Sering Disepelekan, Ternyata Begini Cara yang Tepat untuk Membersihkan Gunting Kuku

Bye-bye cantengan~

Freepik

Meski tampaknya jadi hal remeh, membersihkan gunting kuku nyatanya tidak sesederhana hanya dilap atau dicelup dalam air. Lebih jauh, alat satu ini juga membutuhkan perawatan yang tepat supaya tidak menyebabkan sejumlah masalah kesehatan bagi penggunannya. Ya, tanpa disadari, gunting kuku yang tidak dirawat dengan baik justru bisa jadi biang keladi munculnya cantengan dan infeksi kuku, lho! Makanya, penting untuk mengetahui cara membersihkan gunting kuku yang tepat dan benar.

Gunting Kuku Harus Rutin Dibersihkan

Dalam laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) disebutkan bahwa setiap orang sebaiknya membersihkan perlengkapan perawatan kuku, termasuk gunting kuku, dengan benar setiap kali akan digunakan. Terutama bila alat tersebut digunakan secara bersamaan, sekalipun dengan anggota keluarga sendiri.

Kenapa demikian? Usut punya usut, gunting kuku bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri yang berkoloni ini bisa muncul dari kotoran kuku orang yang terinfeksi dan dibiarkan menempel di gunting kuku dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, bila kamu asal pakai gunting kuku tanpa dibersihkan lebih dulu, maka risiko kamu tertular penyakit dari orang lain sangatlah besar. Infeksi pada kuku bisa berupa cantengan, penebalan kuku, dan lain sebagainya.

Berbagai infeksi tersebut dapat menyebabkan bengkak dan rasa nyeri yang intens. Bahkan dalam kasus yang serius, infeksi di kuku perlu perawatan medis khusus.

Baca juga:  7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Terbaik

Cara Membersihkan Gunting Kuku

cara membersihkan gunting kuku
Shutterstock

Membersihkan gunting kuku tak hanya sekadar dilap atau direndam dengan air. Berikut panduan cara membersihkan gunting kuku yang perlu diperhatikan baik-baik.

Persiapkan Alat yang Tepat

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan gunting kuku di antaranya air bersih, alkohol 70%, sikat kecil (bisa pakai sikat gigi), dan sabun antibakteri.

Campur Air dan Alkohol

Setelah semua bahan siap, cara membersihkan gunting kuku selanjutnya adalah meracik larutan pembersih.

Siapkan sebuah wadah lalu campurkan alkohol 70% dengan air bersih. Perbandingan alkohol dengan air adalah 1:10.

Rendam Gunting Kuku

Masukkan gunting kuku dalam wadah yang sudah berisi campuran alkohol dan air bersih. Rendam gunting kuku setidaknya selama 10 menit.

Bersihkan Gunting Kuku dengan Sikat

Selesai diredam, cara berikutnya adalah membersihkan gunting kuku dengan sikat kecil.

Supaya bakteri dan kuman yang menempel di gunting kuku mati, maka lumuri gunting kuku dengan sabun antibakteri. Kemudian gosok-gosok bagian pisau gunting kuku yang bersentuhan langsung dengan kuku dan kotoran sampai bersih.

Pastikan bagian gunting kuku lainnya juga dibersihkan dengan sempurna.

Bilas dan Keringkan

Bila seluruh bagian gunting kuku sudah tersikat sempurna, kamu bisa membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Selanjutnya keringkan gunting kuku menggunakan lap kering yang bersih.

Setelah itu, simpan gunting kuku di tempat yang bersih dan kering. Cara membersihkan gunting kuku satu ini perlu diperhatikan untuk menghindari kemunculan jamur dan bakteri karena gunting kuku dibiarkan dalam keadaan lembap.

Baca juga:  Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan #Dirumahaja, Hemat Uang dan Ampuh Usir Bosan

ppdb online 2020

PPDB Online 2020: Persyaratan Pendaftaran SD, SMP, SMA

Lirik Lagu TXT Can’t You See Me dan Terjemahannya