Cara Mudah Lacak Handphone Hilang dengan IMEI

handphone hilang IMEI
Gadget Hacks

Kehilangan handphone merupakan mimpi buruk yang tak ingin dialami. Beruntungnya, handphone telah dikaruniai tanda pengenal layaknya IMEI. Salah satu fungsi IMEI adalah untuk melacak lokasi handphone kamu.

Eits, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melacak IMEI, mari kita kenalan dengan IMEI terlebih dahulu, yuk!

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik di setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional. Nomor IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit.

Nomor ini bukan sekadar untuk keperluan dagang, namun juga berfungsi untuk keamanan. Mudahnya, IMEI ini serupa dengan NIK pada Kartu Tanda Penduduk.

Bagi operator seluler, IMEI berguna untuk mendeteksi perangkat yang terdaftar dalam jaringan mereka. Mulai dari berapa banyak pelanggan yang menggunakan ponsel Android, atau berapa banyak pelanggan yang menggunakan ponsel yang mendukung teknologi 4G. Di Indonesia, nomor IMEI terdaftar di Kementerian Perindustrian sebelum beredar di pasaran.

Oleh karena itu fungsi IMEI penting dan sebaiknya pemilik ponsel tidak menyebarkan nomor IMEI nya.

Nah, ini dia cara melacak handphone dengan IMEI.

Cara Melacak Handphone Hilang dengan IMEI

1. Tahu nomor IMEI, handphone menyala dan dalam mode lokasi aktif

Sebelum kejadian tidak menyenangkan terjadi, seperti handphone kamu hilang, ada baiknya kamu mengetahui nomor IMEI kamu. Untuk mengetahui nomor IMEI, berikut caranya:

  • Cek Keterangan pada Kardus
    Periksa kardus ponsel kamu, lalu cari stiker IMEI. Bila ada keterangan “Dirakit di Indonesia” atau “Diproduksi di Indonesia” dapat dipastikan ponsel itu bergaransi resmi.Namun bila ada ponsel yang tidak dirakit di Indonesia tetapi diimpor penuh di China seperti Oppo dan Huawei. Kedua merek ponsel itu menggunakan distributor Indonesia yakni PT Indonesia Oppo Electronics dan PT Sat Nusapersada maka garansi ponselnya pun resmi.
  • Cek IMEI melalui *#06#
    Cara lain adalah dengan menekan *#06# pada ponsel. Selain itu kamu juga bisa mengklik “Settings” – Cari “About Phone” (Tentang Ponsel) – Cari kode IMEI untuk ponsel Samsung.

    Pada ponsel Xiaomi, kamu bisa mencari di “Settings” – Cari “About Phone” – Status – Kode IMEI.
    Untuk mengecek IMEI di iPhone, bisa dilakukan dengan mengklik Setting (Pengaturan)> General (Umum)>  About, nomor IMEI tertera di laman tersebut.

    Setelah kode IMEI kamu dapat, tahap selanjutnya adalah mengakses situs www.kemenperin.go.id/imei. Masukkan nomor IMEI ke situs ini dan akan muncul informasi mengenai legalitas ponsel.

    Namun, laman itu belum dapat diakses lantaran masih sedang dikembangkan. “Agar kami dapat memberi pelayanan yang terbaik untuk anda, saat ini kami sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut akan kami sampaikan kemudian,” tulis laman Kemenperin saat diakses Senin (15/7/2019).

    Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi website IMEI.info. Pada situs ini kamu bisa mengetahui berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI ponsel. Termasuk model, perusahaan pembuat hingga tahun dirilis.

Selain harus mengetahui nomor IMEI, bila ingin melakukan pengecekan handphone hilang, kala pelacakan handphone hilang handphone harus dalam kondisi menyala, dan dalam mode lokasi dalam kondisi aktif.

2. Google Find My Device Find My Device Google

Tahapan selanjutnya untuk melacak handphone yang hilang dengan IMEI adalah mengakses Find My Phone – Google.

