5 Kiat Bijak Mengatur Keuangan di Masa Krisis akibat Corona

Walaupun sulit, tapi tetap ada secercah harapan, ‘kok!

tips mengatur keuangan di masa krisis
Foto: Shutterstock

Pengaruh pandemi corona pada bidang ekonomi memang tidak main-main. Banyak karyawan dirumahkan akibat perusahaan mengalami penurunan penjualan yang drastis. Oleh karena itu, di masa-masa sulit seperti sekarang ini, sangat penting untuk mengelola keuangan kita dengan baik. Tujuan tentu supaya kita dapat menjalani hari-hari ke depan dengan lebih tenang. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan di masa krisis akibat pandemi corona? Berikut Wokenim berikan bocorannya.

Cara Mengatur Keuangan Selama Pandemi Corona

Sejumlah perusahaan yang menetapkan kebijakan bekerja dari rumah menimbulkan satu masalah baru, membengkaknya anggaran rumah tangga karena ada pengeluaran-pengeluaran yang ekstra. Sebut saja biaya listrik, internet, jajanan selama di rumah, dan masih banyak lainnya.

Nah, supaya keuangan kamu tetap terjaga, cobalah beberapa cara mengatur keuangan agar tidak boros selama berada di rumah berikut ini.

1. Atur Ulang Budget Rumah Tangga

Cara pertama untuk mengatur keuangan di masa sulit seperti ini adalah dengan merombak ulang anggaran rumah tangga. Buat kembali pos-pos keuangan yang benar-benar dibutuhkan.

Prioritaskan kebutuhan rumah tangga, tetapi perhatikan juga pembeliannya supaya tidak perlu berlebihan. Jika akan melakukan donasi, lakukan sesuai kemampuan. Tidak perlu merasa gengsi tetapi malah menyulitkan diri sendiri.

2. Kurangi Pembelian yang Tidak Perlu

Promo yang ditawarkan di marketplace atau online shop memang menggiurkan. Padahal, sesederhana promo gratis ongkir ataupun cashback.

Namun, sebisa mungkin kamu menahan hasrat untuk berbelanja online. Sebelum checkout belanjaan, pikirkan matang-matang apakah barang yang kamu beli benar-benar dibutuhkan di rumah?

Jika tidak, sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli barang tersebut. Simpanlah uangmu untuk keperluan lain yang lebih penting. Cara mengatur keuangan satu ini perlu diingat supaya kamu tidak mudah tergoda dengan berbagai promo yang bertebaran di luar sana.

Baca juga:  Kode Promo Grab 2021: GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, GrabMart

3. Tunda Pembelian dengan Sistem Cicilan

Cara mengatur keuangan lainnya yang perlu diperhatikan adalah berusaha untuk mengurangi pembelian dengan menggunakan sistem cicilan. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak terbebani dengan kewajiban bayar setiap bulan.

Mungkin nanti saat situasinya lebih mendukung baru dapat dipertimbangkan kembali untuk membeli barang dengan sistem cicilan.

4. Manfaatkan Layanan Gratis

Di tengah pandemi corona yang kian meluas, ada banyak layanan gratis yang ditawarkan untuk masyarakat. Mulai dari kuota internet gratis untuk belajar, situs nonton film streaming, konseling psikolog, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan berbagai layanan gratis yang ditawarkan tersebut dengan baik. Hal ini semata-mata untuk menghemat pengeluaranmu di masa-masa krisis saat ini. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan cara mengatur keuangan satu ini, ya!

Baca juga:  Layanan Gratis Selama Corona: dari Saldo Gopay, Kuota Internet, hingga Streaming Film

5. Mencari Pekerjaan Tambahan

Cara mengatur keuangan lainnya yang tak kalah penting adalah dengan mencari pekerjaan tambahan. Kalau kamu jeli, sebenarnya ada banyak pekerjaan yang dapat anda lakukan di rumah dengan menggunakan jaringan internet.

Misalnya menjadi pedagang online, penulis lepas, dan masih banyak lainnya. Meski bisa dilakukan di rumah, pastikan kamu tetap bertanggung jawab dengan tugas utama yang diberikan, ya!

6. Tetap Berinvestasi

Kondisi sekarang menyadarkan kita pentingnya memiliki dana darurat. Untuk itu, harus tetap berinvestasi, tetapi disesuaikan dengan pengeluaran ekstra rumah tangga selama di rumah.

Setelah bisa menutupi pengeluaran ekstra tersebut, kita bisa mengembalikan porsi investasi kita, dan bila memungkinkan dapat menambah pos untuk dana darurat yang sebelumnya tidak kita miliki.

Semoga berbagai cara mengatur keuangan di atas membantumu melewati masa-masa sulit akibat pandemi corona, ya!

Baca juga:  5 Cara Asik Mengajarkan Anak untuk Mengatur Keuangan yang Baik Sejak Dini

drama Korea cinta segitiga

Deretan Drama Korea Bertema Cinta Segitiga, Bikin Baper!

Cara membuat donat empuk

Cara Membuat Donat Empuk yang Lezat, Simpel, dan Anti Gagal