Cara Membuat Lupis Lontong yang Enak dan Legit

Cocok untuk acara besar!

cara membuat kue lupis

Kue lupis adalah salah satu jenis kue tradisional khas Indonesia. Kue lupis biasa dijadikan sebagai makanan utama untuk acara besar seperti kumpul keluarga, acara kantor, rapat RT/RW dan sebagainya. Berbahan dasar beras ketan, kue satu ini dapat membuat perutmu akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, parutan kelapa dan gula yang ditabur di atas kue ini juga dapat menimbulkan cita rasa yang khas saat memakannya. Saking enaknya, kue ini bisa membuatmu ketagihan, lho!

Panduan Cara Membuat Lupis Lontong

Cara membuat lupis lontong sebetulnya mudah, tapi dibutuhkan keuletan dan kesabaranmu. Hal itu dikarenakan proses membuatnya akan memamakan waktu hingga berjam-jam.

Jangan khawatir, walaupun prosesnya memakan waktu yang lama, jerih payahmu akan terbayarkan dengan enaknya kue tradisional yang satu ini. Ingin mencoba membuatnya sendiri? Ikuti langkah membuatnya di bawah ini, ya!

Siapkan bahan-bahan:

  • 2 liter beras ketan
  • Daun pisang (sesuai kebutuhan). Disarankan memilih daun yang lebar dan panjang agar lebih mudah melipatnya
  • Garam secukupnya
  • 1 kg gula merah
  • 1 kelapa parut bersih

Siapkan alatnya:

  • Tali
  • Alat cetak (bisa bambu ukuran sedang atau alat lain agar membuat bentuk lontong)

Cara membuat air gula:

  1. Siapkan langseng kecil atau lainnya.
  2. Masukkan 1 kg gula merah dan air secukupnya hingga gula terendam.
  3. Masak gula merah sekitar 1 jam hingga memuruh dengan volume api besar.
  4. Dan jangan lupa untuk terus mengaduk agar tidak kental. Apabila gula sudah memuruh, angkat lalu dinginkan di depan kipas angin.

Cara membuat taburan kelapa:

  1. Pastikan kelapa sudah diparut bersih dan halus. Jika sudah, tuang parutan kelapa pada saringan besek.
  2. Panaskan air di langseng. Lalu taruh parutan kelapa pada langseng memakai saringan.
  3. Kukus selama satu jam. Setelah itu, angkat dan dinginkan di depan kipas angin.

Cara membuat kue lupis:

cara membuat kue lupis
IG: @terkenang.rasa
  1. Rendam ketan selama 6-8 jam. Kamu bisa melakukannya di malam hari agar saat pagi kamu bisa langsung membuatnya. Setelah direndam, tiriskan sekitar 2 jam. Selama menunggu, alangkah baiknya kamu menjemur daunnya lalu potong sesuai ukuran.
  2. Masukkan ketan ke dalam baskom besar lalu taburkan garam secukupnya ke setiap sudut ketan. Aduk hingga garam tercampur rata.
  3. Ambil daun yang sudah dipotong sesuai ukuran. Bentuk daun mengikuti bambu dengan menggulungnya. Ikat bagian tengah terlebih dahulu dengan tali agar tidak mudah terlepas dan sisakan ujung tali. Apabila sudah terikat, lepaskan bambu dari daun.
  4. Lipat daun bagian bawah agar saat dimasukkan beras ketan tidak keluar dari daun.
  5. Masukkan ketan hingga penuh atau hingga ruang daun terisi. Saat memasukkan ketan ke daun disarankan tidak terlalu padat karena akan menyebabkan kekerasan dan bantet pada kue.
  6. Lipat kembali daun bagian atas untuk menutupi. Setelah itu, ikat gulungan daun dengan tali di mulai bagian bawah lalu ke atas dan diikat lagi. Dan lakukan lagi dengan melingkari gulungan daun ketan tersebut.
  7. Ujung tali yang tersisa pada ikatan bagian tengah berguna untuk mengunci ikatan lupis. Gulungan lupis tidak akan terbuka jika kamu menguncinya pada ikatan tersebut. Ikatkan ujung tali yang tersisa.
  8. Lakukan hal sama pada ketan berikutnya. Jika sudah selesai, siapkan langseng besar dan masukkan gulungan ketan ke dalamnya. Lalu tambahkan air sampai memenuhi langseng besar serta kue lupisnya mengambang.
  9. Rebus kue lupis di kompor dengan api besar selama 7-8 jam. Apabila sudah, kue lupis siap disantap dengan gula dan kelapa secara bersama-sama.

Mudah, kan? Kamu bisa menyajikan kue enak satu ini saat berkumpul di acara besar. Keluarga dan teman kantormu pasti akan menyukainya. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:  Resep Tumis Kangkung Tanpa Saus Tiram, Mudah Banget!

lirik lagu no diggity oneus

Lirik Lagu No Diggity ONEUS Terjemahan Indonesia

cara bisa bahasa inggris

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Les ala Nessie Judge