6 Cara Efektif Mengatasi Stres Kerja agar Kamu Tetap Produktif dan Bersemangat

cara mengatasi stres pikiran kerja

Stres kerja bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari lingkungan yang tidak nyaman, beban pekerjaan yang berlebihan, gaji yang tidak sesuai, hingga masalah personal yang berasal dari dirimu sendiri. Apa pun penyebabnya, stres kerja tidak boleh dianggap remeh. Selain memengaruhi psikologismu, kondisi ini pun akan berdampak langsung pada kesehatan fisikmu. Supaya tidak terus mengahantui, coba terapkan satu atau beberapa cara mengatasi stres pikiran dan fisik di tempat kerja berikut ini.

Tanda dan Gejala Jika Kamu Stres Kerja

Pekerja menikah
Foto: Shutterstock

Stres kerja tidak hanya menurunkan produktifitasmu di kantor. Bila dibiarkan terus-terusan, kondisi ini juga dapat memengaruhi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, lho.

Beberapa tanda khas yang menunjukkan kamu mengalami stres kerja di antaranya:

  • Sering sakit kepala atau pusing
  • Sakit perut tanpa sebab yang jelas
  • Susah tidur di malam hari
  • Suasana hati tidak stabil atau mood swing
  • Sulit fokus dan berkonsentrasi
  • Tekanan darah tinggi terus
  • Bagian bawah mata berwarna hitam atau muncul mata panda

Dalam kasus yang serius, stres pikiran dan fisik karena pekerjaan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi kronis, obesitas, hingga penyakit jantung.

Beragam Cara Mengatasi Stres Kerja

Berikut beragam cara mengatasi stres pikiran dan fisik di tempat kerja yang bisa kamu coba:

1. Segarkan Pikiran dengan Berlibur

Foto: Shutterstock

Lelah dengan rutinitas kantor? Kamu bisa ajukan cuti tahunan ke pihak HR perusahaan dengan alasan pergi berlibur.

Tidak perlu pergi terlalu jauh, kamu bisa menjelajahi tempat baru di sekitaran rumah yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu juga bisa memanfatkan waktu liburan ini untuk quality time dengan keluarga atau orang-orang yang kamu sayangi.

Meski tidak akan langsung menyelesaikan permasalahanmu, setidaknya cara mengatasi stres kerja ini cukup efektif untuk membuat pikiran dan tubuhmu lebih fresh. Alhasil, kamu bisa berpikir lebih jernih untuk menghadapi masalah yang kamu temui di kantor.

2. “Me time” di Akhir Pekan

Foto: Shutterstock

Jika tidak memungkinkan untuk mengambil cuti, manfaat waktu libur akhir pekanmu dengan istirahat, merawat diri di salon, atau menggeluti hobi yang kamu sukai.

Misalnya menghabiskan waktu di rumah untu menonton film, membaca buku, mendengarkan musik favorit, atau ikut workshop untuk mengasah skill baru.

Intinya, lakukan segala hal yang dapat membuat tubuh dan pikiranmu merasa lebih bahagia dan rileks.

Selama sesi “me time” ini, kamu bisa mematikan ponsel sehingga kamu tidak akan terganggu dengan notifikasi kerjaan yang dikirim di email atau What’s App grup.

Jangan lupa batasi dirimu dari sosial media. Penelitian mengungkap bahwa menghindar sosial media bisa meningkatkan kebahagian, lho!

Baca juga:  Siap-siap, Ditjen Pajak Bisa Lacak Wajib Pajak Via Sosial Media

3. Curhat dengan Orang yang Kamu Percaya

Foto: Shutterstock

Curhat dengan orang yang kamu percaya juga bisa jadi cara mengatasi stres yang ampuh lainnya.

Bila kamu tidak bisa bicara dengan rekan kerja, kamu bisa berbagi cerita dengan pasangan, keluarga, atau sahabat yang kamu percaya

Walaupun tidak menjamin masalahmu akan segera selesai, setidaknya dengan bercerita kamu bisa mengeluarkan unek-unek yang selama ini dipendam dan mengganggu pikiranmu.

Di sisi lain, curhat dengan orang terdekat mungkin justru akan membantumu untuk mendapatkan masukan dan saran yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

4. Coba Terapkan Gaya Hidup Sehat

Foto: Shutterstock

Saat dilanda stres, kebanyakan orang mungkin akan  melampiaskannya dengan banyak makan makanan manis dan berlemak, lebih sering merokok, atau minum alkohol.

Namun, alih-alih masalahmu terpecahkan, berbagai kebiasaan tersebut justru akan membuatmu semakin stres dan memperburuk kesehatanmu.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi stres di tempat kerja selanjutnya adalah dengan berusaha menerapkan gaya hidup sehat.

Hal ini bisa dimulai dengan perbanyak makan sayur dan buah, olahraga secara teratur setidaknya selama 30 menit sehari, dan pelan-pelan mengurangi kebiasaan merokok.

5. Usahakan Tidur yang Cukup Setiap Malam

Foto: Shuttertock

J. David Forbes, MD, ahli manajemen stres dalam laman Everyday Health mengatakan bahwa sesibuk dan sepadat apa pun kegiatan kamu, kamu tetap perlu meluangkan waktu untuk tidur yang cukup.

Pasalnya, kurang tidur dapat membuat otakmu tidak bekerja secara efisien. Akibatnya, kamu akan lebih sulit untuk berkosentrasi, fokus, mengingat dan memelajari hal baru, hingga mengambil keputusan.

Tak main-main, kurang tidur pun nyatanya juga dapat membuat dirimu lebih mudah sakit. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja adalah dengan berusaha mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam setiap malam.

6. Kelola Stres dengan Meditasi

Foto: Shutterstock

Cara efektif lainnya yang bisa membantu mengatasi stres di tempat kerja adalah dengan berlatih meditasi.

Meski kelihatannya hanya duduk dan tarik-buang napas saja, meditasi ternyata menawarkan segudang manfaat yang sayang untuk kamu lewatkan. Dengan berlatih meditasi, kamu akan merasa lebih tenang, fokus dan konsentrasi, serta bebas dari perasaan takut, khawatir, dan rasa cemas.

Tak perlu bermeditasi lama-lama untuk merasakan manfaatnya. Asalkan dilakukan rutin dan dengan teknik yang benar, kamu bisa langsung merasakan manfaatnya.

Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana untuk belajar meditasi ringan yang hanya memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

  • Duduk dengan posisi yang nyaman.
  • Lemaskan bahu.
  • Kosongkan pikiran dan fokuskan pada 1 hal. Entah itu dengan mendengarkan musik instrumental, menghirup aroma terapi, memandang pemadangan, atau mengatur pola pernapasan sendiri.
  • Usahakan untuk tidak memikirkan apa pun dan alihkan perhatikan kamu supaya kembali fokus ke hal jadi target kamu, seperti yang disebutkan di poin sebelumnya.

Kamu mungkin butuh berlatih berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Tak perlu khawatir, hal ini adalah wajar.

film bioskop baru

Daftar Film Bioskop Februari 2020, Banyak Film Romantis?

contoh surat pengunduran diri resign kerja resmi

Ingin Resign? Berikut Templete Surat Pengunduran Diri Resmi yang Bisa Kamu Sontek