Cara Membuat Tres Leches, Milk Bath Cake Sederhana

Buat yang bosen #Dirumahaja, yuk masak!

cookingclassy.com

Populer di Amerika Latin, Tres Leches merupakan camilan dessert yang berasal dari Meksiko. Butter cake dengan ciri tekstur yang lembut dan moist membuat makanan yang satu ini sangat digemari tidak hanya bagi penduduk lokal tetapi juga internasional, termasuk Indonesia. Untungnya, cara membuat tres leches atau milk bath cake sederhana dan mudah. lho! Enggak percaya? Perhatikan setiap langkahnnya di bawah ini, ya!

Asal Usul Tres Leches / Milk Bath Cake

Di Indonesia, tres leches disebut juga sebagai milk bath cake. Hal tersebut dikarenakan kue ini dilumuri dengan susu. Dikutip dari IDN Times, ada makna khusus mengapa kue ini dinamakan tres leches, yakni karena penamaannya diambil dari bahasa Spanyol ‘tres’ yang berarti tiga.

Angka tersebut menunjukan jumlah dari susu yang tercampur dalam pembuatannya, seperti susu murni, susu evaporasi, dan susu kental manis. Dengan campuran bahan itulah mengapa dessert yang satu ini memiliki tekstur yang lembut tapi lembap, berbeda dengan cake lainnya yang cenderung lembut namun ringan.

Yang menarik, cara membuat tres leches atau milk bath cake cukup mudah dan simpel. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemui di mana-mana. Psstt.. Wokedotid punya bocoran resepnya, nih!

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Manis, Mudah dan Low Budget!

Cara membuat Tres Leches / Milk Bath Cake

cara membuat tres Leches Milk bath cake
natashaskitchen.com

1. Siapkan bahan

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum mengatahui cara membuat tres leches alias milk bath cake adalah pastikan semua bahan yang diperlukan disiapkan. Berikut daftar bahannya:

  • Tepung terigu 200 gram
  • Baking powder 1 satu sendok teh
  • Mentega 100 gram
  • Gula pasir  75 gram
  • Telur 5 butir
  • Vanili setengah sendok teh
  • Garam setengah sendok teh
  • Susu murni cair 250 ml
  • Susu evaporasi 200 ml
  • Susu kental manis 200 ml

2. Campur bahan menggunakan mixer

Pertama, campurkan gula pasir dan mentega ke dalam wadah. Kocok kedua bahan itu menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga mengembang. Masukkan vanili kemudian telur satu per satu sembari menurunkan kecepatan mixernya.

Setelah itu, masukkan tepung terigu, garam dan baking powder sembari diayak ke dalam adonan yang sudah dimixer lalu aduk hingga rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang

Jika adonan tadi sudah tercampur dengan rata, saatnya kamu menuangkan adonan tersebut ke dalam loyang sudah disiapkan. Sebelumnya pastikan loyang sudah dilapisi dengan mentega dan diberi taburan tepung ya agar tidak lengket.

4. Campurkan Susu

Ketiga susu yang sudah disiapkan dicampur menjadi satu dalam wadah. Aduk hingga merata.

5. Panggang

Adonan yang sudah diletakkan ke dalam loyang selanjutnya dipanggang selama 30 hingga 40 menit dengan suhu 180ºC. Jika sudah waktunya, keluarkan kue dari oven.

6. Siram kue dengan campuran susu

Kue yang sudah dikeluarkan dari oven kemudian ditusuk-tusuk dengan menggunakan garpu ke seluruh permukaannya secara merata. Tujuannya adalah agar kue dapat menyerap susu. Tuangkan campuran susu ke dalam kue dan biarkan kuenya menjadi dingin.

7. Simpan tres leches di lemari pendingin

Kue yang telah disiram susu secara merata hingga permukaan atasnya lalu disimpan di lemari pendingin minimal 30 menit agar susu dapat menyerap dan tentunya membuat cita rasa dari milk bath cake semakin unik.

8. Tambahkan whipped cream dan buah-buahan sebagai topping

Agar semakin lezat saat menyantap tres leches cake atau milk bath cake, tambahkan whipped cream atau krim kocok beserta buah-buahan segar seperti strawberry sebagai topping pelengkap. Menyantap dessert ini juga paling nikmat saat ditemani secangkir kopi atau teh, lho!

Gampang banget kan cara membuat tres leches? Cocok untuk kamu yang lagi #Dirumahaja karena social distancing demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Jangan lupa untuk cek resep dan cara membuat makanan lainnya di Woke.id ya. Selamat mencoba!

Baca juga:  Resep dan Cara Mudah Membuat Macaron

 

cara mengatasi rasa bosan pada anak akibat #dirumahaja

Anak Rewel Akibat #Dirumahaja? Coba 7 Aktivitas Menyenangkan Ini, Yuk, Bun!

lirik kang daniel 2u

Lirik Kang Daniel 2U dan Terjemahannya