Now Reading
Cara Tercepat Lihat Pesan WA yang Terlanjur Dihapus oleh Pengirim, Bye Kepo!

Cara Tercepat Lihat Pesan WA yang Terlanjur Dihapus oleh Pengirim, Bye Kepo!

cara menampilkan pesan wa yang dihapus

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, pengguna WhatsApp (WA) bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim. Bagi pengirim pesan, fitur ini tentu sangat membantu untuk menghilangkan jejak pesan yang tidak perlu atau dirasa kurang pantas dikirim ke si penerima.

Namun, lain halnya bagi si penerima. Notifikasi WA yang terlanjur masuk ke ponsel jelas bikin penasaran untuk melihat isi yang sebenarnya. Untungnya, ada cara mudah dan cepat untuk melihat atau mengembalikan pesan (chat) WA yang sudah terlanjur dihapus.

Penasaran? Yuk, lihat panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Sebagai aplikasi chatting, WhatsApp menawarkan banyak fitur yang membantu mempermudah para pengguna dalam bertukar informasi. Salah satu fitur populer yang banyak disukai adalah “Delete for Everyone“.

Fitur ini memungkinkan pengirim pesan menghapus pesan yang tidak diinginkan ke penerima. Meski bagi beberapa orang fitur tersebut sangat membantu, tapi sebagian orang justru merasa tidak nyaman. Alasannya sederhana, pesan yang terlanjur dihapus sebelum dibaca menyisakan rasa penasaran yang kuat.

Namun, jangan khawatir. Kamu bisa melihat isi pesan yang terlanjur terhapus tersebut tanpa harus menginstal aplikasi di ponsel.

tipe hp whatsapp
Shutterstock.com

Berikut panduan lengkap yang bisa dicoba:

  • Buka File Manager di ponsel.
  • Kemudian, bukalah File Internet. Pilih folder WhatsApp. Lalu databases.
  • Cadangkan semua data yang ada di dalam databases tersebut dalam format MsgstoreYYYYMMDD.db.crypt** (YYYY adalah tahun, MM bulan, dan DD hari pengembalian chat).
  • Buat folder baru dan salin file cadangan yang sudah dibuat tadi ke dalam folder tersebut. Ubah data cadangan tadi menjadi Mgstore.db.crypt** (pastikan nama sama, ya!)
  • Bila data sudah tersalin, hapus/uninstall aplikasi WA yang ada di ponsel. Pastikan proses uninstall benar-benar selesai.
  • Langkah selanjutnya, instal lagi aplikasi WA di ponsel.
  • Pilih Pulihkan.
  • Setelah proses pemulihan selesai, kamu bisa membaca pesan yang sudah terhapus.

Cara di atas akan sedikit memakan waktu dan mungkin hanya efektif untuk di ponsel jenis tertentu. Selain itu, penting untuk dipahami bahwa cara di atas hanya berlaku untuk chat WA yang kurang dari 7 hari.

Untuk chat wa yang lebih dari 7 hari, maka cara ini tidak bisa dilakukan atau chat tidak bisa dikembalikan.

Baca juga:  Ini Rahasia WhatsApp Gratis Tanpa Kuota Internet Sepeser Pun

Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus dengan Aplikasi

Pakai Aplikasi Recent Notification

ciri-ciri dan cara mengetahui whatsapp (WA) disadap
Digital Trends

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melihat pesan maupun mengembalikan pesan WA yang dihapus adalah dengan menginstal aplikasi tambahan, yaitu Recent Notification. Tenang, cara instal aplikasi ini mudah, kok!

  • Bagi pengguna Android, kamu cukup mengunduhnya di Play Store.
  • Setelah itu, berikan izin pada aplikasi ini untuk mengakses notifikasi di ponselmu.
  • Ketika kamu ingin melihat isi chat yang dihapus, kamu tinggal masuk ke aplikasi tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, lalu semua pesan yang masuk ke ponselmu akan terlihat jelas di aplikasi Recent Notification. Entah itu pesan yang masuk atau yang sudah terhapus.
Baca juga:  Biar Makin Seru Chattingan, Begini Cara Bikin Tulisan Unik di WA Tanpa Aplikasi

Mengunduh Aplikasi WahtsRemoved+

Cara bikin tulisan unik di whatsapp
Foto: Shutterstock

Cara lain yang bisa dilakukan untuk melihat pesan WA yang dihapus adalah dengan menginstal aplikasi WhatsRemoved+.

Yang menarik, aplikasi ini tidak hanya menampilkan pesan di WA saja, melainkan juga dapat menampilkan semua isi pesan yang ada di akun sosial mediamu. Mulai dari Twitter, Facebook, hingga Instagram.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, cara penggunaan aplikasi ini pun mudah dan praktis. Kamu dapat mengunduh aplikasinya di Play Store, klik link berikut.

Setelah aplikasi terunduh, lakukan beberapa langkah di bawah:

  • Tekan tombol “Accept/terima” bila kamu setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada aplikasi WhatsRemoved+.
  • Kemudian, pilih aplikasi chatting yang akan digunakan (misalnya WA) supaya WhatsRemoved+ dapat mengakses notifikasi WA yang masuk ke ponsel. Bila kamu ingin mendeteksi lebih dari satu aplikasi, cukup centang aplikasi lain sesuai yang kamu butuhkan. Selanjutnya, klik “Next”.
  • Aplikasi akan meminta izin untuk mendeteksi dan menyimpan segala file yang sudah dihapus oleh pengirim pesan. Tekan “Yes, Save File” bila kamu setuju dengan hal tersebut.

Tada! Aplikasi ini pun siap digunakan untuk melihat maupun mengembalikan isi pesan (chat) yang sudah dihapus. Jadi, kamu enggak perlu lagi kepo atau penasaran ketika ada satu pesan WA yang dihapus dari si pengirim.

Baca juga:  Catat! Ini Tanda WA Kamu Diblokir dan Cara Tercepat untuk Membuka Blokirannya

close