Sulit Memahami Matematika? Yuk Coba 3 Langkah PDKT Matematika Ini!

Patut dicoba~

Freepik

Aljabar, trigonometri, dimensi tiga, dan materi matematika yang banyak itu. Pernah enggak, sih, kalian berpikir untuk apa belajar semua materi matematika tersebut? Jangan kalian berpikir itu tidak ada manfaatnya, ya.

Walaupun hari ini mungkin belum, suatu hari nanti kalian pasti akan mendapat manfaat dari pelajaran matematika. Untuk kalian yang ingin masuk jurusan teknik, matematika itu sangat dibutuhkan, lho.

Teman-teman, matematika itu bukan hanya sekadar menemukan jawabannya saja. Tapi, bagaimana kita mendapat jawaban itu. Tentu ada prosesnya, kan? Nah, proses itu yang bisa dijadikan sebagai latihan dalam berpikir ketika memecahkan suatu masalah.

Kenapa Matematika Itu Penting?

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tak akan lepas dari yang namanya matematika. Sudah lulus sekali pun kita masih dijumpai persoalan mengenai aplikasi matematika itu sendiri. Di bangku sekolah, matematika menjadi pelajaran wajib.

Namun, kebanyakan dari pelajar sering mengalami keluhan ketika belajar mtematika. Mulai dari keluhan soal sulit, pelajarannya membosankan, dan sebagainya. Kalian pernah merasakan itu juga tidak?

Nah, menurut pantauan penulis, ternyata kebanyakan dari mereka yang mengalami keluhan itu karena ada kesalahan dalam proses cara belajarnya. Mereka selalu mengatakan bahwa matematika itu sulit dan tidak seru. Pemikiran atau mindset begitu penting dalam hal ini. Jika sudah menanamkan mindset bahwa matematika itu sulit, jadi ya … beneran sulit.

Layaknya kisah asmara, belajar matematika pun harus dengan pendekatan yang benar dan serius. Berikut beberapa cara pintar belajar matematika yang dapat dicoba oleh pembaca.

Tips Belajar Matematika agar Lebih Menyenangkan

1. Ubah Mindset

Yang sering dijumpai adalah kebanyakan orang mengatakan bahwa “Ah matematika itu sulit”. Nah, hal ini yang harus diubah. Oleh karena itu, cara pertama agar pintar belajar matematika adalah mencoba mengubah mindset. Katakan bahwa matematika itu tidak sulit, tetapi “unik”.

Terlihatnya sepele, tetapi hal ini akan berdampak besar. Akan sulit jika kamu mempelajari hal yang tidak kamu sukai. Coba deh kalau kamu misalnya punya hobi bermain badminton. Mau sesibuk apa pun, mungkin kamu tetap akan mencari waktu untuk bermain badminton.

Atau misalnya kamu suka banget melukis, bukankah akan terasa menyenangkan ketika melukis karena keinginan sendiri.

Maka dari itu, coba sukai dulu.

2. Melakukan PDKT dengan Konsep

Layaknya kisah asmara, coba kamu dekati dan pahami apa konsep dari matematika itu. Konsep dasar dalam matematika sangat penting. Sebab, konsep ini menjadi fondasi dalam belajar matematika. Mau sesulit apa pun soalnya, jika kamu paham konsepnya maka hal ini akan menjadi mudah.

Kamu bisa belajar konsep-konsep matematika itu dari sumber mana pun. Tak hanya dari buku pelajaran sekolah saja, tetapi kamu bisa mencari sumber belajar dari internet.

Apalagi kini banyak situs-situs belajar online, bahkan ada yang gratis, lho! Jangan sampai kamu lewatkan kesempatan ini.

3. Latihan, Latihan, dan Latihan

Setelah kamu memahami konsep dasarnya, jangan lupa untuk selalu latihan. Percuma jika kamu hanya tahu materi tanpa sering latihan. Terkadang jika kamu hanya belajar materi saja tanpa latihan, rasanya ketika mengerjakan soal itu akan kaku dan lama.

Dengan banyak latihan, kamu akan mengetahui variasi soal dan bisa membuatmu mengerjakan soal dengan lebih cepat. Bisa saja karena kamu sudah sering latihan, kamu bisa menjadi ahli matematika. Keren kan?

Ingat, orang yang ahli atau mahir itu karena mereka dulunya sering latihan. Maka dari itu, jangan lupa latihan terus, ya!

Nah, itulah berbagai cara pintar belajar matematika yang bisa penulis sampaikan. Tulisan ini bukan hanya sebatas tulisan, tapi sudah pernah penulis coba juga.

Awalnya berat sih, tapi lama kelamaan pasti terbiasa, kok. Jangan lupa kalian coba juga, ya.

Eits, tapi cobanya harus dengan hati yang tulus, kalau nggak tulus ya sama saja bohong. Kalian kalau PDKT ke seseorang juga pasti dengan perasaan yang tulus bukan?

Bagikan juga ke teman-teman kamu, ya. Semoga bermanfaat. Semangat!

Baca juga:  Kumpulan Aplikasi Matematika Terbaik, Jawab Soal Tinggal Foto!

7 Kekurangan Mobil Listrik yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

pantai tanjung bira bulukumba

Menikmati Destinasi Wisata Pantai Tanjung Bira di Bulukumba