Cara Membuat Bakpao Pandan Isi Coklat yang Lembut

Yummy!

cookpad.com/Inneke Puspita

Bakpao merupakan makanan yang paling digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Teksturnya yang lembut dan empuk membuat banyak orang menyukai makanan khas satu ini. Seperti kita ketahui, bakpao bukanlah makanan khas Indonesia. Melainkan bakpao itu sendiri adalah makanan khas cina (Masyarakat Tionghoa) yang kini telah beradaptasi di Indonesia. Menurut bahasa cina, bakpao memiliki makna tersendiri yakni “Bak” berarti daging dan “Pao” berarti bungkusan. Jadi, bakpao adalah makanan khas cina yang berisi daging dan cara membuatnya dengan dibungkus.

Setelah berkembang di Indonesia, bakpao tidak hanya berisi daging. Kini ada banyak varian isi bakpao mulai dari kacang merah, ayam, coklat, hingga kelapa. Dengan varian isi bakpao tersebut tentunya menyesuaikan lidah orang Indonesia. Makanan ini banyak dijual baik di pedagang keliling hingga restoran. Harganya pun terjangkau.

Cara Membuat Bakpao Kukus Pandan Isi Cokelat yang Lembut dan Empuk

Nah, bagi kamu yang sangat suka makan bakpao atau ingin makan bakpao, dari pada membeli mending kamu buat sendiri saja di rumah! Cara membuat bakpao sangat mudah. Pada artikel ini, ada resep membuat bakpao untukmu yakni bakpao pandan isi coklat. Tentunya bakpao buatanmu akan menjadi super lembut dan empuk serta anti gagal. Ingin tahu cara membuatnya? Yuk dilihat!

Resep Bakpao Pandan Isi Coklat

Resep bakpao ini tentunya tidak sulit, lho! Kamu bisa membuatnya di mana saja baik di rumah maupun di kos. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat praktis dan murah. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya. Nah, berikut cara membuat bakpao pandan isi coklat yang lembut dan empuk:

Siapkan bahan-bahan:

  • 100 ml air matang
  • 3 sdm gula putih/gula pasir
  • ½ sdm ragi
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • ¼ sdm garam
  • ¼ sdm pasta pandan/pasta hijau
  • 3 sdm minyak kelapa/goreng
  • ¼ sdm baking powder
  • Coklat batang/ceres coklat secukupnya (sesuai selera)

Cara membuatnya:

  1. Siapkan air matang di mangkuk. Lalu tambahakan 3 sdm gula pasir/gula putih.
  2. Tambahkan ragi yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk. Aduk-aduk hingga air, gula dan ragi tercampur merata.
  3. Diamkan selama 15 menit. Apabila setelah didiamkan terdapat buih, maka ragi yang digunakan masih bagus untuk membuat bakpao. Aduk-aduk kembali.
  4. Masukkan tepung terigu protein ke dalam wadah. Jika sudah, tambahkan garam dan baking powder secara bersamaan. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan adonan bakpao. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.
  5. Tuang air ragi yang sudah dibuat ke dalam tepung terigu protein. Selagi air meresap, tambahkan pasta pandan/pasta hijau ke dalam adonan sesuai ukuran. Aduk-aduk hingga adonan bakpao berubah menjadi warna hijau.
  6. Agar lebih merata, kamu bisa menguleni adonan dengan tangan. Jika warna sudah tercampur sebagian dengan adonan, tambahkan minyak untuk warna lebih merata. Lalu uleni lagi dan bulatkan.
  7. Tutup adonan bakpao menggunakan plastik atau kain selama 40 menit. Hal ini bertujuan agar adonan bakpao mengembang.
  8. Jika sudah 40 menit, buka kembali plastik atau kain. Kempiskan lalu taruh adonan di atas talenan yang sudah diolesi tepung (agar tidak lengket).
  9. Bagi adonan menjadi beberapa bagian secara merata. Kamu bisa menggunakan pisau atau serokan sambal.
  10. Bulatkan kembali adonan yang sudah dibagi. Lalu tutup kembali menggunakan plastik atau kain dan diamkan selama 15 menit.
  11. Jika sudah mengembang, pipihkan adonan. Lalu masukkan isian coklat batang atau ceres coklat (sesuai selera) pada adonan bakpao.
  12. Tutup adonan yang sudah diisi coklat seperti kamu membuat pangsit. Dan taruh di atas kertas baki yang biasa digunakan untuk bakpau. Lalu lakukan pada bulatan lainnya.
  13. Apabila sudah selesai semua, diamkan kembali bakpao selama 15 menit sambil menunggu air kukusan mendidih. Setelah itu, kukus bakpao selama 15 menit.
  14. Angkat bakpao dan sajikan. Bakpao pandan isi coklat siap disantap!

Mudah, kan? Kamu bisa membuatkan bakpao buatanmu sendiri untuk keluarga, teman kantor atau teman sekosmu. Bahkan, kamu bisa menjualnya juga. Selamat mencoba!

Baca juga:  Cara Membuat Cilok Empuk Sederhana, Dijamin Ketagihan!

nonton serial beyond evil monster sub indo

Nonton Beyond Evil Sub Indo di Situs Streaming Gratis

dusun semilir

Dusun Semilir: Harga Tiket 2021, Wahana, dan Penginapan