Cara Mendaftarkan Lokasi Usaha di Google Maps, Biar Makin Laris!

Wajib disimak, nih!

cara mendaftar lokasi usaha di google map
Freepik/creativeart

Fitur Google Maps tidak hanya sekadar untuk memberi tahu akses jalan ketika kamu akan bepergian atau tersesat. Dalam dunia usaha, fitur ini juga dapat diandalkan untuk memudahkan para calon konsumen menemukan tempat usahamu. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi lebih besar. Bagi kamu yang baru merilis usaha atau ingin memperluas usahamu, berikut panduan lengkap cara mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps.

Cara Mendaftarkan Lokasi Usaha di Google Maps

  1. Unduh aplikasi Google Map melalui Play Store atau App Store
  2. Setelah berhasil terunduh, buka aplikasi tersebut
  3. Klik tanda titik tiga baris yang berada di pojok kiri atas, di samping tulisan “Telusuri di sini”
  4. Kemudian usapkan layar ke bawah dan klik “Tambahkan Tempat”
  5. Kemudian lengkapi form dengan memasukkan nama tempat, alamat lengkap, dan kategori yang sesuai. Pastikan lokasi di dalam peta sudah benar
  6. Untuk tempat bisnis, masukkan pula jam operasional toko, nomor telepon yang bisa dihubungi, situs web resmi (bila ada), jam buka toko, dan foto. Foto yang bagus dan berkualitas akan memberikan nilai plus ke calon konsumen untuk mencoba produk atau mengunjungi toko kamu
  7. Kemudian tekan “Kirim” atau ikon berbentuk pesawat kertas di pojok kanan atas.

Bila kamu telah menjalankan panduan mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps seperti yang sudah disebutkan di atas, cobalah untuk membagikan lokasi tersebut melalui sosial media. Hal tersebut menjadi pertimbangan Google untuk menyetujui permohonan penambahan alamat bisnismu.

Google mungkin membutuhkan beberapa hari hingga minggu untuk meninjau permohonanmu. Jika berhasil disetujui Google, kamu bisa menemukan lokasi bisnismu dengan mudah sehingga dapat disebarkan ke beberapa teman dan relasi bisnis.

Baca juga:  Usir Rasa Bosan dan Kantuk dengan Game Seru Buatan Google

Membuat Profil Google My Business

Penting untuk dipahami bahwa panduan cara mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps di atas tidak akan langsung membuat tokomu terlihat di mesin pencarian Google. Kamu perlu membuat akun Google My Business (GMB).

Google My Business merupakan tool gratis dari Google untuk membantumu membuat dan memperbarui listingan agar calon konsumen dapat menemukan tokomu secara online maupun melalui Google Maps dengan mudah.

Berikut cara membuat akun Google My Business yang perlu diperhatikan:

  1. Buka situs Google My Business di https://www.google.com/business/
  2. Kemudian klik “Mulai sekarang”
  3. Tulis nama bisnis kamu dan kemudian klik “Next/Selanjutnya”
  4. Masukkan alamat lengkap bisnis kamu dan klik “Next/Selanjutnya”
  5. Setelah itu, Google akan menyarankan beberapa nama Bisnis. Bila tidak ada yang sesuai, kamu bisa pilih “Tidak satupun dari mereka/None of these” lalu klik “Next”
  6. Tentukan lokasi bisnismu di peta. Cukup tarik tanda panah dan posisikan di lokasi binismu lalu klik “Selanjutnya/Next”
  7. Pilih kategori bisnis dan klik “Selanjutnya/Next”
  8. Masukkan nomor telepon yang aktif dan alamat websitemu, kemudian klik “Selanjutnya/Next”
  9. Setelah semua form diisi, Google akan meminta izin untuk mengirimkan notifikasi dan beberapa informasi terkait rekomendasi bisnismu. Bila kamu berkenan silakan tekan “Yes”, sementara jika kamu tidak berkenan tekan “No”
  10. Google akan mengirimkan surat fisik ke alamat bisnismu untuk memastikan bahwa alamat yang didaftarkan benar. Proses pengiriman  memakan waktu setidaknya empat hari kerja. Selanjutnya, alamat dan akun Google Businessmu telah aktif.
Baca juga:  Karyawan Google Dapat Fasilitas Makan Gratis Sepuasnya, Ini Menunya!

lirik We Already Fell In Love

Lirik Lagu We Already Fell In Love Miyeon & Minnie (G)I-DLE

download rebecca

Nonton Film Terbaru Rebecca: Sinopsis, Jadwal Tayang & Situs Streaming Gratis