Cara Membuat Susu Goreng Krispi Mudah di Rumah

Krenyes di luar, melted di dalam… Nyam Nyam..

susu goreng
YouTube: Uli's Kitchen

Susu goreng atau yang disingkat sugor memang masih terasa asing di kalangan masyarakat Indonesia. Tetapi, makanan ini begitu populer di kalangan pencinta jajanan malam di Taiwan. Camilan ini viral dikalangan netizen karena tekstur yang unik, yakni renyah di luar dan lembut di dalam. Usut punya usut, cara membuat sugor sangatlah mudah.

Berikut adalah resep sugor yang wajib kamu coba di rumah. Dijamin, bikin ketagihan!

Resep Cara Membuat Susu Goreng yang Nikmat dan Lumer

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum mengetahui cara membuat susu gorong, kamu perlu mempersiapkan lebih dulu bahan-bahannya. Bahannya sendiri terdiri dari dua, yaitu bahan untuk adonan susu goreng dan bahan adonan kulit.

Bahan adonan susu goreng

  • Susu full cream 300ml
  • Tepung maizena 70gr
  • Gula pasir sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Keju (optional)

Bahan adonan kulit

  • Tepung terigu 80gr
  • Tepung maizena 30gr
  • Gula pasir sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Baking powder setengah sendok teh

Campurkan bahan

Langkah pertama dalam membuat sugor adalah menyiapkan wadah. Masukkan tepung maizena sebanyak 70 gram dengan air secukupnya lalu aduk hingga rata.

Larutkan susu dengan gula

Selanjutnya, siapkan panci yang telah diisi dengan susu cair sebanyak 300ml ditambah dengan gula pasir secukupnya. Aduh hingga gula pasir menjadi larut dengan api kecil.

Jika gula sudah tercampur rata, masukkan adonan meizena yang telah dibuat sebelumnya ke dalam panci. Aduk kembali hingga adonan mengental. Jika sudah, matikan kompor.

Tambahkan parutan keju

Sebenarnya dalam tahap ini bisa kamu lewati atau diganti menggunakan bubuk cokelat atau perasa lainnya. Hal ini bertujuan agar sugor memiliki cita rasa manis juga gurih dari keju.

Dinginkan dalam freezer

Siapkan wadah untuk cetakan. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk mengolesi wadahnya menggunakan minyak atau mentega secukupnya agar adonan tidak lengket. Masukkan adonan dan ratakan.

Jika sudah, masukkan adonan yang telah diratakan ke dalam freezer selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Hal itu bertujuan agar adonan semakin empuk.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Manis, Mudah dan Low Budget!

Membuat adonan kulit

Sembari menunggu adonan isian mengeras, saatnya membuat adonan untuk kulitnya. Campurkan semua bahan-bahan untuk membuat kulit dengan menambahkan sedikit demi sedikit air. Tujuannya agar adonan tidak terlalu encer dan harus mengental. Karena adonan susunya harus terlumuri sempurna saat digoreng agar tidak lumer dan hancur.

Cetak adonan

Jika adonan sudah empuk, keluarkan dari freezer. Taburi alas untuk memotong adonan dengan tepung maizena serta pisau menggunakan minyak agar adonan tidak lengket dan hancur. Setelah dipotong, lumuri lagiadonan dengan tepung maizena.

Selanjutnya, masukkan potongan adonan susu ke adonan kulit yang telah dibuat. Lumuri adonan hingga tercampur rata.

Goreng menggunakan api kecil

Langkah terakhir adalah goreng adonan menggunakan api kecil hingga kekuningan. Angkat lalu tiriskan. Susu goreng crispy siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat susu goreng. Selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Telur Gulung Korea (Gyeran Mari), Makan Jadi Nikmat!

resep minuman segar

Bosan Es Teh Terus? Ini 5 Ide Resep Minuman Menyegarkan untuk Berbuka Puasa

resep cara membuat puding oreo coklat

Resep Super Simpel Puding Oreo yang Lumer di Mulut, No Oven dan No Kukus!