  • Akses situs Find My Phone – Google. Handphone yang ingin kamu lacak harus tersambung dengan kondisi internet.
  • Masukan nomor IMEI dari handphone yang hilang. 
  • Nantinya, kamu bisa mengetahui lokasi dari handphone kamu yang hilang.
  • Selain lokasi handphone yang hilang, Find My Device – Google juga akan memberitahu informasi mengenai daya baterai kamu, koneksi internet yang tersambung jika menggunakan WiFi, dan waktu terakhir handphone kamu dibuka.

Find My Device – Google juga akan memberi kesempatan kamu untuk:

  1. Mengunci handphone kamu agar si pencuri tidak bisa membuka handphone kamu dan melihat-lihat data pribadi kamu.
  2. Deringkan perangkat. Jika handphone kamu yang hilang berada di sekitar, maka akan terdengar jelas nada dering selama satu menit pada volume maksimal.
  3. Menghapus data yang terdapat di dalam handphone kamu.Penghapusan data hanya dapat dilakukan jika perangkat tersebut tersambung dengan jaringan internet. Tapi jika perangkat tersebut tidak dalam jangkauan jaringan internet, maka proses penghapusan data akan dimulai sesegera perangkat tersebut kembali online

Bagaimana bila gagal? Pilihan bijak terakhir adalah mendatangi gerai operator penyedia jaringan.

2. Datangi gerai operator penyedia jaringan

handphone hilang IMEI
Tribun Jogja

Kamu juga bisa mendatangi Gerai Operator Penyedia jaringan/Service Center Operator handphone kamu yang hilang. Mereka akan membantu melacak keberadaan handphone kamu melalui IMEI.

Ada kemungkinan, mereka akan meminta surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisan. Jadi, ada baiknya kunjungi kantor polisi terlebih dahulu sebelum pergi ke gerai operator. Sebagai informasi tambahan, pembuatan surat keterangan hilang dari polisi tidaklah dipungut biaya.

Akan tetapi, cara ini akan berhasil jika kartu SIM masih terdapat di dalam handphone dan telah memenuhi tiga syarat yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara Lain Melacak Handphone Hilang Selain dengan IMEI

Selain menggunakan IMEI, ada tiga cara lainnya untuk melacak handphone kamu yang hilang, yaitu melalui:

1. Handphone Android: Gunakan Akun Google yang Tersambung

Selain menggunakan IMEI, situs untuk melacak lokasi handphone yang didukung oleh Google ini juga dapat digunakan menggunakan akun google yang sudah tersambung terlebih dahulu di handphone yang hilang.

Lalu, kamu bisa menggunakan fitur-fitur lainnya yang tersedia sama seperti mengakses dengan IMEI.

2. Perangkat iOS: Gunakan Apple ID

 Untuk handphone berperangkat iOS bisa menikmati fitur yang hampir mirip dengan Find My Device – Google, yakni Find My iPhone. 

Sebelum menikmati fitur ini, kamu harus memastikan beberapa hal, yaitu:

  • Handphone kamu berperangkat iOS 5 ke atas
  • Kamu memiliki Apple ID
  • Memiliki aplikasi Find My iPhone
  • Dan tersambung dengan jaringan internet

Selanjutnya hal yang dapat kamu lakukan adalah membuka aplikasi Find My iPhone dan memasukan Apple ID handphone yang hilang. 

Nantinya, kamu akan mengetahui lokasi handphone kamu, menderingkan handphone kamu, mengirim pesan, mengunci perangkat iOS kamu, serta menghapus data yang terdapat dalam perangkat tersebut. 

Jika, perangkat iOS kamu sedang tidak tersambung dengan jaringan internet, kamu bisa mengaktifkan pilihan menerima email jika perangkat iOS kamu tersambung dengan jaringan internet dan mendapatkan informasi soal keberadaan perangkat tersebut itu. 

Bila upaya menemukan handphone yang hilang belum berhasil, langkah bijak yang bisa kamu ambil adalah menghapus data dalam perangkat handphone kamu. Lalu, memblokir IMEI pada handphone hilang milikmu. Ini bertujuan agar perangkat kamu tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk lakukan pemblokiran IMEI pada handphone, kamu bisa mendatangi operator seluler terdekat ya!

Berikan Komentar Anda

rest area terdekat

Rest Area Terdekat di Tol Jakarta Cikampek, Surabaya, Semarang

Produk Indonesia

Makeup Produk Indonesia yang Wajib Dicoba