Now Reading
Penukaran Uang Khusus Rp75 Ribu Bisa Kolektif Mulai Hari Ini, Begini Syaratnya

Penukaran Uang Khusus Rp75 Ribu Bisa Kolektif Mulai Hari Ini, Begini Syaratnya

cara dapat uang 75 ribu baru

Ada kabar baik buat kamu yang kemarin belum beruntung mendapatkan Uang Pecahan Khusus (UPK) Rp 75 ribu. Bank Indonesia membuka penukaran UPK secara kolektif mulai Selasa, 25 Agustus 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim saat konferensi pers di Jakarta pada Senin, 24 Agustus 2020.

Syarat Penukaran Uang Pecahan Khusus Rp75 Ribu Secara Kolektif

Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-75 sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas segala jasa para dalam memperjuangkan kemerdekan Indonesia di masa lampau, Bank Indonesia (BI) dan Kemenkeu meluncurkan uang khusus pada Senin, 17 Agustus 2020. Uang khusus tersebut berbentuk uang kertas dengan pecahan Rp75 ribu dan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta.

Sejak diluncurkan pertama kali, animo dan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan uang khusus Rp 75 ribu. Hal ini pun memaksa Bank Indonesia berpikir ulang untuk mengubah mekanisme penyalurannya agar bisa menampung pesanan lebih banyak dari masyarakat dan memperluas serta mempercepat pengedarannya.

Nah, salah satu opsinya adalah dengan memberlakukan sistem kuota yang akan berlaku dalam waktu dekat. Selain memungkinkan semua masyarakat mendapatkan kesempatan penukaran, hal tersebut pun sejalan dengan implementasi protokol COVID-19 yang berlaku.

Kabar baiknya lagi, BI pun membuka layanan penukaran secara kolektif alias berkelompok mulai Selasa 25 Agustus 2020. Masyarakat sudah dapat mengajukan permohonan di aplikasi PINTAR atau lewat situs resmi Bank Indonesia pada pukul 07.00 WIB.

Adapun sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk penukaran UPK Rp 75 ribu di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki KTP
  • Satu orang dapat mewakili minimal 17 orang dengan menyertakan 17 KTP
  • Satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 RI
Baca juga:  Cara Adukan Keluhan Bank ke Bank Indonesia

Makna Filosofis di Balik Desain Uang Pecahan Khusus

UPK Rp 75 ribu ternyata memiliki banyak fakta menarik, terutama soal makna dan arti yang terkandung di dalam setiap goresan desainnya. Sri Mulyani selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI memaparkan arti dari gambar yang ada pada uang baru tersebut.

Foto Soekarno dan Hatta yang tampak tersenyum memiliki filosofi sebagai pembuka dan permulaan lembaran baru bagi NKRI. Sementara gambar MRT mewakili kemajuan pembangunan di Indonesia

Pada sisi belakang uang terdapat gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari sembilan daerah berbeda, mulai dari barat hingga timur Indonesia. Pakaian adat itu sendiri memiliki makna filosofis untuk menyongsong masa depan yang cerah, yang tidak terlepas dari keberagaman budaya yang tercerminkan dalam pakaian adat.

Ada pula gambar satelit merah putih yang mencerminkan komunikasi di Indonesia. Sementara gambar bola dengan peta Indonesia berwarna emas melambangkan peran strategis Indonesia di kancah global.

close