Usir Bau Mulut dan Napas Tak Segar Saat Puasa dengan 5 Tips Berikut

Bye-bye bau mulut!

cara menghilangkan bau mulut dan napas tak segarsaat puasa
Foto: Shutterstock

Aktivitas makan dan minum yang terhenti selama berpuasa membuat kondisi mulut menjadi lebih kering dari biasanya. Tanpa disadari, kondisi ini bisa memicu bau mulut dan napas tak segar saat puasa. 

Ya, kurangnya produksi air liur dalam mulut menyebabkan bakteri dan kuman menumpuk dan berkembang biak lebih banyak di dalam mulut. Nah, bakteri dan kuman inilah yang memicu bau mulut dan napas tak segar saat puasa.

Selain mengganggu, bau mulut ini juga bisa menurunkan rasa percaya diri ketika akan berbicara dengan orang lain. Kabar baiknya, ada sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dan napas tak segar saat puasa. 

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, lihat panduan berikut!

Tips Jitu Menghilangkan Bau Mulut dan Napas Tak Segar Saat Puasa

Pada dasarnya bau mulut merupakan kondisi yang umum. Namun, seberapa tajam bau yang dihasilkan ini mungkin akan bervariasi pada setiap orang. Biasanya, kondisi tersebut berdasarkan pada penyebab yang mendasarinya. 

Ada orang yang merasa mulutnya sangat bau, padahal sebenarnya tidak begitu. Sementara ada pula yang justru tidak pernah sadar bahwa dirinya memiliki aroma mulut yang tidak sedap. Di samping itu, sejumlah orang memang terkadang ada yang segan untuk memberi tahu bahwa kamu punya masalah bau mulut karena faktor tidak enak hati. 

Akan tetapi, ada baiknya jangan tunggu ditegur dulu untuk menyadari bahwa kamu punya masalah bau mulut. Sebelum terlambat, cobalah ikuti beberapa cara menghilangkan bau mulut dan napas tak segar saat puasa di bawah ini. 

1. Tetap Rajin Sikat Gigi

Rajin sikat gigi merupakan hal penting yang tak boleh kamu lewatkan untuk menghilangkan bau mulut. Sikatlah gigi kamu 30 menit setelah sahur dan dan sebelum tidur. Pastikan kamu menyikat gigi dengan cara dan teknik yang tepat, supaya kotoran yang menempel di permukaan dan sela-sela gigi benar-benar hilang. 

Jika benar-benar diperlukan, kamu juga bisa menyikat gigi di siang atau sore hari. Namun, cukup basahi sikat gigi dengan air saja (tak perlu pakai pasta gigi), bila sekiranya kamu kurang nyaman ketika harus menyikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. 

2. Kumur Pakai Mouthwash

Berkumur juga bisa jadi cara ampuh dan tercepat untuk menghilangkan bau mulut dan napas tak segar saat puasa. Kamu bisa berkumur setelah menyikat gigi. 

Ada banyak pilihan obat kumur di pasaran dengan beragam varian rasa. Apa pun varian rasa yang kamu pilih, pastikan obat kumur tersebut efektif menyegarkan napas dan membunuh bakteri di mulut.

3. Bersihkan Lidah

Tak hanya gigi saja yang harus rutin dibersihkan. Pasalnya, lidah pun harus mendapatkan perawatan yang sama. Tanpa kamu sadari, ternyata ada banyak sekali bakteri yang menempel di permukaan lidah yang bisa memicu bau mulut.

Makanya, membersihkan lidah secara rutin juga jadi cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut dan napas tak segar saat puasa. 

4. Perhatikan Makanan yang Dimakan

Bau mulut juga bisa dipengaruhi oleh makan yang kamu makan saat berbuka dan sahur. Sebaiknya hindari makanan yang berbau menyengat, seperti jengkol, pete, dan bawang. 

Kamu juga sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang manis. Soalnya, bakteri dan kuman penyebab bau mulut akan berkembang biak lebih cepat bila di dalam mulut tersisa banyak gula. 

Bila kamu memang tak bisa menghindarinya berbagai jenis makanan tersebut, pastikan untuk membersihkan gigi dan lidah serta berkumur pakai mouthwash setelah mengonsumsinya. Bila dilakukan dengan cara yang benar, hal tersebut efektif untuk membantu menghilangkan bau mulut dan napas tak segar saat puasa.

5. Banyak Minum Air Putih

Ketimbang minum minuman manis yang tinggi gula, ada baiknya kamu memenuhi cairan dengan memperbanyak minum air putih du waktu buka puasa sampai sahur. Bukan hanya membantu menghidrasi tubuh, minum air putih juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa.

Banyaknya air putih yang harus diminum disesuaikan dengan kemampuan tubuhmu sendiri.

Baca juga:  6 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari yang Jarang Disadari dan Cara Mengatasinya

kosmetik halal puasa

Perawatan Kulit Selama Bulan Ramadan dengan Kosmetik Halal

Lagu ramadan ramadhan dari maher zain, nissa sabyan, opick, dan tompi

Kumpulan Lagu Ramadan Paling Populer di Indonesia