Cara Membuat Souffle Pancake Fluffy Khas Jepang

Pancake khas Jepang yang selembut kapas~

Cara membuat Souffle Pancake
YouTube: 쏘얌쿠킹 So Yum Cooking
Panekuk atau pancake biasanya dijadikan sebagai menu sarapan. Namun, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, pancake lebih sering dijadikan sebagai dessert. Usut punya usut, pancake sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan teksturnya. Ambil contoh jenis American pancake yang cenderung bertekstur spongey. Sementara Japanese pancake atau yang juga disebut souffle pancake teksturnya lebih fluffy. Nah, kamu bisa dengan mudah membuat souffle pancake lembut ala Jepang di rumah, lho!
Bagaimana caranya? Yuk disimak!

Cara Membuat Souffle Pancake

Berikut adalah cara membuat souffle pancake khas Jepang yang super lembut:

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Sebelum membuat makanan yang satu ini, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Telur 2 butir
  • Susu cair 1 ½ sdm
  • Vanila 14 sdt
  • Tepung terigu 35 gram
  • Baking powder ½ sdt
  • Gula pasir 25 gram
  • Minyak goreng 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

2. Membuat adonan

Langkah pertama dalam membuat souffle pancake khas Jepang ini adalah dengan memisahkan antara kuning dan putih telur di wadah yang berbeda. Kocok kuning telur lalu masukkan susu cair sebanyak satu setengah sendok makan beserta vanili sebanyak seperempat sendok teh. Aduk hingga rata.

Setelah tercampur rata, masukkan tepung terigu beserta baking powder dengan menggunakan saringan agar tepung yang masuk ke dalam adonan benar-benar sudah halus alias tidak ada gumpalan. Jangan lupa masukkan sejumput garam ke dalam adonan.

3. Membuat adonan kedua

Kocok bagian putih telur yang dipisah hingga sedikit berbusa menggunakan mixer. Masukkan gula pasir secara sedikit demi sedikit hingga adonan mengembang.

Setelah adonan kedua selesai, masukkan adonan ini ke dalam adonan kuning telur yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk hingga tercampur rata.

4. Masak dengan api kecil

Selanjutnya, panaskan teflon yang telah dilapisi satu sendok makan minyak goreng dengan api kecil. Tuang adonan pancake yang telah dibuat ke dalam teflon masing-masing sebanyak dua sendok makan. Tutup teflon dan biarkan selama dua menit.

Setelah itu, tambahkan kembali adonan di atas pancake yang sudah hampir matang. Tutup kembali teflon kemudian tunggu hingga 4 menit. Kemudian, balik adonan dan tunggu kembali hingga 4 menit. Jangan lupa untuk kembali menutup teflonnya.

5. Angkat dan beri topping

Jika langkah-langkah diatas sudah kamu lakukan, maka angkat pancake yang sudah matang lalu berikan topping sesuai selera. Kamu bisa menambahkan sirup mapel atau whipped cream dengan buah-buahan segar atau keju. Selamat menikmati!

Itulah cara membuat souffle pancake fluffy khas Jepang. Untuk resep masakan rumah lainnya bisa cek di sini ya.

Baca juga:  Resep Dalgona Milo atau Matcha, Mudah Banget!

Cara membuat donat empuk

Cara Membuat Donat Empuk yang Lezat, Simpel, dan Anti Gagal

mudik lebaran 2020

Sanksi Bila PNS Nekat Mudik Lebaran 2020