Now Reading
Wajib Tahu! Ini Tanda WA Disadap dan Cara Terbaik agar Tidak Mengalaminya

Wajib Tahu! Ini Tanda WA Disadap dan Cara Terbaik agar Tidak Mengalaminya

ciri-ciri dan cara mengetahui whatsapp (WA) disadap

Belum lama publik digegerkan dengan berita penangkapan seorang aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik, Ravio Patra, yang dilakukan secara mendadak. Penangkapan Ravio ini dilakukan karena tuduhan provokasi kerusuhan melalui ponsel setelah WhatsApp (WA) miliknya dihack atau disadap orang tak bertanggung jawab. Hal ini tentu jadi alarm‘ bagi kita semua untuk mengetahui ciri-ciri WA yang disadap, mengingat sebagai aplikasi chatting populer, kamu tentu ada banyak sekali hal pribadi dan dokumen rahasia di dalamnya.

Nah, guna memastikan kamu terbebas dari mata-mata yang tak bertanggung jawab, berikut cara mengetahui WA disadap atau tidak yang perlu diperhatikan baik-baik.

Ciri-ciri WA yang Sedang Disadap

1. Ponsel Berubah Jadi Cepat Panas

Suhu ponsel yang meningkat secara tidak wajar ternyata bisa jadi ciri-ciri kalau WA kamu sedang disadap. Asumsi ini diperkuat bila pada saat itu kamu kamu tidak sedang intens main game, buka media sosial, nonton film, mengunduh file, ataupun menjalan aplikasi lain di ponsel dalam waktu yang lama.

Sejumlah hacker dapat menyusup dan menjalankan aplikasi, virus, maupun malware ke ponsel untuk mengintai segala jenis aktivitasmu. Alhasil, ponselmu pun jadi lebih cepat panas, bahkan bisa sampai overheat.

Proses penyusupan ini sendiri biasanya dapat terjadi ketika kamu secara tidak sadar pernah mengunduh gambar, file, atau mengklik link yang sumbernya tidak jelas.

 2. Baterai Ponsel Cepat Habis

Memang sih, baterai ponsel yang boros bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari frekuensi pemakaian ponsel yang lebih lama hingga kondisi baterai ponsel itu sendiri yang sudah menurun performanya.

Namun, usut punya usut, baterai ponsel yang cepat ngedrop ini ternyata juga termasuk dari ciri-ciri WA kamu disadap. Sama seperti poin sebelumnya, kondisi ini bisa disebabkan karena ada aplikasi, virus, atau malware yang diduga sedang menjalankan sistem di ponselmu secara sembunyi-sembunyi. 

Makanya, kalau kamu menemukan baterai ponsel cepat habis padahal sedang tidak menjalankan aplikasi tertentu, ada baiknya kamu perlu waspada. Cobalah untuk putuskan koneksi internet (baik dari WiFi maupun data seluler) dan kemudian restart ponselmu sebagai cara menghentikan penyadapan WA.

Baca juga:  Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome, First Media, Biznet, MNC Play yang Lemot

3. Pesan Sudah Terbaca Padahal Ruang Chat Tidak Dibuka

Aplikasi matematika terbaik
Shutterstock

Bukan hal yang sulit bagi hacker untuk melihat seluruh isi pesan di WA meski tidak memegang ponsel secara fisik. Dengan menggunakan sistem khusus, seorang hacker bisa menemukan berbagai informasi meski lewat jarak jauh.

Oleh sebab itu, ketika kamu menemukan sebuah chat yang sudah terbaca padahal kamu tidak merasa membuka atau membaca chat tersebut, kamu patut curiga. Pasalnya, hal tersebut juga bisa jadi ciri-ciri bahwa WA kamu sedang disadap.

Namun, sebelum mengambil kesimpulan tersebut, ada baiknya kamu memastikan terlebih dulu apakah chat yang sudah terbaca tersebut benar-benar belum kamu lihat sebelumnya. Bila perlu, tanyakan pada orang-orang terdekatmu karena mungkin saja yang membaca chat tersebut justru salah satu di antara mereka.

