Cara dan Syarat Perpanjang Paspor 2019 Secara Online

vietnamimmigration.com

Syarat perpanjang paspor 2019 mudah kok, karena bisa dilakukan di Mal Pelayanan Publik, tanpa harus datang ke kantor Imigrasi.

Sebelum membahas cara dan syarat perpanjang paspor 2019 lebih lanjut, kita bahas dulu ya mengenai kapan kamu harus perpanjang paspor.

Kapan perpanjang paspor dilakukan?

Jawabannya: apabila masa berlaku paspor sudah kurang dari 6 bulan.

Pasalnya bila masa berlaku paspor kamu kurang dari enam bulan, bisa dipastikan kamu tidak diizinkan untuk ke luar negeri. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Eits, tapi kebijakan mengenai masa berlaku minimum paspor ini tergantung negara tujuan, untuk negara yang membebaskan visa, peraturannya sama, yakni usia paspor minimal enam bulan untuk bisa masuk ke negaranya.

Nah, supaya liburan kamu nyaman, ada baiknya cek terlebih dahulu masa berlaku paspor kamu, apabila masa berlaku kurang dari 6 bulan ada baiknya lakukan perpanjang paspor 2019.

Syarat Perpanjang Paspor 2019

Beberapa dokumen persyaratan yang harus kamu penuhi untuk lakukan perpanjang paspor:

  1. Untuk pemegang paspor yang diterbitkan di atas tahun 2009, syarat perpanjang paspor membawa paspor lama, beserta e-KTP.
  2. Sedangkan bila kamu pemegang paspor yang dicetak di bawah tahun 2009, sertakan paspor lama, e-KTP, beserta Kartu Keluarga asli dan fotokopinya.
  3. Selanjutnya bawa fotokopian akta kelahiran atau ijazah (SD/SMP/SMA), surat/buku nikah, atau surat baptis yang asli beserta fotokopinya (Pilih salah satu dokumen saja). Pastikan pada dokumen yang dipilih terdaftar informasi tentang nama lengkap, tempat & tanggal lahir, dan nama kedua orang tua.

Cara Perpanjang Paspor 2019

Cara termudah untuk perpanjang paspor adalah dilakukan secara online, nah begini tahapannya:

perpanjang paspor 2019

1. Kunjungi website antrian imigrasi online atau instal aplikasi layanan paspor online

  • Kunjungi website Imigrasi di antrian.imigrasi.go.id. Setelah itu, pilih menu “Masuk” untuk kamu yang sudah memiliki akun, dan pilih menu “Sign in with Google” atau “Masuk dengan Facebook” bagi kamu yang belum memiliki akun.
  • Selain bisa dilakukan di website Imigrasi, pendaftaran antrian perpanjang paspor 2019 juga bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi “Layanan Paspor Online” secara gratis di Play Store dan App Store. 

2. Isi registrasi form secara lengkap dan benar

Tahapan selanjutnya adalah mengisi semua data yang dibutuhkan dengan benar dalam kolom Registrasi Form. Setelah semua data yang yang dibutuhkan terisi dengan benar, maka selanjutnya adalah klik menu Simpan.

perpanjang paspor 2019

3. Pilih kantor Imigrasi atau Mall Pelayanan Publik terdekat dan tentukan jadwal 

Pilih Kantor Imigrasi terdekat dengan klik Buat Permohonan. Nantinya menu Registrasi Permohonan Antrian ditampilkan di layar. 

Pilih tanggal, waktu (pagi atau siang), lalu isi jumlah pemohon. Selanjutnya isi registrasi pengantri. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode antrian untuk ditujukan kepada petugas Imigrasi. itu Anda akan mendapatkan Kode Antrian untuk ditunjukan ke petugas imigrasi.

File tersebut kemudian di-print dan kemudian dibawa saat  saat mendatangi kantor Imigrasi. Tidak hanya membawa bukti cetak itu saja, kamu  juga harus membawa syarat dan kelengkapan lain untuk memperpanjang paspor yang sudah diulas di atas.

4. Datang ke kantor Imigrasi atau Mall Pelayanan Publik sesuai jadwal dan lakukan pembayaran

Setelah kamu datang ke kantor Imigrasi sesuai jadwal yang kamu tentukan, nantinya petugas akan memeriksa, apakah akte lahir atau ijazah asli, kartu keluarga, KTP dan paspor lama sudah sesuai termasuk fotokopi berkas tersebut. Apabila ada perbedaan data, maka sistem akan menolak.

Jika sudah sesuai, petugas akan memberikan map berisi formulir yang harus diisi dengan pulpen warna hitam.  Selanjutnya, petugas akan mengambil foto biometrik dan melakukan wawancara serta memberi lembar untuk pembayaran biaya paspor sekaligus bukti untuk pengambilan paspor. 

Pembayaran sebaiknya langsung dilakukan di hari yang sama di Bank Persepsi (bank yang bekerja sama dengan pihak Imigrasi, contohnya; BNI, Mandiri, BCA terdekat). Setelah pembayaran selesai,, teller akan memberikan bukti pembayaran dan langsung dikirim sesuai dengan formulir pengambilan paspor. 

Jika tidak ada masalah paspor tersedia 3-4 hari kerja setelah membayar biaya paspor di bank. Namun sebaiknya ikuti informasi dari petugas saat wawancara untuk tahu hari pengambilan paspor jika sudah selesai.

Berikan Komentar Anda

Daftar Drama Korea Terbaik yang Tayang Agustus 2019

izin cuti dadakan

Bolehkah Karyawan Izin Cuti Dadakan? Ini Jawabannya