Ingin Resign? Berikut Templete Surat Pengunduran Diri Resmi yang Bisa Kamu Sontek

contoh surat pengunduran diri resign kerja resmi

Setiap karyawan pasti akan resign pada waktunya. Namun, jangan tiba-tiba pergi tanpa ‘pamitan’ lebih dulu dengan atasan tempatmu bekerja. Saat kamu memutuskan ingin resign, kamu sebaiknya mengajukan sebuah surat pengunduran diri secara resmi pada atasan dan HR perusahaanmu. Jika kamu bingung bagaimana cara membuatnya, kamu bisa mensontek contoh surat pengunduran diri kerja secara resmi di bawah ini.

Aturan Resign yang Perlu Dipahami Karyawan

Tata cara pengunduran diri karyawan diatur dalam UU Ketenagakerjaan pasal 164. Pasal tersebut secara gamblang menjelaskan bahwa pekerja yang mengundurkan diri harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri (one month notice)
  • Tidak terikat dalam ikatan dinas, dan
  • Tetap melaksanakan kewajiban sampai tanggal mulai pengunduran diri

Di samping one month notice, ada pula perusahaan yang menerapkan aturan two-weeks notice. Ini artinya, karyawan yang ingin resign kerja harus mengajukan surat pengunduran diri dua minggu sebelumnya.

Coba ingat-ingat dan cek kontrak kerja yang sudah kamu tanda tangani dan setujui di awal masa kerja dulu. Apakah ada jangka waktu tertentu untukmu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut?

Jadi, resign tidak semata-mata pergi begitu saja dari kantor, ya! Apa pun penyebabnya, kamu harus mengundurkan diri sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.

Ingat, kamu memulai kerja dengan cara yang baik, maka alangkah baiknya kamu meninggalkan kantor dengan cara yang baik pula.

Baca juga:  Cara Mengundurkan Diri dan Memilih Alasan Resign yang Tepat

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Berhenti Kerja yang Resmi

Surat pengunduran diri untuk berhenti bekerja biasanya diajukan ke atasan kamu langsung atau pihak HRD.

Surat resign bahasa Indonesia

Berikut contoh surat pengunduran diri kerja resmi dalam bahasa Indonesia yang bisa kamu sontek.

                                                                                      Jakarta, 23 Januari 2020

Kepada Yth, 

Pimpinan (nama kantor)

Di tempat

Dengan hormat, 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: 

Alamat:

Jabatan:

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai (nama jabatan) di (nama perusahaan), terhitung sejak (hari, tanggal bulan, tahun). Hari terakhir saya bekerja adalah (hari, tanggal, bulan, tahun). 

Ada pun alasan pengunduran diri ini adalah karena (sebutkan alasan kamu, bisa karena sudah mendapatkan pekerjaan baru, ingin mengurus rumah tangga, mengembangkan bisnis baru, dlll). 

Kepada seluruh jajaran manajemen (nama perusahaan), saya ucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan maupun kesempatan bekerja selama ini. Saya memohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. 

Semoga (nama perusahaan) akan terus bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan terbaik di masa mendatang. 

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

(Nama lengkap)

Surat resign bahasa Inggris

Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri kerja resmi berbahasa Inggris:

January 23, 2020

Dear Mr/Mrs/Ms, 

Please accept this letter as formal notification that I am resigning from my position as ___. My last day will be ___.

Thank you so much for the opportunity to work in this position for the past ___. I’ve greatly enjoyed and appreciated the opportunities I’ve had to grow our __team, be a part of ____, and work with my fellow colleagues. I’ve learned so much about ____ and ____, which I will certainly take with me throughout my career.

I’ll do everything possible to wrap up my duties and train other team members over the next ___. Please let me know if there’s anything else I can do to help during this transition.

I wish the company continued success, and I hope to stay in touch in the future.

Sincerely,

Baca juga:  Pengunduran Diri Kerja Ditolak, Harus Bagaimana?

close