Cara Membuat Martabak Manis, Mudah dan Low Budget!

Resep khusus anak kost

cara membuat martabak manis
selerasa.com

Martabak manis merupakan makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan oleh warga keturunan Tionghoa. Sebelum dikenal sebagai martabak, makanan yang satu ini dinamakan Hok Lo Pan yang berarti kue orang Hok Lo.

Penjual martabak manis sangat mudah ditemukan di Indonesia, sepadan dengan penikmatnya. Martabak manis memiliki banyak varian, mulai dari kacang cokelat, ketan, hingga rasa selai buah. Bahkan sekarang dapat dijumpai martabak berukuran kecil yang dinamakan martabak mini. Harga martabak manis pun relevan, pasarannya mulai dari Rp20.000.

Jika kamu ingin menikmati kelezatan martabak manis dengan low budget, berikut ini Wokedotid rangkum resep dan cara membuat martabak manis teflon berdasarkan pengalaman dari seorang warganet bernama Omat Jajan.

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Bahan yang diperlukan untuk membuat martabak manis adalah sebagai berikut:

  • Tepung Terigu 250 gram
  • Telur 2 buah
  • Susu bubuk kemasan 300 ml
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Vanili 1 sendok teh

Untuk toppingnya, sesuaikan dengan selera kamu. Bila kamu penggemar rasa cokelat, kamu bisa menggunakan meses, atau untuk kamu si pencinta keju, bisa menambahkan parutan keju di atasnya.

2. Campurkan bahan

Langkah selanjutnya dalam membuat martabak manis dengan teflon rumahan adalah memasukkan tepung terigu, garam, dan gula pasir ke dalam wadah lalu aduk hingga rata.

Kocok telur di wadah terpisah, kemudian seduh susu menggunakan air hangat. Jika sudah, masukkan telur tadi ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Lalu masukkan susu hangat secara perlahan-lahan hingga adonan mengental.

3. Simpan adonan menggunakan kain lembab

Jika adonan martabak sudah kental, saatnya kamu menyiapkan kain bersih yang dibasahi dengan air lalu buat kain tersebut menjadi lembab. Tutup wadah adonan martabak menggunakan kain lembab jauhi dari sinar matahari selama 45 menit.

4. Masukkan soda kue

Hal terpenting dalam cara membuat martabak manis yang benar adalah untuk tidak lupa memasukkan soda kue ke dalam adonan. Perlu diingat bahwa jangan terlalu banyak memberikan soda kue karena akan berpengaruh terhadap hasilnya. Jadi, berikan 1 sendok teh saja. Lalu aduk hingga rata sampai terlihat gelembung-gelembung kecil dalam adonan.

5. Panaskan teflon

Panaskan teflon yang dioles dengan mentega dengan api kecil. Jika mentega sudah cair, masukkan adonan tadi ke dalam teflon, ratakan.

Tunggu adonan hingga permukaannya terlihat bolong-bolong. Taburi gula pasir lalu tutup teflon hingga bagian atas martabak manis dirasa sudah matang.

YouTube: Luksunshine

6. Angkat perlahan

Jika sudah matang, angkat adonan secara perlahan-lahan agar bentuknya tidak rusak. Oleskan mentega lalu beri topping sesuai selera. Selamat menikmati!

Baca juga:  Cara Membuat Mie Sayur Organik di Rumah, Gampang dan Sehat!

drama korea terbaik

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi, Lebih Bagus dari Itaewon Class

The King Eternal Monarch

The King: Eternal Monarch, Situs Nonton dan Download Drakor