Cara Membuat Mie Sayur Organik di Rumah, Gampang dan Sehat!

Enggak kalah enak sama yang suka dijual di warung~

coop.co.uk

Tak dipungkiri bahwa makanan yang menggunakan mie sebagai bahannya memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner. Sebut saja mie instan, ramen, hingga udon. Meski demikian, tidak baik mengonsumsi mie dalam jumlah berlebih. Lalu bagaimana nasib para mie-lovers? Tidak perlu khawatir, untuk kamu yang tetap ingin menyantap kelezatan mi, kamu bisa lho membuat mie sayur organik.

Selain cita rasa yang unik, kamu tetap bisa menjaga kesehatanmu. Berikut ini Wokedotid rangkum cara membuat mie sayur organik berdasarkan resep dari Warganet bernama Sylvi yang membagikan tips nya di akun media sosialnya.

Cara membuat mie sayur organik

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie sayur organik adalah sebagai berikut:

  • Tepung cakra ¼ kg
  • Tepung sagu 1 sendok makan
  • Daun sawi atau bayam 100 gram
  • Wortel
  • Telur 2 buah
  • Air matang 60ml
  • Garam ½ sendok makan

2. Cuci sayuran hingga bersih

Sebelum mulai membuat mie sayur organik, kamu harus mencuci sayuran hingga bersih terlebih dulu. Pastikan, tidak ada kotoran atau ulat yang tertinggal ya!

3. Haluskan menggunakan blender

Setelah sayuran sudah dicuci, masukkan ke dalam blender dan masukkan 60ml air matang. Haluskan sayuran seperti daun sawi atau bayam beserta dengan wortel sampai halus. Namun ingat jangan sampai terlalu kental seperti bubur.

Jika sudah, sayuran yang telah dihaluskan tadi, kamu pindahkan ke wadah dengan cara disaring terlebih dahulu supaya tidak ada sisa daun yang tidak terurai masuk. Dalam step ini, yang dibutuhkan hanyalah sayuran yang larut dalam air atau sudah menjadi jus sayur.

4. Campurkan bahan

Tahapan selanjurnya dari cmembuat mie sayur adalah dengan mencampurkan tepung cakra, sagu, telur, dan garam ke dalam wadah lalu aduk hingga rata.

Selama proses ini, tambahkan jus sayur yang sudah jadi sebelumnta ke dalam adonan secara sedikit demi sedikit sembari diuleni. Adonan dikatakan berhasil apabila tidak terasa lengket di tangan.

Sebagai informasi, kamu bisa menambahkan tepung terigu secukupnya jika adonanmu terasa lengket.

Baca juga:  Cara Membuat Pizza Goreng, Dijamin Maknyus!

5. Bentuk adonan menjadi mi

Jika adonan sudah jadi, bentuk adonan menjadi mie. Kamu bisa menggunakan alat penggiling. Giling adonan hingga menjadi pipih. Untuk ukuran tebal dan bentuk, bisa kamu kreasikan sesuai selera.

Twitter: unknownbitcj
mie sayur
Twitter: unknownbitcj

Langkah kedua, potong adonan yang telah pipih menjadi bentuk mie yang lurus dan panjang. Jika sudah, taburkan tepung agar adonan tidak lengket.

6. Rebus adonan

Langkah terakhir cara membuat mie sayur organik adalah dengan merebus adonan sekitar 3 hingga 5 menit, tergantung dari ketebalan adonan yang kamu buat. Jika mi sudah terlihat kenyal dan matang, angkat dan tiriskan.

7. Sajikan

Mie sayur organik buatan rumah ini bisa kamu sajikan ala mi instan varian goreng maupun rebus. Kamu juga bisa menambahkan telur, sayuran lain, bawang goreng atau bakso sebagai topping di atasnya.

cara membuat mie sayur
Twitter: Lenny_diary
cara membuat mie sayur
Twitter: Lenny_diary

Jika adonan mienya masih sisa, kamu bisa menyimpan di dalam wadah yang kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas. Mi sehat ala rumahan ini bisa bertahan hingga 2 hari.

Nah, itulah cara membuat mie sayur organik sehat buatan rumah yang kami rangkum dari Sylvi. Selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Membuat Pancake dengan Mudah di Rumah

Model jilbab segi empat terbaru

5 Cara Pilih Hijab Motif Biar Enggak Kelihatan Norak

bisnis franchise

10 Bisnis Franchise Makanan Minuman, Modal di Bawah 7 Juta