Panduan Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?” saat Interview Kerja

cara menjawab pertanyaan interview kerja
Foto: Shutterstock

Di antara berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh recruiter, ada satu pertanyaan yang kerap dianggap sulit menurut sebagian kandidat. Pertanyaan itu adalah perihal kelebihan dan kekurangan diri. Jika dijawab seenaknya saja, kamu bisa tidak lolos ke tahap selanjutnya, lho. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, simak cara menjawab pertanyaan t interview kerja tentang kelebihan dan kekurangan diri dengan baik dan tepat berikut ini. 

Kenapa recruiter Perlu Tahu Kelebihan dan Kekuranganmu?

Sesi interview atau wawancara sering kali menjadi momok paling menakutkan saat melamar kerja, terutama bagi para fresh graduate.

Padahal sesi interview tidak semenakutkan itu, kok! Bila tahu triknya, kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh interviewer dengan baik dan tepat.

Namun, sebelum memberi tahu triknya, Wokemin akan menjelaskan dulu alasan kenapa interviewer perlu tahu tentang kelebihan dan kekurangan diri kamu

Pada dasarnya, pertanyaan tersebut diajukan untuk menilai kualitas diri kandidat.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kandidat, perusahaan akan tahu bagaimana cara berkomunikasi dan bekerja sama denganmu, bila kamu nantinya dipekerjakan di perusahaan tersebut.

Di sisi lain, pertanyaan itu juga untuk mengetahui seberapa potensial kamu untuk memajukan perusahaan dan menimbulkan masalah dalam pekerjaan. 

Baca juga:  6 Perusahaan RI Masuk Daftar Tempat Kerja Terbaik di Dunia, Adakah Kantormu?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja dengan tepat

interview kerja
sumber: uconnectlabs.com

Berikut panduan cara menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja dengan tepat agar dirimu mendapat nilai plus dihadapan interviewer

1. Berkata Jujur

Sebenarnya cara terbaik untuk menjawab pertanyaan soal kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja adalah dengan berkata jujur. Ya, pewawancara mencari kejujuran, kesadaran diri, serta kemampuan seorang kandidat untuk belajar dari kesalahan. 

Jangan pernah berpura-pura sempurna atau mengklaim memiliki keterampilan yang sebenarnya tidak kamu miliki atau kuasai. Seorang recruiter memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menilai apakah pernyataan yang kamu ucapkan mengada-ngada atau memang benar adanya.

Daripada menjatuhkan dirimu sendiri di depan pewawancara, lebih baik berkata jujur. 

2. Pastikan Jawabanmu Relevan

Saat menjawab pertanyaan interview kerja tentang kelebihan dan kekurangan kamu, selalu ingat untuk mengaitkan dengan deskripsi pekerjaan yang kamu lamar. Jangan sampai semua pernyataan yang kamu ucapkan hanya omong kosong belaka karena tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. 

Misalnya, jika pekerjaan yang kamu lamar mengharuskan kamu bekerja dalam tim. Maka kamu bisa mengatakan salah satu kekuatan yang kamu miliki adalah dapat berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan kelompok.

Ceritakan juga pengalaman riilmu terkait hal ini dengan jelas dan runtut. 

Baca juga:  Jawaban Interview yang Tepat saat Ditanya Soal Gaji

3. Buat Pernyataan yang Proporsional

pertanyaan interview
experteer.com

Pengalaman yang berkesan kerap kali membuat seseorang lupa diri saat menceritakannya kembali. Tanpa disadari, kamu mungkin telah bercerita terlalu panjang sehingga membuang banyak waktu. 

Di sisi lain, memberikan jawaban yang terlalu singkat juga tidak baik. Pasalnya, hal ini dapat memberikan kesan bahwa kamu bukanlah sosok yang kritis dan minim wawasan. 

Maka dari itu, ketika interview kerja, pastikan kamu menjawab pertanyaan secara proporsional. Maksudnya, kamu menyampaikan pernyataan yang tidak terlalu panjang dan juga terlalu pendek.

4. Akui Kelemahanmu, tapi Jangan Sampai Menjatuhkanmu

Ketika ditanya soal kelebihan yang kamu miliki, kamu mungkin akan lebih mudah untuk menjawabnnya. Namun, bagaimana kalau kamu ditanya soal kekurangan dirimu? 

Walaupun dituntut untuk menjawab pertanyaan interview secara jujur, jangan sampai kejujuran yang kamu sampaikan justru malah menjatuhkan dirimu sendiri. Terutama ketika interviewer menanyakan soal kelemahan yang kamu miliki. 

Sebaiknya, sebutkan kelemahan dirimu yang sekiranya tidak bertentangan dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak akan mengganggu jobdesc posisi yang kamu lamar.

Kamu juga bisa menyebutkan sesuatu yang bukan kelebihanmu tapi sedang berusaha kamu perbaiki.

Seumpama kamu menyadari bahwa kemampuan public speaking kamu kurang. Namun di sisi lain, kamu sedang berusaha meningkatkannya dengan ikut kelas public speaking atau mulai membiasakan diri untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Cara satu ini perlu diingat baik-baik supaya kamu tidak kesulitan untuk menjawab pertanyaan interview soal kelemahan dirimu sendiri. 

Baca juga:  Hati-hati, Jangan Ajukan Pertanyaan Interview Ini!

5. Jangan Bawa-bawa Orang Lain

Ketika ditanya soal kelemahan diri, jangan pernah sekali-kali kamu melibatkan orang lain untuk disalahkan.

Contohnya, kamu mudah marah ketika rekan kerja atau orang lain sulit diatur. Atau, kamu menilai dirimu kurang bisa bersosialisasi karena orang-orang di sekitarmu tidak bisa diajak bekerja sama. 

Ingat, kelemahanmu adalah tanggung jawab dirimu sendiri, bukan orang lain. Ini artinya, kamu sendirilah yang berkewajiban untuk berubah dan menyesuaikan diri dengan budaya kerja di tempat kamu bekerja.

Jadi, tidak menyalahkan orang lain adalah cara tepat untuk menjawab pertanyaan interview kerja yang harus kamu ingat baik-baik. 

Kesimpulan

masa percobaan kerja
istockphoto.com

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan interview seputar kelemahan dan kelebihan diri adalah dengan:

  • Berkata jujur dan menyadari kekurangan diri sendiri. 
  • Berkemauan memperbaiki diri dan belajar hal baru.
  • Memberikan jawaban yang relevan, konstruktif, dan proporsional.

Terakhir, ingat selalu bahwa recruiter juga manusia biasa seperti kamu sehingga jangan takut untuk datang interview dan berhadapan langsung dengan mereka. 

Selamat mencoba berbagai cara di atas, ya!

Baca juga:  9 Tips Makeup Cantik untuk Interview Kerja

contoh surat pengunduran diri resign kerja resmi

Ingin Resign? Berikut Templete Surat Pengunduran Diri Resmi yang Bisa Kamu Sontek

ootd hijab biru klasik

Biru Klasik Jadi Tren Warna 2020, Intip OOTD Hijab Para Selebgram Ini!