanan, umumnya pengguna aplikasi Gojek dan Grab akan mencari nama makanan terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

2. Daftar Menu Rekomendasi di Urutan Teratas

Untuk menu rekomendasi, kamu bisa masukkan daftar menu yang paling laku atau andalan di restoran kamu. Hal ini sangat membantu agar menu makanan andalan kamu mudah ditemukan oleh konsumen.

3. Foto Menu yang Menarik

Umumnya, saat membeli makanan, pengguna akan melihat tampilan makanan terlebih dahulu. Jadi alangkah baiknya tampilan menu restoran, gerai, atau warung makanan kamu dibuat menarik. Namun perlu diingat, foto makanan dengan rupa makanan sebenarnya juga serupa ya, agar konsumen tidak merasa ditipu.

Baca juga:  Skuter Listrik GrabWheels: Lokasi, Cara Sewa, dan Penggunaan

Cara Daftar Makanan di GoFood via GoBiz

Berikut ini panduan cara daftar makanan atau minuman di GoFood, baik untuk pemilik restoran, cafe, gerai, atau warung makanan:

1. Tahapan Pertama adalah Download GO-BIZ di Playstore

Untuk saat ini, Go-Biz hanya tersedia bagi pengguna Android.

Cara daftar Gofood
Gojek.com

2. Pilih Daftar GoFood, dan Pilih Jenis Pendaftaran

Selanjutnya, pilih “Daftar GoFood” dan tekan “Daftar Sekarang”, dan pilih “Jenis Pendaftaran”. Jenis pendaftaran ini disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada lima jenis pendaftaran, yakni:

Cara daftar Gofood
Gojek.com
  1. Buka restoran baru milik pribadi: jenis pendaftaran ini kamu pilih apabila restoran, cafe, gerai, warung yang kamu daftarkan adalah baru dan milik kamu sendiri.
  2. Buka restoran milik perusahaan: bagi kamu yang sudah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) silakan pilih jenis restoran ini.
  3. Buka beberapa cabang restoran: apabila kamu punya banyak cabang, maka pilihlah jenis pendaftaran ini.
  4. Penambahan cabang baru: jenis pendaftaran ini kamu pilih apabila kamu sudah mempunyai restoran yang terdaftar di Go-Food dan ingin menambang cabang restoran baru.
  5. Buat akun GO-BIZ: bila kamu sudah mempunyai restoran yang terdaftar di GoFood dan ingin mengelolanya, seperti menambah menu, mengganti harga dan yang lainnya bisa pilih jenis pendaftaran ini.

3. Pilihlah Kota dimana Restoran Kamu Berada

Apabila kamu memilih jenis pendaftaran “Buka restoran baru milik pribadi”, maka pilihlah kota dimana restoran kamu berada. Setelah memilih kota, silakan tekan “Lanjut”.

Cara daftar Gofood
Gojek.com

4. Isi Formulir Pengguna GoFood

Tahapan selanjutnya daftar makanan di GoFood adalah isi nama pemilik usaha pada kolom nama pengguna. Sertakan juga email dan nomor handphone untuk didaftarkan. Lalu, tekan “Buat Akun”.

Tunggu sebentar, nantinya kode OTD akan dikirimkan ke nomor yang telah kamu daftarkan tadi, silakan masukkan kode OTP yang dikirimkan lalu tekan “Konfirmasi”.

5. Isi Formulir Data Usaha GoFood

Kemudian isi data usaha kamu, silakan masukkan “Nama restoran” kamu, dan tekan “Lanjut”. Setelah itu pilih “Informasi restoran”.

Daftar makanan di GoFood
Gojek.com

Pada informasi restoran ada beberapa hal yang harus kamu isi, seperti; patokan lokasi, alamat lengkap lokasi restoran, dan lokasi di peta. Pastikan kamu mengisinya dengan benar dan sesuai ya!

Setelah terisi lengkap, silakan pilih “Konfirmasi” dan “Simpan”

6. Isi Informasi Identitas Pemilik

Apabila data Informasi restoran telah terisi, selanjutnya adalah pilih “Identitas pemilik”.  Dalam identitas Pemilik, ada beberapa langkah yang harus kamu isi, yakni; nomor handphone. Foto KTP, nomor NPWP dan foto NPWP (Bila ada).

  • Bila kamu ingin daftar makanan di GoFood namun tak memiliki NPWP, maka kamu tidak perlu centang pertanyaan “Anda punya NPWP?”.
  • Sebaliknya, jika kamu memiliki NPWP, klik tanda centang lalu unggah foto NPWP kamu dengan menekan tombol Upload. Isi data sesuai dengan NPWP. Setelah selesai tekan Simpan.

7. Isi Data Informasi Restoran

Apabila data informasi restoran, identitas pemilik sudah terisi, tahapan selanjutnya buat daftar makanan di GoFood adalah isi informasi rekening bank. Pilih bank yang kamu gunakan dengan menekan tombol panah pada kolom nama bank.

