Langkah Demi Langkah Pakai Produk Skin Care Malam yang Tepat dan Benar

Biar kulit glowing maksimal~

Panduan cara memakai produk skin care
Foto: Shutterstock

Setelah seharian beraktivitas, kulit wajah perlu dibersihkan. Sayangnya, cuci muka dengan sabun pembersih saja tidak cukup untuk benar-benar menghilangkan kotoran yang menempel di kulit. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memakai lebih dari satu produk skin care. Selain membuat kulit wajah bebas dari kotoran, cara tersebut juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan kulit kamu secara menyeluruh.

Panduan Cara Memakai Produk Skin Care

Ada banyak jenis produk skin care yang beredar di pasaran. Apa pun jenis produk skin care yang kamu gunakan, pastikan kamu tahu urutan cara memakainya. Jika tidak, produk skin care tidak akan bekerja secara optimal, alhasil kamu pun tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Kamu tentu tak mau ‘kan hal ini terjadi? Apalagi kalau produk skin care yang kamu beli harganya lumayan menguras kantong. Nah, tanpa panjang lebar, berikut urutan cara memakai produk skin care yang perlu kamu perhatikan baik-baik.

1. Make up remover

Urutan cara memakai skin care yang tepat dan benar dimulai dengan membersihkan sisa makeup atau kosmetik dengan make up remover.

Usapkan kapas yang sudah diberi cairan make up remover secara lembut dan perlahan di seluruh area wajah. Pastikan arah gerakan usapannya ke atas, bukan ke bawah untuk mencegah kulit wajah keriput atau mengendur.

Setelah itu, basuh wajah kamu dengan air hangat.

Baca juga:  Inspirasi Makeup Idol Korea untuk Pesta Tahun Baru

2. Facial wash

Setelah dibersihkan dengan make up remover, cara selanjutnya adalah menggunakan produk skin care khusus untuk mencuci muka. Eits, jangan kamu pikir cuci muka hanya sekadar membasahi wajah dengan air saja. Kamu perlu produk facial wash alias sabun muka.

Sabun cuci muka membantu membersihkan debu, polusi, dan kotoran yang menempel di kulit. Wajah yang bersih memudahkan produk selanjutnya menempel dan meresap ke dalam kulit kamu.

Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kalau kulit kamu kering, pilihlah sabun cuci muka yang kaya akan kandungan pelembap.

Bagi kamu pemilik kulit berjerawat, pilihlah produk yang tidak mengandung scrub. Alih-alih meredakan jerawat, butiran scrub yang kasar malah akan mengiritasi kulit sekaligus memperparah masalah jerawat kamu.

Sementara jika kulitmu termasuk yang sensitif, hindari pembersih dengan kandungan asam, parfum, pewarna, dan bahan-bahan keras lainnya.

Baca juga:  Bedak Tabur Vs Bedak Padat, Mana yang Lebih Baik?

3. Toner

Toner termasuk dalam rangkaian perawatan kulit yang tak boleh kamu lewatakan. Pasalnya, toner membantu proses penyerapan produk selanjutnya lebih maksimal ke dalam kulut.

Cara memakai skin care satu ini cukup mudah. Setelah memastikan kulit bersih, kamu hanya perlu menuangkan cairan toner secukupnya pada kapas. Lalu tepuk-tepuk kapas pelan-pelan tadi ke seluruh kulit wajah kamu.

Trik lainnya, letakkan toner di beberapa titik wajah, lalu baurkan secara lembut menggunakan jari jemari tanpa memberi tekanan. Kemudian, tepuk-tepuk ringan menggunakan tangan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa menit supaya produk dapat meresap sempurna ke kulit.

4. Serum

Setelah toner dirasa sudah meresap ke kulit, kamu bisa langsung menimpanya dengan serum. Serum ini semacam suplemen vitamin untuk kulit wajah. Fungsinya membantu mendorong regenerasi kulit, mencerahkan, hingga melawan keriput, jerawat, dan noda hitam,

Banyak orang mengira bahwa serum dan pelembap adalah dua hal yang sama. Padahal, tidak begitu. Serum mengandung bahan aktif yang lebih kaya dan konsentrasi yang lebih tinggi dari pelembap. Tak heran bila harga serum lebih mahal ketimbang pelembap wajah.

Cara memakai skin care ini sebenarnya sama ketika kamu pakai toner tadi. Balurkan serum ke kulit wajah lalu tekan atau tepuk-tepuk dengan lembut supaya bahan aktifnya meresap ke kulit. Tunggu sekitar 1 menit untuk lanjut ke rangkaian skin care selanjutnya.

Baca juga:  Punya Jerawat Punggung? Cara Ini Bisa Memusnahkannya

5. Pelembap

Seperti namanya, pelembap membantu melembapkan kulit supaya kulit kamu tidak mengalami kekeringan. Walaupun kelihatannya cukup dioleskan ke kulit, pakai pelembap nyatanya tidak boleh sembarangan.

Cara memakai skin care ini cukup ditotol-totolkan di seluruh wajah. Kemudian, ratakan dari sisi terluar menuju bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas. Pijat pelan-pelan dengan gerakan melingkar lembut dimulai dari garis rahang menuju dahi dan berakhir di area sekitar hidung. Pijatan ini selain membantu mempermudah penyerapan produk juga membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah.

Jangan lupa oleskan krim pelembap di bagian leher karena bagian tubuh satu ini juga memerlukan perawatan.

6. Sunscreen

Rangkaian di atas dapat digunakan pada malam dan siang hari. Namun khusus pada siang hari tambahkan rangkaian perawatan kulit kamu dengan pemakaian sunscreen atau tabir surya. 

Produk skin care satu ini membantu melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari. Sinar matahari memang baik untuk tubuh, tapi terlalu banyak terpapar juga tidak baik karena dapat memicu penuaan dini dan bahkan kulit terbakar. 

Selain di kulit wajah, sunscreen juga wajib digunakan di seluruh tubuh agar kulit kamu terlindungi sempurna. 

Kalau kamu benar-benar memahami cara memakai skin care di atas, punya kulit bersih dan sehat bukan impian semata. Jadi, biasakan untuk selalu melakukan rangkaian perawatan di atas setiap hari, ya!

Baca juga:  13 Kosmetik Korea Terbaik 2019 Menurut Pakar Kecantikan

zodiak paling bucin

5 Zodiak yang Terkenal Paling Bucin, Cintanya ke Pasangan Tanpa Batas Deh!

pendaftaran utbk-sbmptn 2020

Sah! Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Diadakan Awal Juni, Ini Detail Lengkapnya!