Now Reading
Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome, First Media, Biznet, MNC Play yang Lemot

Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome, First Media, Biznet, MNC Play yang Lemot

cara mempercepat koneksi wifi yang lemot

Satu hal penting yang perlu diperhatikan saat #dirumahaja adalah koneksi WiFi yang stabil. Sayangnya, koneksi WiFi tidak selalu bisa diprediksi kestabilannya. Ada kalanya, jaringan WiFi di rumah sangat lemot, alias lambat. Bila dibiarkan terus, hal ini tentu akan mengganggu kamu ketika bekerja atau sekolah dari rumah. Nah, kalau sudah begini, kamu tak perlu stres dan uring-uringan. Cobalah beberapa cara mempercepat koneksi WiFi di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lemot

Ketika WiFi di rumah lemot, terlepas dari apa pun providernya, cobalah satu atau beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Cek Posisi dan Pengaturan Router

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi yang lemot adalah mengecek posisi dan pengaturan router.

Pasalnya, bila posisi dan pengaturan router ini tidak tepat, maka akan memengaruhi koneksi WiFi nantinya. Router sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya.

Sebaiknya, posisikan router di bagian tengah ruangan dan letakkan di bagian yang tinggi. Misalnya, meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi ini akan memaksimalkan proses pengiriman sinyal ke berbagai perangkat.

Baca juga:  Kuota Gratis Telkomsel, Indosat, XL Sampai 400 GB, Ini Cara Mendapatkannya!

2. Jauhkan Router dari Alat Elektronik Lain

Cara mempercepat koneksi WiFi yang lemot satu ini sering diabaikan. Padahal, pengaruhnya cukup besar untuk membantu menstabilkan kembali jaringan WiFi di rumah.

Cobalah untuk menjauhkan router dari perangkat elektronik lain seperti telepon kabel, TV, microwave, atau perangkat apa pun yang menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Ya, gelombang elektromagnetik inilah yang dapat mengganggu dan melemahkan kinerja si sinyal WiFi milikmu.

3. Batasi Jumlah Pengguna

Salah satu penyebab WiFi lemot yang kerap tidak disadari adalah jumlah pengguna yang melebihi kapasitas yang dianjurkan. Ambil contoh, kamu memesan paket internet untuk 5 perangkat. Namun, di saat bersamaan, ada lebih dari 5 perangkat yang tersambung ke jaringan WiFi.

Terlalu banyak perangkat yang terhubung inilah yang mengurangi kecepatan internet yang diterima masing-masing perangkat. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan mengurangi atau membatasi jumlah perangkat yang tersambung ke internet.

4. Hapus Cache pada Browser

WiFi juga bisa lemot ketika digunakan untuk mengakses internet karena browser yang kamu gunakan menyimpan terlalu banyak cache.

Cache adalah teknologi yang membantu menampilkan halaman website menjadi lebih cepat. Sayangnya, cache memakan banyak tempat di sistem penyimpanan internal gadget.

Maka dari itu, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan menghapus cache yang ada di browser.

Baca juga:  Canggih, Cukup Ketik *368# Bisa Tahu Info Lengkap Kendaraan

5. Periksa Kekuatan Sinyal

Ketika WiFi lemot, coba cek kekuatan sinyal yang sedang berjalan saat itu. Untuk mengeceknya, kamu bisa mengunduh sejumlah aplikasi seperti Cloudcheck atau Amped.

See Also
cara menyimpan dan memanaskan makanan sisa lebaran

Saat mengecek sinyal, kamu bisa memetakan bagian mana saja di rumahmu yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah. Alhasil, kamu bisa lebih leluasa dalam mengakses internet di tempat yang tepat.

6. Menambah Kecepatan yang Digunakan

Bila berbagai cara mempercepat koneksi WiFi yang sudah disebutkan di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan menambah kecepatan yang digunakan.

Soalnya koneksi internet yang lambat bisa saja disebabkan karena pola penggunaan internet kamu yang memang membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil.

Untuk menambah kecepatan internet, kamu perlu menghubungi pihak provider alias penyedia layanan internet. Nantinya, pihak provider akan mengevaluasinya dan merekomendasikan paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga:  Kumpulan Aplikasi Matematika Terbaik, Jawab Soal Tinggal Foto!

Untuk mengetahui tips teknologi lainnya, kamu bisa berkunjung langsung ke laman Woke.id. Temukan berbagai informasi menarik yang meliputi tips dan trik sehari-hari, berita terkini, rekomendasi film, hingga segudang promo di Woke.id.

close