Cara Buat Lip Balm Berwarna Pakai Bahan Alami, Super Praktis Anti Ribet

Lip balm bikin bibir tetap lembap dan sehat

pelembap bibir lip balm berwarna
Getty Images

Lip balm alias pelembap bibir merupakan salah satu barang esensial untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan bibir. Tentu kamu enggak mau, kan, bila si bibir terlihat kusam, kering, hingga pecah-pecah? Nah, makanya, penting untuk rutin menggunakan lip balm. Namun, jika stok lip balm di rumah sudah habis dan kamu terlalu malas untuk membelinya di toko, kamu bisa, lho, bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Yuk, simak cara buat lip balm berwarna dengan bahan-bahan alami di bawah ini.

Lip Balm Berwarna dengan Kandungan Madu

Tahukah kamu bahwa lip balm yang dibuat sendiri di rumah tak kalah bagusnya dengan produk lip balm yang ada di pasaran? Ya, selain lebih murah, lip balm yang dibuat sendiri juga umumnya bebas dari bahan kimia buatan. Alhasil, kamu bisa merasakan manfaat yang lebih optimal.

Usut punya usut, madu bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat lip balm. Hal ini karena madu mengandung suatu zat yang mampu menjaga kelembapan kulit, termasuk bibir. Tak heran bila madu banyak ditambahkan dalam produk-produk perawatan diri.

Untuk membuat lip balm madu, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan lain yang meliputi beeswax (lilin lebah) dan minyak esensial. Lilin lebah sendiri berfungsi untuk memberikan stabilitas pada lip balm, sedangkan minyak esensial sebagai sumber wewangian alami. Kamu juga butuh minyak kelapa sebagai bahan campuran.

Secara umum, berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 1/2 cup beeswax
  • 1/4 cup minyak kelapa
  • 10-12 tetes minyak esensial oil lemon
  • 1 sendok teh madu
  • Wadah untuk tempat lip balm
Baca juga:  Rekomendasi Lipstik Nude Drugstore yang Murah tapi Enggak Murahan

Cara Buatnya Ternyata Mudah Banget!

cara buat lip balm berwarna sendiri
1 Million Women

Berikut cara buat lip balm yang perlu diperhatikan baik-baik:

  1. Tempatkan beeswax dan minyak kelapa dalam mangkuk kaca tahan panas.
  2. Dalam panci sedang, panaskan 1 1/2 gelas air sampai mendidih.
  3. Dengan hati-hati, tempatkan piring kaca di atas panci dan biarkan lilin mencair. Aduk-aduk supaya lilin tercampur sempurna dengan minyak kelapa. Angkat.
  4. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon dan madu. Aduk-aduk lagi.
  5. Segera tempatkan ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat. Kamu bisa menggunakan corong kecil supaya tidak tumpah-tumpah.
  6. Diamkan sampai teksturnya berubah padat.
  7. Setelah itu, simpan di tempat kering dan sejuk.

Gimana, mudah dan cepat bukan cara membuatnya? Oh, ya, selain minyak lemon, kamu juga bisa menggunakan jenis minyak esensial lainnya yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Sebut saja minyak lavender, lemongrass, mawar, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pastikan kamu tidak sensitif atau punya alergi dengan minyak esensial yang digunakan. Hal ini penting untuk diperhatikan guna mencegah reaksi di kulit yang tidak diinginkan nantinya.

Selamat mencoba, ya!

Baca juga:  13 Merek Lipstik Lokal Murah di Bawah Rp50 Ribu yang Awet dan Nyaman Dipakai

karakter superhiro wanita tangguh

Berkenalan dengan 5 Karakter Superhero Wanita yang Tangguh

kalkulator upah lembur

Perhitungan Upah Lembur Sesuai Peraturan di Indonesia