Cara tersebut cukup efektif untuk mengetahui WA kamu benar-benar disadap atau tidak.

4. WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain yang Tidak Dikenal

Cara mengetahui WA disadap lainnya yang perlu kamu waspadai adalah ketika kamu mendapatkan notif WhatsApp Web sedang aktif di perangkat lain yang tidak dikenal. 

Jadi begini. Selain di smartphone, WA juga bisa diakses melalui website. Kamu cukup memilih opsi WhatsApp Web untuk bisa berkirim pesan melalui laptop atau komputer.

Nah, ketika menggunakan fitur WhatsApp Web, pihak WA akan memberikan notif yang menyatakan bahwa akunmu sedang aktif dengan memunculkan riwayat akses yang bisa dilacak. Akan tetapi, jika suatu waktu kamu mendapatkan notif WhatsApp Web sedang aktif padahal kamu sedang tidak membuka WA dari aplikasi lain, besar kemungkinan kamu sedang disadap. 

Ciri-ciri WA disadap satu ini kerap diabaikan karena beberapa orang tidak pernah melacak atau memerhatikan riwayat aksesnya. 

See Also
promo 17 agustus 2020

5. Pesan Terkirim Sendiri

ciri-ciri wa disadap tipe hp
Alamy

Mendapatkan laporan dari orang lain bahwa kamu mengirimkan sebuah WhatsApp ke mereka padahal kamu sendiri tidak pernah melakukannya, juga bisa jadi sebuah peringatan keras. Ya, hal tersebut termasuk ciri-ciri WA disadap yang wajib kamu waspadai.

Apalagi bila isi pesan WA yang dikirimkan tidak wajar dan menjurus ke tindakan kejahatan. Bisa dipastikan ada orang lain yang berhasil masuk ke akun kamu dan kemudian mengirimkan pesan ke akun tertentu yang ada di daftar kontakmu.

6. Kuota Cepat Habis

Kuota lebih cepat habis dari biasanya padahal penggunaan akses internet berjalan normal? Hati-hati, bisa jadi itu ciri-ciri WA kamu sedang disadap.

Ya, salah satu cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah WA kamu disadap atau tidak adalah dengan mengecek penggunaan data seluler secara rutin di ponsel. Cukup pergi ke menu Setting – Wireless and Networks – Data Usage.

Dengan rutin mengecek aktivitas penggunaan data seluler, kamu dapat mengetahui aplikasi apa saja yang memakan konsumsi kuota paling banyak sehingga bisa ditelusuri lebih lanjut.

Baca juga:  Layanan Gratis Selama Corona: dari Saldo Gopay, Kuota Internet, hingga Streaming Film

Cara agar WhatsApp Tidak Disadap

Tanda nomor WA diblokir
Getty Images

Setelah mengetahui berbagai ciri-ciri WA disadap, kamu juga perlu tahu cara mengatasi masalah penyadapan tersebut. Hal ini semata-mata untuk melindungi segala bentuk data di ponsel yang sifatnya rahasia. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan.

  1. Sebisa mungkin tidak menggunakan WiFi di tempat umum (kecuali dalam keadaan genting) karena fasilitas publik bisa diakses siapa saja dan rentan akan serangan siber.
  2. Hindari mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mendukung WhatsApp, seperti aplikasi ubah tulisan unik, pembuatan stiker WA, dan lain sebagainya.
  3. Perketat sistem keamanan WA dengan cara mengaktifkan pengaturan verifikasi dua langkah (2-Step Verification).
  4. Aktifkan password untuk memperkuat keamanan smartphone.
  5.  Setelah menggunakan WhatsApp Web, pastikan kamu segera logout. Terutama bila kamu menggunakan perangkat orang lain.
Baca juga:  Catat! Ini Tanda WA Kamu Diblokir dan Cara Tercepat untuk Membuka Blokirannya

close