5 Cara Belajar Terbuka Masalah Finansial dengan Pasangan

Uang itu sensitif, lho~

cara terbuka dengan pasangan
Shutterstock

Kehidupan pernikahan tidak selalu indah, apalagi ketika pasangan sedang mengalami guncangan keuangan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa masalah keuangan menjadi salah satu alasan utama dalam perceraian. Guna menghindari hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah saling terbuka dengan pasangan. Dengan begitu, Anda berdua dapat mengungkapkan keinginan masing-masing dalam mengelola keuangan termasuk dalam pengalokasian dana.

Cara Terbuka dengan Pasangan Soal Finansial

1. Lakukan Money Talk

Jika ingin terbuka dengan pasangan soal finansial, maka rutinlah mengajak pasangan berdiskusi soal uang. Bicarakan tentang semua hal yang akan berhubungan dengan pemakaian uang, baik itu uang sendiri maupun uang bersama.

Misalnya tentang kebutuhan rumah tangga, tabungan, hutang, hobi, dan hal-hal lainnya. Hal ini dapat dilakukan mungkin 1 atau 2 minggu sekali.

Baca juga:  Tips Mengelola Keuangan dengan Prinsip 10-20-30-40

2. Tentukan Tujuan Keuangan Bersama

Tentukan masa depan dalam hal keuangan bersama. Misalnya rencana membeli rumah, atau jika sudah memiliki anak, dana untuk anak sekolah, atau dana untuk liburan, atau dana untuk hari tua nanti.

Perencanaan yang matang soal ke mana nantinya alokasi dana yang dimiliki dapat membantu meningkatkan fondasi hubungan Anda dan pasangan ke depan. Oleh sebab itu, cara saling terbuka dengan pasangan satu ini jangan sampai dilewatkan. 

3. Lakukan Evaluasi Keuangan

Evaluasi keadaan keuangan keluarga juga perlu dilakukan dengan pasangan. Anda dan pasangan diharapkan bisa saling terbuka untuk membahas soal pemakaian uang masing-masing. Selain itu, cek kembali apakah keuangan keluarga masih on track atau justru ada pengeluaran berlebih karena kebutuhan yang mendesak. 

Buat suasana yang santai supaya Anda dan pasangan juga bisa lebih nyaman dalam bertukar pikiran dan ngobrol. 

Baca juga:  5 Cara Asik Mengajarkan Anak untuk Mengatur Keuangan yang Baik Sejak Dini

4. Membangun Komitmen dengan Pasangan

Dalam masalah keuangan, tentu diperlukan komitmen dari suami dan istri untuk menghindari kesalahan finansial yang lama. Misalnya memiliki banyak hutang, atau seringkali pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

Komitmen ini tidak hanya akan membuat Anda dan pasangan saling terbuka, tapi juga membantu menciptakan keharmonisan dalam komunikasi soal keuangan.

5. Belajar Saling Menghargai

Ada kalanya, Anda dan pasangan mungkin memiliki pikiran yang saling berseberangan dalam hal keuangan. Mungkin Anda ingin A, tapi pasangan justru memilih B. Nah, supaya tidak saling cekcok satu sama lain, Anda dan pasangan harus sama-sama sadar bahwa masalah keuangan, terutama keuangan keluarga, adalah masalah bersama.

Oleh karena itu, setiap mengambil keputusan, belajarlah menghargai pendapat masing-asing. Jika ternyata di antara Anda dan pasangan ada yang tidak berkenan dengan, coba tanyakan baik-baik alasannya dan cari jalan tengahnya. 

Itulah sederet cara saling terbuka yang bisa Anda dan pasangan coba terapkan. Ingat, supaya fondasi keuangan Anda dan pasangan kokoh dan kuat, maka kalian berdua harus saling bekerja sama saling pengertian satu sama lain.

Baca juga:  5 Kiat Jitu Menghindari Pertengkaran dengan Pasangan Selama #Diirumahaja

Gaji PNS 2020

Peraturan Cuti PNS: Cuti Tahunan, Cuti Melahirkan & Cuti Besar

resep banana cake

Resep Banana Cake Autentik Super Lezat, Cuma Butuh 5 Bahan Saja