Now Reading
5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Calon Pekerja

5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Calon Pekerja

soft skill dunia kerja

Dalam dunia kerja ada 2 skill yang dibutuhkan oleh seseorang, yaitu hard skill dan soft skill. Secara umum, hard skill dilihat dari besarnya IQ (Intelligence Quotient), sedangkan soft skill dilihat dari besarnya EQ (Emotional Quotient). Dalam artikel kali ini, Wokenim akan berfokus untuk membahas soft skill.

Soft skill adalah istilah yang biasanya digunakan oleh pekerja untuk mendeskripsikan kemampuan non-teknikal, yang hanya dapat diketahui dari komunikasi langsung atau lewat tes kepribadian. Soft skill ini menyangkut kecakapan pekerja dalam menghadapi suatu hal. Nah, soft skill apa saja sih yang dibutuhkan dalam dunia kerja?

Berikut Wokenim berikan bocorannya!

Contoh Soft Skil Paling Dicari di Dunia Kerja

1. Dapat Bekerja Sama

Sebagai seorang pekerja, terutama di dalam perusahaan, ada saatnya kita membutuhkan kerja sama tim. Namun, tidak dipungkiri bahwa setiap orang dalam tim pasti memiliki pendapat dan egonya masing-masing.

Nah, di sinilah contoh kemampuan soft skill bekerja sama dibutuhkan. Ketika menghadapi konflik di tempat kerja, maka kita dituntut untuk dapat menghadapi sekaligus mengendalikan konflik tersebut supaya tujuan tim dapat tercapai.

Baca juga:  Jawaban Interview yang Tepat saat Ditanya Soal Gaji

2. Berpikir Kritis

Contoh soft skill lainnya yang tak kalah penting adalah kemampuan berpikir kritis.

Dengan berpikir kritis, kita menjadi pribadi yang mampu memahami sudut pandang orang lain, memiliki banyak alternatif gagasan, tidak mudah ditipu, dan lebih mandiri. Hal-hal tersebut tentu sangat berguna untuk tumbuh kembangmu di dalam dunia kerja.

Berpikir kritis sendiri dapat diasah dengan banyak membaca buku, ikut diskusi, dan hal apa pun yang dapat memperkaya wawasanmu.

3. Dapat Mengambil Keputusan

Dunia kerja adalah dunia yang dinamis. Sebuah perubahan bisa saja terjadi tiba-tiba tanpa adanya aba-aba dulu sebelumnya. Oleh karena itu, para pekerja ditutut dapat mengambil keputusan dengan cepat.

Tak hanya cepat, keputusan yang diambil ini juga harus tepat. Pasalnya, bila kita lama mengambil keputusan pasti akan berdampak pada kinerja tim dan perusahaan. Jadi, penting bagi para calon pekerja untuk memiliki soft skill satu ini.

See Also
penggunaan bahasa inggris

4. Manajemen Waktu yang Baik

Kemampuan untuk mengatur waktu juga merupakan contoh soft skill yang dibutuhkan oleh para pekerja. Hal ini karena setiap jenis pekerjaan memiliki tenggat waktu tertentu.

Bila kita tidak terbiasa untuk mengatur waktu dengan baik, bisa jadi penyelesaian pekerjaannya dapat terlambat. Kalau sudah begini, yang kena imbasnya tidak hanya dirimu sendiri, tapi juga perusahaan.

5. Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Soft skill lain yang penting untuk dimiliki dalam dunia kerja adalah kemampuan public speaking, alias berbicara di depan umum. Banyak orang yang merasa tidak mampu, sehingga memilih untuk tidak mencoba atau bahkan melakukannya sama sekali.

Pada awalnya mungkin memang terlihat menakutkan. Terlebih bila kamu merupakan tipe orang yang introvert. Namun, supaya kamu menjadi pekerja yang sukses, cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan berlatih sesering mungkin. Dengan begitu, kamu akan terbiasa berbicara di depan umum.

Baca juga:  Pertanyaan Interview Kerja Paling Umum & Jawabannya yang Tepat

close