Now Reading
Mau Internet HP Super Ngebut Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Mau Internet HP Super Ngebut Tanpa Ribet? Begini Caranya!

cara setting 4g only

Di masa seperti sekarang ini, internet menjadi sebuah kebutuhan primer untuk menyokong kegiatan bekerja dan belajar di rumah. Selain dari jaringan WiFi, kamu juga bisa memanfaatkan koneksi internet dari ponsel, walaupun tidak selalu memberikan koneksi jaringan yang stabil, sih. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Melalui artikel ini, Wokenim akan memberikan bocoran cara setting 4G only di berbagai merek ponsel. Dengan begitu, koneksi jaringan internet kamu akan super ngebut!

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak!

Sekilas Tentang Jaringan 4G

Kamu mungkin sudah cukup akrab dengan kata 4G. Namun, pernahkah kamu bertanya sebenarnya apa sih arti 4G itu sendiri?

Usut punya usut, 4G merupakan singkatan dari fourth-generation technology. Teknologi satu ini memungkinkan pengguna smartphone untuk menikmati layanan mobile internet yang super cepat.

Ya, semua aktivitasmu yang berkaitan dengan internet bisa berjalan dengan lancar dengan adanya 4G. Soalnya, kecepatan maksimal layanan di jaringan 4G bisa mencapai 100 Mbps. Wah, bayangkan kamu bisa berselancar di dunia maya dan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan hanya dalam hitungan detik saja.

Baca juga:  Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome, First Media, Biznet, MNC Play yang Lemot

Cara Setting 4G Only di Semua Merek HP

Supaya bisa menikmati layanan internet super ngebut, kamu butuh smartphone dan jaringan operator seluler yang mendukung jaringan 4G.

Bila perangkat dan jaringan operator seluler yang kamu gunakan sudah masuk ke dalam syarat untuk mengakses jaringan 4G, kamu bisa langsung terkoneksi ke jaringan tersebut. Supaya mendapatkan layanan 4G yang optimal, berikut cara setting 4G only yang bisa kamu coba.

1. Setting Jaringan

Bagi kamu masih yang menggunakan jaringan 3G, cara setting supaya bisa ke jaringan 4G only adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Mobile Network.
  3. Selanjutnya pilihlah menu Preferred Network Type.
  4. Kemudian pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk akses internet.
  5. Setelah itu pilih mode jaringan LTE/3G/2G.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua ponsel menyediakan jaringan 4G only. Kebanyakan ponsel di pasaran akan menggunakan jaringan 4G secara otomatis bila jaringan tersebut memang tersedia di tempat penggunanya berada pada saat itu.

Baca juga:  Biar Makin Seru Chattingan, Begini Cara Bikin Tulisan Unik di WA Tanpa Aplikasi

2. Dial

Selain mengubah pengaturan langsung di smartphone, cara lain untuk setting 4G only yang bisa dicoba adalah dengan melakukan dial number.

  • Tekan dial *#*#4636#*#* tanpa perlu menekan tombol panggilan.
  • Kemudian pilih menu Phone Information. Bila terdapat 2 pilihan Phone Information, pilih yang sesuai dengan kartu SIM yang jaringannya akan diubah.
  • Pilih Jenis Jaringan atau Set Preferred Network Type.
  • Pilih LTE Only.
  • Tekan tombol Back untuk mengunci jaringan 4G LTE.

Cara setting 4G only menggunakan dial number di atas hanya berlaku untuk ponsel merek Xiaomi.

Sebaiknya pertimbangkan lagi bila kamu ingin mengubah jaringan ke 4G only. Hal ini karena ketika kamu berada di daerah yang belum terkover oleh jaringan 4G, maka sinyal ataupun koneksi internetmu akan otomatis mati.

Baca juga:  Catat! Ini Tanda WA Kamu Diblokir dan Cara Tercepat untuk Membuka Blokirannya

 

close