Gojek.con

Isi nomor rekening dan nama pemilik rekening, lalu tekan “Verifikasi”. Apabila nama pemilik rekening berbeda nama pemilik restoran, kamu bisa masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank di kolom yang tersedia. Kemudian tekan tombol centang lalu upload surat kuasa. Setelah selesai tekan “Simpan”.

8. Tahapan Selanjutnya dari Daftar GoFood adalah Isi Informasi Pajak dan Lainnya

Data informasi rekening bank telah terisi, maka tahapan selanjutnya adalah mengisi Informasi pajak dan lainnya. Pilihan ini bersifat opsional. Apabila ingin menyertakan info pajak, kamu diwajibkan untuk memiliki dan menggugah NPWP jika ingin menyertakan info pajak.

Masukkan info Tarif pajak PB1 kamu (pilih Tidak ada atau 10%), kemudian masukkan juga info Tarif pelayanan apabila ada (maksimal 10%). Lalu tekan Simpan.

Apabila semua sudah terisi, selanjutnya klik “Lanjut”.

9. Bila Setuju dengan Syarat dan Ketentuan, Klik Kedua Tanda Centang

Setelah itu akan ditampilkan “Syarat dan Ketentuan GoFood dan GoPay”, bila kamu setuju, klik kedua tanda centang yang tersedia, lalu pilih “Kirim Data”.

Daftar makanan di GoFood
Gojek.com

Selamat, pendaftaran kamu sudah selesai. Data usaha kamu akan diproses sesuai dengan jangka waktu yang tersedia.

10. Tunggu Bebeberapa Saat hingga Ada Hasil Pendaftaran GoFood

  • Jika pendaftaran kamu ditolak, perbaiki kolom merah data usaha kamu yang belum sesuai. Setelah selesai, tekan “Lanjut”. Data usaha yang telah kamu perbaiki akan diproses ulang oleh sistem.
Cara daftar GoFood
Gojek.com
  • Jika pendaftaran kamu diterima, klik “Lanjut”, lalu aktifkan restoran kamu dengan mengisi; Jam Operasional, Menu restoran, Profil restoran, berikut detailnya:
    • Tekan tombol Tambah pada Jam Operasional dan atur jadwal operasionalnya sesuaikan dengan restoran Anda.
    • Tekan tombol Tambah pada Menu restoran kemudian buat minimal 1 kategori dengan isi minimal 1 menu aktif untuk dijual.
    • Tekan tombol Tambah pada Profil restoran lalu upload foto banner restoran, kemudian pilih maksimal 3 kategori makanan yang sesuai dengan restoran kamu.
    • Apabila semua sudah terisi, silakan tekan “Aktifkan Sekarang”, dan pendaftara restoran di GoFood kamu sudah selesai, tinggal tunggu pesanan dari para konsumen aja nih!
Gojek.com

Cara Daftar Makanan atau Restoran di GrabFood

Setelah membahas cara daftar GoFood, kini Wokenim ulas cara daftar GrabFood.

Berbeda halnya dengan Gojek, cara daftar GrabFood tak perlu menginstal aplikasi tertentu, ini dia  cara mudah dan cepat jadi merhant GrabFood atau daftar GrabFood:

  • Kunjungi link berikut ini https://www.grab.com/id/merchant/food/
  • Isi formulir daftar GrabFood tersebut, mulai dari nama bisnis/resoran, alamat bisnis atau restoran, kota, nama depan dan belakang pemilik restoran, nomor handphone, alamat email, jumlah pembeli setiap hari, dan catatan atau pernyataan.
  • Setelah formulir daftar GrabFood telah lengkap terisi, kamu akan dikirimkan verifikasi ke email yang kamu daftarkan tadi. Segeralah lakukan verifikasi, pasalnya kamu diberi waktu verifikasi maksimal 72 jam. Bila terlambat, kamu harus mengisi data diri lagi di laman resmi Grabfood. 
  • Apabila selesai melakukan verifikasi, link akan berubah ke halaman help Grab untuk mengisi formulir pendaftaran. Pada formulir pendaftaran ini kamu diwajibkan untuk mengisi nama restoran, jadwal operasional, jenis makana, daftar menu, harga dan foto makanan, dan data lainnya terkait informasi warung kamu. Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, periksa kembali ya data-data yang telah kamu isi.
  • Setelah formulir dan informasi mengenai warung selesai diisi, kamu akan mendapatkan email balasan dari Grab yang berisi perjanjian kerja sama. Pihak Grab juga akan melakukan pengecekan akan data-data yang sudah kamu isi. Jika disetujui, Grab akan mengirimkan kamu email verifikasi.
  • Tahapan selanjutnya kamu juga diharuskan melakukan pendaftaran OVO.
  • Semua proses selesai, kamu akan dikirimkan materi tentang penggunaan aplikasi GrabFood dan cara mengaktifkan akun.
Baca juga:  Kode Promo Grab 2021: GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, GrabMart

Itulah cara daftar GoFood dan GrabFood, jadi sudahkan restoran milik kamu join?

KPR BPJS Ketenagakerjaan

Cara Punya Rumah dengan KPR BPJS Ketenagakerjaan 2021

gaji perangkat desa 2020

Gaji Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa 2021